Keadilan Rasulullah saw (kisah 2)

Dikeluarkan oleh Ibnu Abi Syaibah dan Abu Sa’id Al Naghasgi dari Ummu Salmah r.ha, katanya, Dua orang lelaki Anshar datang menemui Rasulullah saw untuk menyelesaikan perselisihan di antara mereka mengenai harta pusaka mereka dan perselisihan itu telah berlangsung sejak sekian lama dan mereka tidak mempunyai satu orang saksi pun.

Nabi saw bersabda kepada keduanya, “Kamu berdua datang kepadaku untuk menyelesaikan perselisihan di antara kalian. Sesungguhnya aku membuat keputusan ini berdasarkan pendapatku karena tidak diwahyukan kepadaku mengenai masalah ini. Karena itu, seandainya keputusanku akan memberikan hak yang lebih kepada salah seorang dari kamu sedangkan ia tidak berhak kepadanya, ia hendaklah menolaknya karena aku telah memberikan kepadanya sepotong api neraka dan ia akan dibangkitkan pada hari kiamat dalam keadaan sebidang tanah tergantung di lehernya.”

Maka kedua lelaki itu pun menangis, masing-masing berkata, “Wahai Rasulullah! Aku menyerahkan hakku kepadanya.”

Lalu Rasulullah saw pun bersabda kepada mereka, “Jika kamu berdua setuju untuk melakukan sebagaimana yang telah kamu katakan, maka pergilah, tegakkanlah keadilan dan berbagilah dan setelah dibagi sama rata jadikanlah sebidang tanah darinya sebagai perkongsian (kerja sama) di antara kamu.”

Categories: Kisah Dakwah | Tags: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: