Surat Haji Abdul Wahhab

Madrasah Arabiyah Raiwind. 3 Syawal 1438 – 28 Juni 2017

Untuk Mulwi Luthfi dan kawan kawan

Assalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh

Harapan pada Allah  semoga Anda sekalian dalam keadaan sehat wal afiyat. Dan sibuk dalam usaha agama yang kokoh ini siang malam. Semoga Allah  menerima usaha kalian dan memutuskan Hidayah untuk seluruh alam.  Amiin.

Adalah kemurahan besar dari Allah  yang telah memberikan Taufiq kepada kalian untuk belajar dan menyebarkan usaha Anbiya alaihimus salam yang penuh berkah ini. lni adalah usaha untuk menyebarkan keyakinan kepada Dzat Allah  memperbaiki cara kehidupan agar sesuai dengan teladan Nabi Muhammad,  mewujudkan hakekat ibadah, menyebarnya nur ilmu dan hidupnya hati dengan mengingat Allah.  Dengan ini semua, disertai mahabbah dan saling ikram, berjalan dengan musyawarah, akan maju dalam kerja ini. Usaha Nabi Muhammad ini adalah tanggung jawab seluruh ummat. Siapkan setiap individu ummat untuk mengerjakannya. Nabi Muhammad menjadikan setiap orang sebagai penanggung jawab atas seluruh ummat dan seluruh ummat adalah penananggung jawab atas setiap orang. Manusia selalu ditimpa berbagai keadaan dari Allah. Terkadang keselesaan dan kemudahan, terkadang kesusahan dan mujahadah. Dalam menghadapi berbagai keadaan itu, sibuk menunaikan perintah Allah  dengan cara Nabi Muhammad. ltulah kerja kita. Dalam keadaan apa pun, senantiasa sibuk dalam usaha agama, menunaikan perintah Allah dengan cara Nabi Muhammad. Itulah maksud dan tujuan kita.

Dalam usaha ini, setiap orang selalu dilingkupi dua sisi keadaan: pertolongan atau mujahadah. Bila datang pertolongan, kita tidak bersuka ria, dan bila mujahadah yg datang, kita tidak berputus asa. Datangnya pertolongan adalah utk menghibur kita. Sedangkan mujahadah datang untuk peningkatan. Dalam rintangan akan meningkat keikhlasan, kemurnian amal hanya untuk Allah. Sesuai kadar keikhlasan dan pengorbanan. seseorang akan menjadi asbab tersebarnya Nur Hidayah di dunia.

Allah  adalah Dzat yang sangat Halim dan Karim. Setiap keadaan yang Dia adakan pastilah untuk manfaat kita Dia adakan.  Dalam setiap keadaan. hendaknya kita selalu kembali dan bertaubat padaNya. Kita berdoa dengan rengekan dan kerendahan padaNya.

Dalam usaha ini, penyelesaian segala kesulitan adalah dalam kerja umumi. Meniadakan kemampuan pribadi. Di jalan ini, keadaan susah juga terkadang datang dari kawan-kawan sendiri. Hal-hal yang tidak menyenangkan. Supaya Allah ridho, demi hidupnya agama dan untuk usaha agama. Kita bertahan menghadapi perkara-perkara itu, maka kesusahan-kesusahan  itu akan menjadi asbab Ridho dan kesukaan Allah. ljtimaiyah sesama adalah tali yang Allah perintahkan supaya dipegang teguh. Dan perkara yang tidak menyenangkan karena perjalan bersama-sama, itu lebih baik daripada kegembiraan dalam kesendirian.

Bila kita kerjakan dengan menjaga cara kerja khusus dakwah ini, serta usul kesatuan hati dan arah kerja, maka kerja ini akan merubah dunia.

Selain itu, hendaknya bersikap lembut pada sesama kawan. Kelembutan dan tawadhu akan menyatukan semuanya. Jangan ada ghibah sama sekali. Tingkatkan Jkram pada kawan-kawan. Bila hati menyatu, walaupun pendapat berbeda, maka akan saling menginginkan kebaikan bagi yang lain. Bahkan akan berkorban untuk yang lain. Dalam keadaan yang keras dan susah pun akan ada kelembutan.

Tapi bila sifat berubah. Usul-usul kesatuan retak, akan muncul perselisihan dan tercabik kesatuan.

Surat Anda tertanggal 24 Juni 2017 telah kami terima. Anda tuliskan keadaan Markaz Jakarta. Kami memikirkan surat tersebut. Para syura di sini maupun di India juga memikirkannya. Semuanya sepakat bahwa hendaknya dalam kerja ini kita hindari segala bentuk perselisihan/persaingan  sekecil apa pun. Karena itu, jangan kumpulkan ahbab pada l Juli 2017 nanti. Pada masa mendatang, dengan melihat keadaan nanti, baru difikirkan lagi.

Dan hendaknya para syura berfikir meningkatkan kesatuan dan ijtimaiyah dengan tetap menjaga manhaj dan cara khusus kerja ini. Bila Anda sekalian sudah menyiapkan rancangan, beri tahu kami.

Hendaknya perbanyak doa pada Allah supaya kita dan saudara-saudara kita bisa diberi Taufiq untuk melalui ujian ini, dipelihara dari kejatuhan dan tetap maju dalam kerja. Amiin.

Saudaraku,

lngat, cinta sesama muslim itu satu keharusan. Jangan ada keinginan balas dendam sedikitpun.

Maulana Muhammad Ilyas rah.a mengatakan: kenikmatan dan amal paling utama setelah kecintaan pada Allah adalah mencintai sesama muslim. Tolong sampaikan salam dan harapan doa pada semua Ahbab.

Wassalaam,

Hamba: Muhammad Abdul Wahhab.

Categories: Bayan | Tag: | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Surat Haji Abdul Wahhab

  1. Yahya Wijiyana

    Jazakallah khairan katsira

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: