Hukum Menerima/Menolak Jamaah Tabligh di Masjid-Masjid

HASIL BAHTSU MASA’IL PENGURUS CABANG NAHDLATUL ‘ULAMA KABUPATEN JEPARA

MUSHOHIH :
1. KH. Ahmad Kholil (Rois syuriyah) (kalinyamatan)
2. KH. Khumaidurrohman (Wakil Rois) (Jepara)
3. KH. Sya’toni (Mustasyar) (Bate Alit)
4. KH. Mahfudz Shidiq (Wakil Rois) (Kedung)
5. KH. Nafi’uddin Hamdan (Wakil Rois) (Welahan)
6. KH. Ubaidillah (Wakil Rois) (Keling)
7. KH. Kamil Ahmad (Wakil Rois) (Kalinyamatan)
8. KH. Muhsin Ali (Wakil Rois) (Kedung)

PERUMUS :
1. KH. Kholilurrohman (Ketua LBM) (Tahunan)
2. KH. Imam Abi Jamroh (Wakil Katib Syuriyah)
(Tahunan)
3. KH. Mukhlish (Wakil Ketua LBM) (Welahan)
4. KH. Mundziri Jauhari (Wakil ketua LBM)
(Welahan)
5. KH. Hadziq (Anggota LBM) (Welahan)
6. KH. Masduqi ridlwan (A’wan Syuriyah) (Kedung)
7. KH. Ahmad Roziqin (Katib Syuriyah) (Jepara)

JAMAAH TABLIGH
Deskripsi Masalah

Sering kita jumpai sekelompok orang (jamaa’ah) yang singgah di masjid–masjid ataupun musholla. Sebagian masyarakat menyebutnya Jamaah Tabligh, Khuruj, Jaulah, Jama’ah Kompor, Jama’ah jenggot, dan lain–lain.
Di satu tempat mereka diterima dengan baik, dihormati dan dimuliakan seperti lazimnya menerima dan menghormati ilmu, namun ditempat yang lain ada yang menolak untuk singgah di masjid mereka, bahkan diusir dan dihina dengan dalih kecurigaan “jangan–jangan mereka kelompok teroris”, atau “membawa agama baru”, atau “akidahnya menyimpang”, atau “tidak sama dengan kita” dan lain– lain.
Pertanyaan :
A. Bagaimana hukumnya menerima dan mempersilahkan mereka ketika singgah dan bertamu di masjid kita ?
B. Bagaimana hukumnya menolak dan mengusir mereka dengan berbagai alasan di atas ?
C. Bagaimana hukumnya masuk atau bergabung ke dalam organisasi keagamaan semisal : Jam’iyyah Tabligh, Nahdlatul ‘Ulama, Muhammadiyah dan lain–lain ?
Jawaban :
A. Hukum menerima dan mempersilahkan mereka ketika singgah dan bertamu di masjid kita adalah SUNNAH selama mereka benar–benar memegang teguh ajaran–ajaran Al Qur’an dan As-Sunnah ala Ahlussunnah wal Jamaah
Referensi :
1. Sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah memuliakan tamunya!” yaitu : karena memuliakan tamu merupakan akhlak para Nabi dan orang shalih serta etika Islam… sampai komentarnya… Abu Al-Laits bin Sa’id telah mewajibkan menjamu tamu sehari semalam karena mengamalkan hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam :
“malamnya tamu itu wajib bagi tiap muslim”. Sedanglan para pakar fikih umumnya mengartikannya sebagai sunah. Menjamu tamu merupakan termasuk akhlak mulia dan kebaikan agama. (Al MajalissSaniyah, hal.45)
2. Firman allah Ta’ala :
”Baik yang bermukim disitu (Masjid Al haram)” (QS. Al Hajj : 25) sampai penjelasannya, pengertiannya yaitu seorang yang mukim di masjid dan yang datang disana, sama dalam masalah singgah di sana, siapa saja yang lebih dulu menempati suatu tempat maka itu adalah haknya, dan orang lain tidak boleh mengusirnya.” (Tafsir As – Showy, Juz 3, hal. 120)
B. Hukum menolak dan mengusir mereka dengan berbagai alasan diatas tidak dibenarkan (tidak boleh) selama mereka tidak menyimpang dari ajaran Al–Qur’an dan As-sunnah ala Ahlus Sunnah wal Jama’ah .
Referensi :
1. Firman Allah (“dan siapakah yang lebih aniaya”) artinya tidak ada yang lebih aniaya (daripada orang yang menghalang–halangi menyebut nama Allah dalam masjid–masjid–Nya”), dengan shalat dan bacaan tasbih. Firman-Nya : daripada orang yang menghalang–halangi, …sampai perkataannya… pengertiannya tidak ada yang lebih aniaya daripada orang yang menghalang–halangi dzikir menyebut asma Allah di masjid –masjid–Nya.
Tindakan menghalangi itu adakalanya dengan menguncinya, mengosongkan dari orang yang memakmurkannya, merobohkannya, memakan pendapatannya atau ceroboh dalam menunaikan hak–haknya. Yang dipandang adalah umumnya lafal bukan sebab yang khusus. (Tafsir Ash-Showy Juz 1 hal.80 )
2. Asy-Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani Rahmatullahi ‘alaihi berkata : “Hindarilah mencintai seseorang atau membencinya, kecuali setelah menimbang perbuatannya dengan Kitabullah dan sunnah agar kalian tidak mencintai atau membencinya karena hawa nafsu!” (AnNurul Burhani hal. 55)
C. Hukum bergabung ke dalam organisasi keagamaan adalah boleh, selama tidak menyimpang dari faham Ahlussunnah wal jama’ah.
Penjelasan :
Jika seseorang yakin atau merasa tidak mampu menjaga agamanya dari hal–hal yang bisa merusak agamanya kecuali dengan masuk kedalam organisasi tersebut, maka wajib baginya untuk ikut bergabung, selama organisasi itu menganut faham Ahlus sunnah wal jama’ah.
Referensi :
Pertanyaan :
Sekarang ini telah Nampak kerusakan baik di darat maupun di laut, tersebar di kota maupun desa, kaum muslimin diuji dalam menjaga mereka dan tetap berada dalam hukum–hukum Allah. “Apakah wajib atau tidak bagi tiap muslim di zaman ini untuk bergabung dengan suatu perkumpulan Ahlussunnah wal jama’ah agar bisa menunaikan kewajiban mengajak kebaikan dan mencegah kemungkaran beserta melaksanakan kewajibannya membantu iuran bulanan atau selainnya ?”
JAWAB :
Siapa saja yakin atau menyangka dirinya tidak akan mampu menjaga agamanya dan menunaikan kewajiban mengajak kebaikan dan mencegah kemungkaran kecuali hanya dengan bergabung bersama perkumpulan Ahlussunnah wal Jama’ah, maka wajib bergabung dengannya. Pengarang Sullam Taufiq berkata, “Wajib bagi tiap muslim untuk menjaga ke-islamannya serta menjaganya dari perkara yang bisa merusak atau membatalkannya.” (Ahkamul Fuqoha’, Juz 2, hal.96)
Surat Balasan dari Abdul-Aziz bin Abdullah bin Baz di Madinah (Ketua Umum Lembaga Penyelidikan Ilmiah, Fatwa, Dakwah, dan Pertimbangan) Tentang Jamaah Tabligh
Assalamu alaikum wr. wb. Amma ba’du.
Saya beritahukan kepada anda bahwa pada saat ini saya tetap berada pada pendapat saya semula mengenai Jamaah Tabligh sebagaimana yang telah saya tulis dalam buku-buku maupun surat-surat, baik dahulu maupun sekarang.
Demikian pula, apa yang telah di tulis oleh pendahulu saya, Syaikh Muhammad bin Ibrahim, keluarga Asy-Syaikh, semoga Allah mensucikan ruhnya dan menerangi kuburnya, ataupun yang telah di tulis oleh para ulama lain yang telah di kuatkan oleh yang mulia Paduka Raja Abdul-Aziz, semoga Allah merahmatinya, dan Paduka Raja Fahd, semoga Allah melimpahkan taufik kepadanya.
Karena melalui Jamaah Tabligh, Allah telah memberikan manfaat yang amat banyak dan menurunkan hidayah kepada menusia. Yang seharusnya kita perbuat adalah berterimakasih kepada mereka atas usaha dan perjuangannya. Hal yang demikian termasuk tolong menolong dalam kebaikan dan takwa serta saling menasihati sesama kaum muslimin.
Hanya saja, saya nasehatkan kepada mereka dan seluruh umat Islam (terutama kaum muda) agar tidak bepergian ke negeri kafir, kecuali bagi orang yang mempunyai ilmu dan bashirah. Karena hal itu akan sangat berbahaya bagi orang yang tidak mengetahui syariat Islam dan dasar aqidah yang di bawa oleh Nabi Muhammad saw. dan di ikuti oleh para sahabatnya.
Adapun mengenai pertanyaan mereka bahwa saya mencabut pendapat saya mengenai Jamaah Tabligh, itu pernyataan dusta. Bahkan, saya menasehati mereka agar menghentikan ulah tersebut dan saya menganjurkan mereka agar menghadiri pertemuan Jamaah Tabligh dan ikut keluar (khuruj) bersama mereka supaya memperoleh banyak manfaat.
Kemudian, saya meminta kepada mereka agar berhati-hati dalam memberikan pendapat dan agar berpandangan jauh ke depan. Saya juga mengingatkan kepada mereka bahwa sikap penolakan mereka itu akan berakibat buruk di dunia dan akhirat, karena itu hanyalah tipu daya syaitan.
Semoga Allah menyelamatkan kita dari orang-orang yang hendak memalingkan manusia dari seruan agama serta menyibukkan manusia dengan hal-hal yang merusak hati dan banyak bicara.
Ini adalah agama Allah. Kita memohon kepada Allah agar memperlihatkan kebenaran kepada kita dan menetapkan kita di atas kebenaran tersebut, kemudian menampakkan kebatilan kepada kita, dan menjauhkan kita darinya. Sesungguhnya Dia Maha Penolong dan Maha Kuasa atas semua itu.
Semoga Allah melimpahkan rahmatnya ke atas hamba dan Rasul-Nya, Muhammad saw.  Sebagai rahmat bagi seluruh alam, beserta keluarga, para sahabat dan pengikutnya sampai hari kiamat. Amiin.
Wassalamu’alaikum wr. wb.
Di terjemahkan dari buku
Maulana Muhammad Ilyas Bayna al Muayyidin Wal Muta’arridlin
Oleh : Ustadz Masrokhan Ahmad
Di terbitkan oleh penerbit Ash-Shaff
Jl. Timoho No. 124 Yogyakarta 55221

Categories: Tertib Dakwah | Tags: , , , , , , | 59 Komentar

Navigasi pos

59 thoughts on “Hukum Menerima/Menolak Jamaah Tabligh di Masjid-Masjid

  1. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Jazakumullah.. penjelasannya..

    • Ahmad firdaus al batahany

      Jt itu,klo menurut sy bkn semuanya gk miliki ilmu,bahkan pengikut jt banyak mantan dr salafi wahabi.buktinya ustadz hamdan lulusan sekolah salafi wahaby fakistan.pokoknya sy simfati betul sama usaha dakwah nabi beda dgn salafi hanya bisa ngomong doang wassalam ahmad firdaus085370977545

      • syregar

        Ust Hamdan?? Kubang?

      • Anonim

        walaupun dulu die blajar d sekolah wahaby xsemestinya ap yg die dakwah ttng wahaby..org yg blajar d sekolah wahaby pon mahu baiki diri dlam usaha dakwah..tapi kmu org yg bukan wahaby knape tidak mahu usahakn kerja dakwah..adakah kamu rase kmu sdah btol pegangan agama

  2. Anonim

    Jemaah tabligh adalah orgnya alim dan paling baik akhlaknya.tak mau mematahkan semangat org lai.dan menjaga hati sesama muslim jg penebar hidayah bagi slrh alam.wassalam simpatisan ahbab.085370977545

  3. al madani

    Usaha dakwah adalah usaha yang mulia,usaha baginda Nabi Muhammad saw..orang yang menolak,mengusir,mencaci orang keluar di jalan Allah swt..berati dia juga menolak apa yg pernah di usahakan Nabi saw..itu akan mendatangkan Murka Allah..

  4. SUBHANALLAH

  5. Dengan pengorbanan orang-orang seperti mereka lah insyaallah agama ini akan bangkit kembali. Memang, mereka seringkali terlihat seperti rayap-rayap kecil yang tak berdaya, tetapi sungguh mereka mampu menumbangkan pohon-pohon besar.
    Sejarah Rasulullah SAW dan para sahabat telah membuktikan hal ini, mereka mampu mengharubiru dunia dengan cahaya Islam hanya dalam waktu yang sangat singkat. Kisra Persia dan kekaisaran Romawi jatuh berlutut di bawah kaki orang-orang yang selama ini tidak pernah diperhitungkan dalam percaturan dunia.
    Sungguh keadaan seperti itu pun insyaallah akan berulang kembali. Dengan apa ? Dengan kekuatan kebendaan ? Bukan ! Tetapi dengan kekuatan iman !

  6. Ping-balik: Menolak Jamaah Tabligh di Masjid | JAMAAH TABLIGH

  7. malaysian

  8. Anonim

    luarbiasa jt smga allah melindungi,dan membrikan kjayaan mlalui usaha ini

  9. saya luruskan lagi jamaah tabligh bukan organisasi….melainkan cenderung ke metode/cara mengamalkan agama menurut contoh Rosululloh SAW.

  10. Anonim

    lailaha illallah tidak ada tuhan selain allah,tdak ada yang kuasa selain allah tidak ada yang mendatangkan kejayaan selain allah allah kuasa mahkluk tidak kuasa

  11. yamin

    klw gue sih bagus… cuma pngalaman yg saya lihat. bbrapa anggota nya mninggalkn ank istri tnpa nafkah.. kasian kan

    • Anonim

      hehehe kunonye kamu ni yamin..itu alasan dh lame bg org yg xnak trime usaha dakwah..klau askar bleh tggalkan anak istri slame berbulan2 xda pulak org kisah..tp knape klau jemaah tabligh tggalkn ank istri kamu nk bising2..para sahabt r.hum..pon tiggalkn ank istri krane agama..ad salah seorg shabat r.a tggalkn istrinya slame 23 tahun..adakah sabat r.a ini salah..tidak tuan!!! tapi die lah org yg berjaya n tlah deredhoi oleh ALLAH

    • Nafkah yang paling penting adalah agama

    • Anonim

      Kalau orang tinggalkan anak istrinya kemalaysia gak ada yg komentar padahal dia tinggalkan anak istrinya utang, terus belum tentu dalam 1 bulan dia kirim rizki malah banyak yg bermaksiat dan kawin di sana……
      wahai saudaraku sadarlah kita ini meninggalkan anak istri untuk menghadap kepada pemberi rizki membantu Agamanya Pemilik RIzky yaitu Allah SWT.
      Semoga Antum di kasi hidayah oleh Allah SWT… Amin!!!

  12. biby

    Mereka pergi berjuang Fisabilillah, menegakkan sunah nabi yg sdh byk di tinggalkan (bahkan byk yg faham sunah,berilmu agama tp tdk menghidupkan sunah). mreka memakmurkan masjid2 yg sdh mulai sepi dr majlis2 taklim.. zaman skrg byk berlomba2 membangun masjid2 mewah tp sepi dari majlis2 taklim.
    mereka meninggalkan keluarganya justru dg meninggalkan 2 NAFKAH, nafkah lahir / harta & nafkah batin yg plng tinggi & mulia yaitu nafkah keyakinan agama / iman. orang merantau bekerja slama 1th hy dpt harta dunia yg tdk kekal tp orang yg pergi keluar walaupun hanya 3hr/40hr/4bln mreka diberi ilmu agama & iman, kemuliaan akhirat yg kekal dan bisa di bagikan ke anak istrinya,tetangga2nya,bahkan dibagikan seluruh umat kalau mau tanpa mengurangi jumlah yg di dapatnya.

  13. biby

    Alloh menjamin rizki bagi orang yg pergi menuntut ilmu, bersilaturrahim & menegakkan agama Alloh, mereka diberi rizki yg istimewa tp Alloh tdk menjamin org yg bkerja, berdagang maupun yg bertani.

  14. edi purwato

    Tidak ada jalan lain untuk membawa umat kejalan allah selain cara kerja dakwa nabi,mengajak manusia dari kota sampai ke pelosok pelosok desa,jadi ambil usaha ini yaitu kuruz fisabilillah,jgn cuma protes aja

  15. edi purwato

    Tidak ada jalan lain untuk membawa umat kejalan allah selain cara kerja dakwa nabi,mengajak manusia dari kota sampai ke pelosok pelosok desa,jadi ambil usaha ini yaitu kuruz fisabilillah,jgn cuma protes aja di belakan meja di warung kopi sementara budaya barat sudah merubah syariat di kalangan muslim,

  16. Anonim

    yang udah paham dngn usaha ini mudah2n Allah SWT kkalkn hidayahnya dan jadi asbab trunnya hdyah,bagi yg blum pham mudah2n Allah beri kepahamn amiin..

  17. Anjing merupakan binatang yg kuat dan gesit ,ttapi sering kita jumpai mati ditabrak kendaraan di jalan. Disebabkan sifatnya yg menyendiri. Lain dengan bebek binatang lamban.,lembek,dll tetapi jarang jarang kita temui mati tertabrak d jalan. Itu karena sifatnya selalu berombonga atau berjama’ah. Wallahualam bissawab.

  18. Anonim

    Yang belum saya mengerti dari jema’ah tabligh,kenapa mereka mendirikan tenda di dalam mesjid ?
    Apa alasannya ?
    Dan darimna landasan hukumnya ?

    • Anonim

      Saudara ku, maksud JT memasang tenda didalam mesjid itu seperti ini,disaat tidur dimesjid kita juga tidak boleh sembarang, kalau antum tidur ga pakai alas alhasil antum tidur hasilkan liur, kotoran tubuh yg tidak antum rasakan saat tidur, ratal tenda yg mereka pakai itu, untuk tidak digigit nyamuk.. Kebersihan sebagian iman, mereka aja bisa bersih dan tau diri, kita harus mencontoh dong

    • Hasan Hendro Hartono

      Assalkm wr..wb..untuk tenda- tenda/ kelambu di dalam Masjid itu sebenarnya keperluan saja pak bukan tenda.. tapi kelambu agar tidak digigit nyamuk serangga khan ihtiar supaya tdk sakit dalam perjuangan agama… wassalam.

  19. Anonim

    Saya pun jg berterima kasih kpda jt,,, sangat banyak perubahan yg allah berikan kpda kelarga kami

  20. Anonim

    1.seorang swami meninggalkan istri demi agama,maka istrinya akan masuk surga 500 thn lbh dulu drpd swaminya
    2.Seorng swami yg meniggalkan anaknya demi agama,walaupun dlm keadaan sakit maka saktnya anaknya akan mnjadi turunnya asbab hidayah.
    3.Seorang leleki yg neninggalkan kluarganya demi agama bkn brrti dia tak punya otak,ttpi dialh yg otaknya cerdas,krna orng yg cerdas adalah orng yg mengingat mati dan mmpersiapkan untuk kematinnya.
    4.Seorng swami yg meninggalkan istrinya demi agama brrti dia telah mmbantu agamanya Allah…barang siapa yg menolong agamaku maka aku akan menolongmu dam mngokohkan langkahmu di hadapan musuh2mu
    5.Seorng swami mninggalkan kluarganya demi agama dgn mnggunakan hrta,waktu, dan dirinya sendiri maka sorganya sama dgn sorganya para Nabi…itulah keuntungan yg sanagat besar.
    6.

  21. selagi tidak kluar dari Al-quran dan Sunah Rasul, knapa tidak kita bersama2 mendukung dan sama2 mgnajak manusia menuju jalan yg lurus, jalan yg diridoi allah….klo ada yg ragu dgn JT silahkan berkonsultasi dengan para ulama yg berilmu dan bisa dipercaya, jgn cmn mengeluarkan stetmen negatif tentang JT tp gak punya ilmu, bahkan sholat saja kagak…..jadi mari kita sesama muslim kita dukung mereka, mereka mengajak muslim lainnya untuk ke masjid, mereka mengajak muslim lainya untuk kembali kepada allah…..dalam hal ini apanya yg salah…??? kita muslim bersaudara, nggak perlu terkotak2 dengan suatu organisasi apapun…….benar datangnya dari allah, salah adalah milik pribadi masnusia, karna manusia tempatnya salah dan khilaf……

  22. kinanah fahry

    saya juga dari keluarga jamaah tabligh.
    dan sejauh ini saya tidak pernah menemukan kesesatan atau penyimpangan bahkan penyelennehan dr semua aturan atau sesuatu yg diterapkan dalam organisasi ini.
    banyak hal positif yang kamo peroleh sejak aktif dlm organisasi jama’ah tabligh.

  23. abdul Muis

    mustinye en’te ikut aje dulu biar tau rasanye nikmat orang beribadah . kalau kita mondok berapa tahun lagi umur kita yg tua ini. Dengan coa 3 hari Insya Alloh sholat wajibnya caranya berjamah t4nya dimana azan dikumandangkan waktunya tepat diawal waktu.sudah pasti kencingnya ngak berdiri lagi makan minumnya pakai tangan kanan . pokoknya kehidupan sehari harinya belajar cara RasulAlloh deh.

  24. Anonim

    Berhentialah bertengkar n berburuk sangka mari bersama- sama kita ajak saudara2 kita yang belum ke masjid agar sama2 shalat berjamaah tanpa menyentuh masalah khilafiah, kita di suruh untuk mengajak menghimpun umat dekatkan pada ulama. Untuk mengajak siapa pun boleh namun untuk mengajar butuh ilmu.

  25. Tanya kenapa?

  26. Anonim

    Kebenaran hanya milik Allah.dan dibuktikan ketika kita mati.

  27. Hendri

    Dulu saya pernah ikut ,,tp bru yg 3 hari az..bener bnyk manfaatnya..kita praktek lgsng tentang sunnah ga cuma omong doang

  28. sugiyanto

    saya .mau tanya apa benar ta’lim lebih baik dr naik haji

  29. syahril arief

    Ass..wb. Subhanallah dgn adanya jamaah tablik preman jadi da`i .

  30. jaka suryadinata

    Da’wah adalah kerja seluruh umat muslim.. semua nabi diturunkan untuk dakwah, rosul diutus bahkan umat ahir zaman pun yang mengku umat nabi dituntut untuk kerja da’wah.. apapun organisasi dan perhunya semua wajib untuk dakwah. jamaah tabligh adalh suatu usaha da’wah yang selalu mengrutkan dahi, fikir, dan risaunya untuk ummat. bahkan hari2nya dihiasi penghidupan sunnah nabi saw. dengan mencontoh 6 sifat para sahabt yang sellu dicontoh dan dilaksanakn… hariharinya dalam memperjuangkan agama allah xmembicrakan pentingnya IMAN dan Amal Soleh.. semoga allah dapt membrikan kemmpuan lagi untuk sya pribadi untuk turut serta ikut kerjanys semua nabi dan rosul… amin ya robb

  31. Ramli

    Maju terus jamaah tabliq..jazakumullah

  32. Alhamdulillah,saya karkun 40 hari dari lampung.slama ikut jamaah tabligh, yg paling berkesan dan terasa nikmat saat shalat,wajib atau sunnah. Saat jaula,itu juga sangat berkesan. Mudah2an seluruh dunia dapat hidayah setelah ikut dalam kerja dakwah.amin

  33. LAA ILAHA ILLALLAH MUHAMMADAR RASULULLAH. Jangan pernah ada kata mantan karkun. Mari sama2 kita ajak kembali org yg sudah pernah khuruj. Mari kita konsisten dan istiqamah dengan apa yg udah kita jalani selama khuruj. Mudah2an ALLAH selalu beri kemudahan pada org2 yg mau berdakwah.AMIN

  34. mohon do’anya agar sy bs 4 bulan IPB sekaligus umroh dan haji,,,,

  35. hariyanto

    AQ ingiiin sekali ikut tapi kenapa bgt berat

    • Hasan Hendro Hartono

      Assalamualaikum wr.. wb.. kenapa orang mau ikut tapi Da’ wah tapi berat..pak kiyai Muhklisun sampaikan bahwa kalau mau keluar da’wah harus yakin.. manakala kita membantu agama Allah AWT maka Allah SWT selesaikan segala urusan kita baik dunia maupun akhirat..diibaratkan mau keluar berdakwah.. orang yang lagi memegang paku dan hammer/ palu maka paku yang kita pegang ini harus ditancapkan ke kayu dinding dengan menggunakan hammer dengan memaku,. kalau tdk ya pakunya tdk akan tertancap didinding kayu tersebut hanya diluar saja..harus yakin Allah SWT Kholiq, Allah swt Malik, dan Allah SWT Roziq…Insya Allah.,Allah SWT Selesaikan Urusan Kita baik dunia maupun Akhirat sesuai dengan janji Allah SWT….Wassalam.

  36. doa kan saya semoga bisa berdakwah sampau mati, semiaolloh pilah saaya berangkat dskwa ke seluruh alam amiñ

  37. Ibrahim.SH

    Jamaah tablik baik diikuti karna jamaah utk perbaikan diri bukan niat perbaikan orang lain.perbaiki iman,amal..ubudiah,muamalah,muasarah dan ahlak

  38. arif suhindro

    Jamaah tabligh adalah jamaah buatan M Ilyas /orang shufi th 1926 bukan ahlussunnah terbukti mrk cinta buku2 pemikiran M Ilyas yg banyak hadist lemah dn palsu dn benci buku2 ahlusdunnah yg pdt dgn dalil shaheh . Dan juga metode dakwahx adalah buatanx sendiri . Banyak jamaah tabligh yg bertaubat kemudian masuk ahlussunnah tp saya belum dengar ahlusdunnah bertaubat kemudian tersesat ke dlm jamaah tabligh

    • Anonim

      ana mantan jt dah tobat sekarang jadi salaf

    • Hasan Hendro Hartono

      Kita tidak boleh bid’ah2 orang sembarangan,koreksi diri sendiri..syurga itu hak Allah SWT…untuk memasukkan hambanya yang diridoiNya ..Dalam JT sudah banyak para Ulama dan Ustadz yang mendakwahkan agama…jangan hanya bisa mencela…datangi umat agar cinta dengan Masjid,Menjalankan Perintah Allah meninggalkan larangaNya sesuai dengan Al Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW ……Wassalam.

  39. Anonim

    bidah sesat neraka

  40. Joko Purwanto / M.zakaria

    Alhamdulillah saya kenal JT 2011sampai skrg belajar istiqomah sholat berjamaah sesuai kemampuan.dan alhamdulillah mushola kami sdh hidup 5 waktu taklim habis subuh..doa kita semua semoga JT tersebar ke seluruh alam amiin..wasslm

  41. muh hudzaifah

    semoga allah subhanahu wata’ala istiqomahkan qt semua dalam usaha dakwah …
    dan mengekalkan hidayah iman dalam hati qt ..
    amin allahumma amiinn….

  42. Anonim

    Klo bukan asbab pngorbana para da,i yg sring di katakan jmah tblg itu z tdk bgmn nsib mukin z blm knlagama walaupun z lhr kdaan muslim tp jgnkn sholat mau klur dri jratan maksiat aja sangat sult skali tpi al khamdulillah hamdan katsiran toyyiban mubarokan fih ya allah istiqomakan kami dlm kerja nabimu ini amin

  43. hati

    Anna mantan jt skrg ke salaf

  44. awit

    saya basic dari muhammadiyah,,, cuma ikut huruj 3 hari alhamdulillah sholat berjamaah tanpa putus diawal waktu bisa bertahan 3 bulan,,, mari kita hilangkan buruk sangka,,, karna itu tipu daya syaithon.

  45. Ahmad Rido

    Ass…alhamdulillah kita bersyukur kepada allah,pada saat ini kita masih dikasih taufik&hidayah,kalau munurut saya jamaah tabligh adalah jamaah yang mengajak ke jalan yg benar,mengajak kita hanya taat & takut kepada allah & menjalan segara perintah allah & mengingatkan kita bahwa kita ini hidup dikolongnya allah,bumi nya allah,makan,nafas,minum&dll nya dari allah……zkt…allah ukbar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: