Karguzari Jamaah Perancis

Alhamdulillah, atas izin dan rahmat Allah azaa wa jalla, kota Bandung kedatangan jamaah dari negara Perancis, tepatnya kota Paris pada pekan lalu (26-03-2009). Total jama’ah ada 9 orang ( 5 keturunan Aljazair, 2 Maghribi, 1 Saudi, 1 Karibia) ditambah 1 mutarjim dari Jakarta.

Jama’ah ini bergerak 20 hari di Bandung dari total 2 bulan di Indonesia. Sebelumnya mereka sudah bergerak ke Jawa Tengah dan Jogja sekitarnya. Untuk bahasa, mereka menggunakan bahasa arab (dan France tentunya), sedangkan untuk bahasa Inggris hanya 1 orang yang lancar yaitu Ali, dari Karibia.

Alhamdulillah, pak Iqbal, dosen TL ITB berkesempatan membawa Ali untuk silaturahim ke teman-temannya di ITB. Berikut cerita dari pak Iqbal: Ali berasal dari pulau Mohitik (kurang jelas saya dengarnya, yang jelas ada ‘tik’ nya) salah satu pulau/negara di daerah Karibia. Di pulau itu, katanya 100% adalah orang kafir (belum ada yang memeluk islam, termasuk orang tua si Ali). Ali memeluk islam 10 tahun yang lalu. Sebelum kakinya cedera, beliau adalah seorang pemain sepak bola. Dan salah seorang temannya, yaitu pemain timnas dari Perancis, yaitu Nicolas Anelka (sekarang di Chelsea klo nggak salah).


Alhamdulillah, Anelka termasuk orang yang aktif berda’wah keliling 40 hari bersama teman satu timnasnya, Franck Ribéry. Setiap memulai pertandingan, selalu di mulai dengan do’a. Dan mohon do’a dari semuanya, Anelka sekarang lagi berusaha untuk mengajak teman satu timnasnya untuk memeluk islam, yaitu Thierry Henry. Beliau sudah cukup dekat dan sudah sering ngobrol agama bareng. Semoga Allah melunakkan hatinya dan memberinya hidayah. Alhamdulillah, Perancis sangat pesat perkembangan Islamnya di Eropa. Tahun 60-an baru ada 1 masjid, itupun dijadikan museum. Ketika para turis datang, maka akan ada seorang guide yang menunjuki kepada turis tersebut. “Kalau di depan sini, digunakan sama imam”, “Ini kalau hari jum’at dipakai untuk ceramah” dan semacamnya. Dan anehnya guide itu seorang muslim.

Tapi alhamdulillah, sekarang ini sudah ada 3.500 masjid tersebar di seluruh Perancis. Dan alhamdulillah, masjid-masjid tersebut hidup dengan amal-amal agama. Mungkin segitu dulu karguzari/laporan dari saya. Jama’ah Perancis ini masih ada sepekan lagi di Bandung. Hingga hari Selasa nanti (07-04-2009), rute mereka akan bergerak dari Griya Caraka-Cihampelas-Cimahi-Nurul Huda/Sari Jadi. Jika ada kesempatan, boleh datang nushrah (belajar jadi Anshar) ke jama’ah mereka.

Categories: Laporan Dakwah | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: