Bayan Subuh, Nizamuddin 20 Januari 2009

Allah terima suatu amalan jika hatinya ikut sehingga Allah akan memberinya taufiq. Kerja dakwah ini adalah usaha untuk menjadi orang kecil (‘abdi) bukan untuk menjadi orang besar. Orang yang buat kerja dakwah dengan niat untuk mengishlahkan diri sendiri maka ia akan menjadi shaleh dan orang yang shaleh akan menjadi asbab untuk orang lain menjadi shaleh juga.

Dakwah adalah fardhu ‘ain. Manfaat kerja dakwah yang pertama adalah untuk diri sendiri, maka Allah akan melindunginya dari kesesatan.

Maulana Ilyas pernah berkata, ada 2 (dua) orang yang terkebelakang dari usaha ini :

  1. Niat untuk mengishlah orang lain
  2. Mau mengishlah kerja ini

Tarbiyah dan mujahadah dalam kerja ini akan mendapatkan hidayah dari Allah SWT. Kerja ini akan menghasilkan hidayah untuk dua bagian :

  1. Untuk diri sendiri
  2. Untuk menjadi asbab hidayah bagi orang lain

Tufail telah datang ke Mekkah dengan menutupi kupingnya sehingga apa yang dikatakan Nabi ia tidak mendengarkannya. Ketika dia dekat dengan Nabi maka kemudian Allah ingin memberikan hidayah dengan membuat Tufail ingin membuka tutup kupingnya. Lalu dia dapat mendengar akan bacaan shalat Nabi sehingga ia masuk Islam. Tufail melakukan dakwah dalam satu tahun hasilnya 80 keluarga masuk Islam.

Firman Allah dalam AlQuran : “Dan siapakah yang paling baik perkataannya daripada Orang yang mengajak (dakwah) kepada Allah dan Beramal Shalih dan berkata sesungguhnya  saya bagian dari muslimin.”

Gabungan Dakwah dan Amal akan meningkatkan Ibadah. Jika ibadah baik maka kita akan menjadi shaleh. Pertama kali yang akan kita masukkan ke dalam diri kita adalah Iman.

 Tanpa adanya Iman kesempurnaan amal tidak akan didapat.

Tanpa adanya Iman keterkabulan amal tidak akan didapat.

Nabi berkata kepada Hadi bin Hatim, : kamu terlambat masuk Islam karena kamu melihat keadaan orang Islam yang miskin, susah, dll sehingga kamu terhalang dari hidayah. Rasul katakan bahwa Islam akan mengalahkan Kisra dan Islam menjadi jaya dan akhirnya Hadi bin Hatim pun melihat kemenangan dan kejayaan Islam.

Penghubung antara orang Islam dan Allah adalah amal.

Di dalam majlis iman ada perkara yang ghaib. Di dalam iman ada qudrat. Qudrat tidak ada di alam semesta namun qudrat ada di dalam zat AllahSWT.

Dengan kerja dakwah ini kita betulkan Aqidah kita, bahwa perkara yang ghaib hanya Allah saja mempunyai bahkan Nabi-Nabi pun tidak. Jika seorang Nabi mengetahui hal-hal yang ghaib, maka Nabi Yusuf as tidak akan masuk ke dalam sumur dan dijual menjadi budak. Begitu pun ketika Rasul diundang ke suatu walimah dia disambut oleh anak perempuan kecil dan anak kecil itu berkata : “kita bersama Rasul yang mengetahui hal yang ghaib”, maka Rasul katakan kepada anak itu : “Jangan katakan seperti itu, karena hal yang ghaib hanyalah milik Allah”.

Nabi katakan : “Jika kamu membaca Al Quran dengan teliti. Allah akan member tahu apa yang akan terjadi sampai dengan hari kiamat. 

Ada seorang shahabat di penjara dalam keadaan junub dan air yang ada hanya cukup buat minum. Maka ia berkata kepada penjaga penjara, “tolong berikan air yang buat jatah besok sekarang saja, karena untuk berhadast”. Namun penjaga tersebut tidak memberikan. Maka ia berdoa kepada Allah agar diturunkan hujan, maka Allah SWT, maka Allah pun menurunkan di penjara. Begitulah yakinnya para shahabat kepada Allah SWT.

Banyak orang mengatakan, “Itukan shahabat, bukan kita”. Hari ini kita begini karena kita tidak yakin dan aqidah yang lemah. Apabila kita memiliki yakin yang benar kepada Allah maka tidak ada hijab antara Allah dengan hambanya.

Abdullah bin Mas’ud ra suatu ketika isterinya sakit mata, maka datanglah seorang yahudi dan diberikan benda yang diletakkan di lehernya, maka matanya pun sembuh. Ketika suaminya melihat itu maka ia bertanya kepada isterinya apa itu? Isterinya berkata benda ini dapat menyembuhkan. Maka suaminya menyuruh untuk membuang benda tersebut. Mari saya beritahu kepada kamu, mata kamu sakit karena syaithan menaruh jarinya pada kamu. Dan orang yahudi itu menyembuhkan karena ia menghalangi jari syaithan tersebut dan yahudi itu pun syaithan. Cukuplah kamu meminta kesembuhan kepada Allah.

Jika kita mendapatkan benda dan benda tersebut memberikan kita kejayaan maka itu berarti telah menjauhkan kita dari Allah SWT. Jika kita mendapatkan benda yang memberikan kejayaan langkah pertama lihat dulu apakah benda itu HALAL atau HARAM.

Maulana Yusuf Katakan: “Nafikan benda-benda, sehingga antara kamu dengan Allah tidak ada hijab. …. Dan seterusnya… bayan belum lagi usai.

Categories: Bayan | Tags: , | 27 Komentar

Navigasi pos

27 thoughts on “Bayan Subuh, Nizamuddin 20 Januari 2009

  1. ye, benar.

    • aii karkoen

      aslmkm…ap yg dismpaikan dlm bayan di nizamudin itu,adlah bener banget…islam forever…

  2. Anonim

    agama untuk orang yang berfikir. berfikir mengikuti nurani, bukan berpikir mengikuti nafsu

  3. ass.dunia sementara akhirat selamanya.yang dibuthkan adalah iman dan amal yang benar menurut Allah.maksut allah ciptakan manusia adalah:-membetulkan ,memperbaiki,dan menyempurnakan Iman.-memperbaiki amal.-mengajak orang taat pada Allah dan rosulnya.

  4. Ping-balik: GoTabligh.com » Blog Archive » Link artikel dan Bayan

  5. Makhzum Ipb 4 bln

    perkara yang plg penting di dunia ini adalah iman////

  6. syarif.nurjaman

    Ass…bagi anda yg ingin memahami bayan tsbt maka luangkanlah waktu anda untuk keluar 4 bulan IPB fisabillillah. by halaqah sapangudang.bandung

  7. Taufik

    Kebenaran hanya milik allah. Bayannya mantab

  8. Abu S@leema

    Ayo terus buat pengorbanan. Da’wah sampai mati. Mati dalam da’wah.
    CALEGA…
    CAMKAEGA…
    Berangkatlah kamu
    Pasti akan berjaya.
    Bravo buat para da’i.

  9. mohammad amin

    masha-allah..benar ya allah…
    insya allah semua azam mujahadah lagi dan lagi
    insya allah…

  10. zainul

    ana ijin mau copy n print antum file bayan, jazakalloh

  11. Achmad anugrah

    Dimana letak iman klau d hati kita tidak terbesit risau kpd umat,…keluarga,sahabat,tetangga…,sesungguhnya mrka akan menuntut kita kelak. ‘kenapa kamu tidak memberi peringatan kepadaku? ‘aku sudah ajak kamu,tapi tidak kamu hiraukn. ‘kenapa tidak kau ajak lagi untk ke2kalinya? Aku ajak kamu ke jalan kebaikan tapi tetap kamu abaikan. Kenapa tidak untk ke 3kalinya? Aku ajak kamu lebih dari 3kali. Kenapa tidak 4kali…,dst…knp berhenti kamu ajak aku akan kebaikan,…?

  12. fazrul azwar lubis

    kapan musawarah di nizamuddin

  13. hery

    Subhanallah…

  14. SUBBAHANALLAH,,, NIZAMUDIN DAHSYAT SUASANA AGAMA NYA WAKTU SAYA IPB KSANA..

    suasana agama serti da jaman sahabat….
    saya rindu ke sana lagi,, doa kan saya sahabat…..

  15. achmad badri

    di bali karkun sudah mulai banyak… alhmddillah. sejak karkun saya tau tujuan dan maksud hidup yg sbnrnya.

    tolong kirim jamaah ke kepulauan raas madura. sebanyak banyak nya.

  16. Mari sama2 Do’a agar Ijtima’ kawasan mulai juni sukses dan mengeluarkan sebanyak-banyaknya rombongan, khususnya untuk pulau jawa di cikampek, amiien

  17. subhanallah

  18. Anonim

    subhanallah.,.,..,
    aqidah adalah yang paling utama

  19. mohon doanya sy niat keluar 4 bulan

  20. Anonim

    jamah tabligh mmg bagus, tapi oknum tablighi yg jelek…hati2 ada arif yusuf di solo hati2 thd orang ini

  21. bioterra

    jamah tabligh mmg bagus, tapi oknum tablighi yg jelek…hati2 ada arif yusuf di solo hati2 thd orang ini

  22. Anonim

    Dakwah menyelesaikan masalah dunia dan akherat

  23. Anonim

    kerja dakwah emang enak.
    yg blum mencoba , harus mencoba. pasti ketgihan.

  24. miman

    doakanlah sya agar cpat 4 blan kluar dijalan allah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: