Malfuudzaat 44

Beliau berkata, “Tersebut di dalam Hadits :

Man Laa Yarham Laa Yurham. Irhamuu man fiil Ardhi yarhamukum man fiis samaa

“Barangsiapa tidak menyayangi, tidak akan disayangi. sayangilah olehmu penduduk bumi, niscaya kamu akan disayangi oleh penduduk langit.”

Malangnya manusia memperuntukkan hadits ini kepada si miskin saja. Mereka kasihan terhadap orang yang kelaparan, dahaga dan tidak berpakaian. Tetapi mereka tidak mengasihi orang Islam yang jauh dari agama, seolah-olah kerugian dunia adalah kerugian yang sesungguhnya dan kerugian agama bukan merupakan kerugian. Maka bagaimana ahli langit akan sayang kepada kita, jika kita tidak kasihan kepada saudara-saudara Muslim kita yang jauh dari agama?”

Kata beliau selanjutnya, “Asas kerja tabligh kita adalah kasih sayang. Oleh karena itu, kerja ini harus dibuat dengan lemah lembut dan kasih sayang. Jika seorang dai, bertabligh dengan kasih sayang dan kerisauan atas kemunduran agama kaum muslimin maka sesungguhnya kita akan mendapat kesan baik dalam menunaikan kewajiban ini. Tetapi, jika dibuat dengan tujuan dan cara lain maka akan berlaku sombong, takabbur, dan ujub, yang tidak mendatangkan faidah apa-apa.

Maka mereka yang ingat hadits ini di dalam bertabligh, ia akan mencapai ikhlash dan mencari aib sendiri dan jika terlihat aib orang lain, ia akan lihat Islam yang ada dalam diri orang itu. maka orang seperti ini akan mendapat kebaikan  dan manfaat. Ini juga satu keistimewaan kerja tabligh, yang mengutamakan ishlah atas diri sendiri.”

Categories: Tertib Dakwah | Tags: | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Malfuudzaat 44

  1. Bagusnya blog ini menulis malfuzat maulana Ilyas Rahmatullah alaih. Harap dapat diteruskan dengan malfuzat-malfuzat yang berikutnya seperti malfuzat Maulana Yusuf, Malfuzat Maulana In’amul Hasan, Malfuzat Syed Ahmad Khan, dan malfuzat ulama’ Deoband lainnya seperti Malfuzat Maulana Asyraf Ali Thanwi, Malfuzat Maulana Husain Ahmad Madani, Malfuzat Anwar Shah Kasymiri dll.. Kalau boleh, tuliskan juga dgn lengkap kisah hidup Maulana Zakariyya spt didalam Aap Beeti. Usaha tuan punya blog sngat2 dihargai🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: