Biografi Singkat Al-Maghfur lah K.H. Ahmad Mukhlisun bin Kyai Mukhlasin Rahimahumallah

Biografi Singkat Al-Maghfur lah K.H. Ahmad Mukhlisun bin Kyai Mukhlasin Rahimahumallah

Oleh: K.H. Ahmad Abdul Hamid bin K.H. Ahmad Mukhlisun  Nama dan Nasab Beliau Al-‘Allamah, Al-Faqih, Ad-Da’i ilallaah, Al-‘Abid, An-Nasik, Maulana Syaikh, Abu Muhammad Ahmad Mukhlisun bin Mukhlasin bin ‘Abdurrahman bin ‘Utsman bin Syu’aib bin Ahmad AsySyafi’i Asy-Syaadzili Al-Jawi Rahimahullaah

 Kelahiran Beliau Rahimahullaah dilahirkan di desa Payaman, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, pada malam Sabtu, 26 Dzulhijah 1368 H bertepatan dengan 29 Oktober 1948 M. Beliau terlahir dalam keluarga yang terkenal dengan keilmuan dan kesalehannya, ayahanda beliau adalah salah seorang ulama besar dan pendiri Pondok Pesantren “Sirojul Mukhlasin” (sekarang bernama “Darul Mukhlasin”-pent). Ibunda beliau adalah putri seorang ‘ulama besar, wali yang terkenal yaitu Syaikh Muhammad Siroj bin ‘Abdur Rasyid Payaman Rahimahullaah yang dikenal dengan sebutan “Romo Agung”.

 Perjalanan Menuntut Ilmu Beliau tumbuh dan menjalani masa kecil di bawah asuhan kedua orang tua beliau sendiri. Beliau belajar ilmu-ilmu dasar dari sang ayah Rahimahullaah seperti baca Al-Qur`an, Kitab At-Taqrib (Fiqh dasar) dan Al-Ajrumiyyah (Gramatika Arab). Beliau juga belajar Al-Qur`an dari sang kakek Syaikh Muhammad Siroj Rahimahullaah dan menghadiri majelis-majelis pengajiannya, baik pengajian umum atau khusus sehingga mendapatkan keberkahan yang berlimpah. Lalu beliau masuk Pesantren Lirboyo, Kediri pada tahun 1961 M/1380 H. Tidak lama setelah masuk pesantren, ayahanda beliau wafat. Tetapi beliau tetap meneruskan belajarnya di sana hingga tahun 1964 M/1383 H. Di sana beliau menimba ilmu dari para ‘ulama besar seperti Syaikh Marzuqi Dahlan, Syaikh Mahrus ‘Ali, Syaikh Ahmad Idris Marzuqi dan lain sebagainya. Rahimahumullaah. Setelah tiga setengah tahun belajar di Lirboyo, beliau pulang ke Payaman dan meneruskan belajar di bawah bimbingan paman beliau sendiri Syaikh Siroj bin Abdurrahman Rahimahullaah dan juga paman beliau dari ibu Syaikh Anwari Siroj Rahimahullaah dan selain keduanya. Beliau belajar di pondok yang didirikan ayahandanya selama dua setengah tahun, setelah itu beliau melanjutkan pendidikannya di Lasem, yaitu pondok pesantren milik Syaikh Baidhowi bin ‘Abdul ‘Aziz Rahimahullaah. Beliau mendapatkan limpahan ilmu dari Syaikh Baidhowi, juga Syaikh Masduqi, Syaikh Ma’shum dan ulama-ulama besar lainnya. Rahimahumullaah. Setelah satu setengah tahun belajar di Lasem, kemudian beliau meneruskan pendidikannya di Sarang, Rembang di Madrasah Al-‘Ilmi Asy-Syar’i Sarang. Beliau belajar kepada Syaikh Imam Kholil, Syaikh Zubair Dahlan dan putranya, Syaikh Maimun Zubair dan ulama-ulama yang lain. Rahimahumullaah. Pada tahun 1974 M, beliau melakukan perjalanan ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji dan menuntut ilmu. Di sana, beliau tinggal di Ribath (Pondok) yang dinisbatkan kepada Syaikh Sulaiman Zuhdi Rahimahullaah yang dikenal dengan “Ar-Ribath An-Naqsyabandi” atau “Ar-Ribath Al-Jawi”. Beliau belajar kepada para masyaikh Mekkah di Masjidil Haram atau di rumah-rumah mereka. Beliau beruntung bisa ikut dalam majelis Syaikh Hasan Al-Masyaath Rahimahullaah di masjidil Haram. Beliau juga belajar kepada As-Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al-Maliki Rahimahullaah, juga hadir di majelis Syaikh Ismail Zain Al-Yamani Rahimahullaah, Syaikh Zakariyya bin Abdillah Rahimahullaah, juga belajar haditshadits musalsal dari Musnid Al-’Ashr, Syaikh Muhammad Yaasiin Al-Fadani Rahimahullaah. Beliau menghafal Al-Qur`an dengan bimbingan Syaikh Al-Muqri` Dimyati bin Muhammad Amin AlBantani Rahimahullaah, yang terkenal dengan “Abuya Cidahu”. Beliau selesaikan hafalan pada masa di antara bulan Sya’ban sampai Syawwal 1409 H dan dari Sya’ban sampai Ramadhan 1410 H dan bulan Rabi’ul Awwal tahun itu.

 Kitab-Kitab yang Beliau Pelajari 2 Beliau belajar Al-Qur`an dengan ayah beliau Rahimahullaah, juga kitab-kitab dasar seperti “AlAjrumiyah”, “Matan At-Taqrib” tapi belum sampai khatam. Beliau juga belajar Al-Qur`an dengan kakeknya dari jalur ibu, Romo Agung, Syaikh Siroj bin Abdurrasyid Rahimahullaah. Beliau juga sering menghadiri majelis-majelis Romo Agung. Beliau juga belajar Al-Qur`an dan beberapa kitab dengan Syaikh Dalhar Watucongol Rahimahullaah. Beliau belajar “Tafsir Jalalain” dari Syaikh Marzuqi Dahlan Lirboyo Rahimahullaah, juga “Alfiyah ibnu Malik” dari putra beliau, Syaikh Idris Marzuqi Rahimahullaah. Beliau juga sering hadir dalam majelis pengajian kitab “Ihya Ulumiddin” Syaikh Mahrus ‘Ali Rahimahullaah. Beliau juga belajar “Fathul Mu’in”, “Asybah wa An-Nazhair” dengan paman beliau Syaikh Siroj Rahimahullaah, juga belajar “Fathul Mu’in” dan “Alfiyah Ibnu Malik” kepada paman beliau dari jalur ibu, Syaikh Anwari Rahimahullaah. Di Lasem, beliau belajar “Tafsir Jalalain” Dari Syaikh Baidhowi Rahimahullaah, juga belajar dari Syaikh Mashduqi Rahimahullaah kitab “Al- Jami’ Ash-Shoghir” dan kitab-kitab tulisan beliau sendiri seperti “AlQawaid Al-Lasimiyah”, “Lamm Al-Fudhul Manzhumah Lubb Al-Ushul”. Di Sarang, beliau belajar “Al-Hikam” karya Imam Ibnu Athoillah dari Syaikh Imam Kholil Rahimahullaah, juga “Tafsir Jalalain” dari Syaikh Zubair Dahlan Rahimahullaah, juga belajar “Shahih Muslim” dari Syaikh Maimun Zubair Rahimahullaah, putra Syaikh Zubair. Di Makkah, beliau belajar “Tafsir Jalalain” dari Syaikh Hasan Al-Masyaath Rahimahullaah. Yang menjadi pembaca di majelis Syaikh Hasan Al-Masyaath Rahimahullaah adalah Syaikh Ismail Zain Rahimahullaah. Dari Syaikh Ismail beliau belajar “Tuhfah Al-Muhtaj” dan “Fathul Wahhab”. Dari Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al-Maaliki Rahimahullaah, beliau belajar “Shohih al-Bukhari”, “Sunan At-Tirmidzi”, Al-Jami’ Ash-Shogir”, dan “Al-Manhal Al-Lathif”. Dari Syaikh Zakariyya Bilaa Rahimahullaah, beliau belajar “Tafsir An Nasafi”, juga hadir dalam majelis-majelis hadits Musalsal Syaikh Muhammad Yasin AlFadani Rahimahullaah. Inilah sebagian kitab-kitab yang beliau pelajari, sebetulnya masih banyak lagi kitab-kitab yang telah beliau pelajari, khususnya dari para Kyai di Pesantren-Pesantren tempat beliau belajar.

 Ijazah dan Bai’at Thoriqah Ulama Jawa belum terlalu menganggap penting praktek meminta ijazah dari para masyaikh dan memberikan ijazah kepada murid-muridnya, sehingga jarang sekali di antara mereka yang memberikan ijazah. Demikian juga yang terjadi pada beliau (Alm. K.H. Ahmad Mukhlisun), beliau tidak banyak mengambil ijazah dari para ulama di Jawa. Dari Ulama Jawa, beliau hanya memiliki ijazah “Tafsir Jalalin” dari Syaikh Zubair Dahlan Sarang Rahimahullaah yang diijazahkan ketika khataman kitab tersebut. Syaikh Zubair meriwayatkan “Tafsir Jalalain” dari Syaikh Muhammad Baqir Al-Jugjawi Al-Makki Rahimahullaah dengan sanad yang bersambung sampai pengarangnya. Dari para Masyaikh di Mekkah beliau mengambil ijazah dari Syaikh Hasan Al-Masyaath, Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al-Maliki dan Musnid Al-‘Ashr, Syaikh Muhammad Yasin bin Muhammad ‘Isa AlFadani. Rahimahumullaah. Sedangkan ijazah Thoriqah, beliau telah berbai’at Thoriqah Syadziliyah kepada Syaikh Nahrawi Rahimahullaah yang terkenal dengan “Simbah Kyai Dalhar” Muntilan. Ketika itu usia beliau baru 11 tahun. Hal itu karena ayah beliau (Kyai Mukhlasin Rahimahullaah) telah diangkat oleh Romo Agung, Syaikh Muhammad Siroj Rahimahullaah sebagai khalifah Thoriqah Syadziliyyah. Ketika itu sang ayah ingin sowan ke Syaikh Dalhar agar bisa mengambil berkah dengan berbai’at kepada Syaikh Dalhar, karena sang ayah termasuk lulusan dari pesantren Syaikh Dalhar. Sang ayah ingin agar punya ikatan batin dengan sang guru, karena itulah beliau sowan dan berbai’at kepada Syaikh Dalhar. Sang Ayah mengajak beliau untuk sowan, ketika Syaikh Dalhar melihat beliau yang masih kecil, Syaikh berkata kepada ayahanda beliau, “Aku akan membai’at anakmu juga.” Sang ayah menjawab, “Dia masih kecil.” Syaikh Dalhar menjawab, “Dia akan mampu menjalankannya.” Akhirnya, Syaikh Dalhar membai’at dan memerintahkan beliau agar senantiasa istiqamah dalam menjalankan amalan thoriqah dan menyebarkannya, padahal beliau masih belia. Beliau juga berbai’at Thoriqah Syadziliyyah kepada para masyaikh yang lain agar mendapat keberkahan, seperti Syaikh Baidhowi, Syaikh Thoifur Sumulangu, Syaikh Abuya Dimyati Sidahu, dan Syaikh Sa’duddin 3 Murad. Beliau juga bai’at Thoriqah Naqsyabandiyyah dari Syaikh Mahmud Temboro, Magetan, Jatim.1 Rahimahumullaah.

 Dakwah dan Perjalanan Tabligh Beliau Bersama Jama’ah Tabligh Sepulang dari Mekkah, beliau sibuk dengan kegiatan dakwah dan mengajar serta mengurus Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin. Beliau mengajar di sana mulai tahun 1977 M hingga tahun 2019 M. Beliau mengajarkan berbagai kitab dan banyak sekali santri yang belajar hingga lulus melalui bimbingan beliau, bahkan mereka juga menjadi para ulama dan berkhidmat untuk agama. Pada tahun 1984, beliau mengenal Jama’ah dakwah yang penuh berkah, yang biasa disebut Jama’ah Tabligh. Tahun 1985, beliau pertama kali ikut khuruj fii sabilillah atau safari dakwah bersama mereka. Bersama Jama’ah Tabligh, beliau telah melakukan perjalanan dakwah hampir ke seluruh wilayah Indonesia terutama kota-kota besarnya. Bahkan beliau pernah safari dakwah ke Malaysia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, India, Pakistan, Bangladesh, Sri Langka, Saudi Arabia, Kuwait, Yordania, Qatar, Belanda, Italia, Suriname, Kanada, USA, Brasil dan Chili.

 Keluarga Beliau Beliau menikah dengan putri Kyai As’ad Sya’rani Purworejo Rahimahullaah. Beliau dikaruniai 12 orang anak, yang hidup 9 anak, 4 perempuan dan 5 laki-laki yaitu K.H. Muhammad (Alumni Madrasah AshShulathiyah, sekarang beliau pengasuh PP. Darul Mukhlasin), K.H. Ahmad Abdul Hamid, K.H. Ahmad, K.H. Abdurrahman dan Gus Abdullah. Semoga Allah menjadikan mereka semua keturunan yang baik dan penyejuk mata bagi kedua orang tua pada khususnya, juga digunakan oleh Allah Ta’ala untuk berkhidmat dan memperjuangkan agama. Aamiin.  Wafat Beliau berpulang ke rahmatullah pada hari Senin, 14 Oktober 2019 M bertepatan dengan 15 Shofar 1441 H, pagi hari jam 06:00 WIB dengan tenang setelah malam harinya beri’tikaf di Masjid Al-Muttaqien Ancol Selatan, Jakarta Utara, Masjid Pusat Kegiatan Dakwah di Indonesia. Beliau wafat pada usia 71 tahun menurut perhitungan Masehi atau 73 tahun menurut Hijriah. Semoga Allah Ta’ala Mengampuni dan Merahmati beliau, Melapangkan kubur beliau dan Meninggikan derajat beliau di Surga Firdaus. Aamiin.

Sumber: Hadiqat At-Tiin Wa Az-Zaitun, karya K.H. Ahmad bin K.H Mukhlisun. Penerjemah: Abu Madihah

Categories: Bayan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: