Beda Raja dan Khalifah

Dikeluarkan oleh Ibnu Sa’ad dari Sufyan bin Abu Auja, katanya: Umar bin Khaththab ra berkata, “Demi Allah! Aku tidak tahu apakah aku ini seorang khalifah atau seorang raja? Jika aku seorang raja, maka urusan mengenai khalifah ini adalah sangat besar kepentingannya.”

Seseorang berkata, “Wahai Anirul Mu’minin! Sesungguhnya di antara keduanya (raja dan khalifah) terdapat satu perbedaan, karena khalifah tidak akan mengambil sesuatu melainkan dengan hak, ia tidak membelanjakannya kecuali dengan kebenaran. Segala pujian bagi Allah yang telah melakukan hal seperti itu. Sebaliknya, raja merampas hak orang banyak, mengambil sesuatu dari seseorang dan memberikannya kepada orang lain.”

Umar ra pun terdiam mendengar kata-kata lelaki itu.

Juga dikeluarkan oleh Ibnu Sa’ad dari Salman bahwa Umar ra berkata kepadanya, “Apakah aku ini seorang raja atau seorang khalifah?”

Maka Salman pun berkata kepaadnya, “Jika engkau telah mengambil satu dirham, baik kurang atau lebih banyak dari bumi kaum muslimin lalu engkau membelanjakannya di jalan yang tidak sepatutnya, maka engkau adalah raja, bukan seorang khalifah.

Mendengar kata-kata Salman itu , berlinanganlah air mata Umar ra.

(Kanzul Ummal)

Categories: Kisah Dakwah | Tags: , | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Beda Raja dan Khalifah

  1. Anonim

    seharusnya pemimpin kita ini ya seperti umar bin khotob…..pemimpin kita hanya seorang,pemimipi………eala kok gitoooooooooooo…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: