Bayan Nasehat Nabi saw Sebelum Memberangkatkan Rombongan

Dari Abdurrahman bin A’id ra, dia berkata, “Adalah Rasulullah saw apabila hendak mengirimkan pasukan, maka Beliau memberi nasehat, ‘Bersikap lembut dan sayanglah kepada orang-orang! Jangan menyerang mereka sebelum kalian BERDAKWAH kepada mereka, dan janganlah menghancurkan rumah-rumah mereka! Jangan biarkan satu orang penghuni rumah pun yang ada di kota-kota maupun di desa-desa, kecuali kalian membawa mereka ke hadapanku dalam keadaan muslim (telah memeluk Islam), karena yang demikian itu lebih aku sukai daripada kalian datang padaku dengan membawa istri-istri dan anak-anak mereka setelah kalian membunuh suami-suami mereka!’ “. (HR. Ibnu Mandah dan Ibnu Asakir dalam kitab Al Kanz jilid II halaman 294. Diriwayatkan pula oleh Ibnu Syahin dan Al Baghawi seperti terdapat dalam kitab Al Ishaabah jilid III halaman 153, juga Tirmidzi dalam kitabnya jilid I halaman 195).

Dari Buraidah ra, dia menceritakan, “Adalah Rasulullah saw apabila mengirim rombongan jihad atau pasukan tentara, maka Beliau saw memberikan nasihat kepada pemimpin mereka supaya menjaga ketakwaan dirinya kepada Allah SWT dan berlaku baik terhadap orang-orang Islam yang di bawah pimpinannya. Beliau juga berpesan kepada pemimpin rombongan, “Apabila engkau bertemu dengan musuhmu orang-orang musyrik, maka ajaklah mereka kepada salah satu dari tiga perkara, jika mereka menerima salah satu dari tiga pilihan yang engkau ajukan, maka terimalah pilihan mereka dan tahanlah serangan kepada mereka!

Pertama, ajaklah mereka untuk memeluk Islam! Jika mereka menerima, maka terimalah keIslaman mereka dan janganlah menyerang mereka.

Kedua, ajaklah mereka untuk meninggalkan kampung halaman mereka  dan tinggal di perkampungan kaum muhajiriin, lalu beritahukan kepada mereka bahwa apabila mereka melakukan yang demikian, maka mereka memperoleh perlakuan dan hak yang sama dengan kewajiban kaum muhajirin; tetapi apabila mereka menolak dan lebih suka memilih untuk tinggal di tempat mereka sendiri, maka katakan pada mereka bahwa mereka akan diperlakukan seperti orang-orang Islam Badwi, dan berlakulah ke atas mereka hukum Allah seperti yang berlaku atas orang-orang mukmin umumnya, yakni mereka tidak akan mendapat bagian dari harta rampasan perang, kecuali jika mereka ikut berjihad bersama kaum muslimin.

Ketiga, jika mereka tidak mau menerima tawaran yang kedua, maka perintahkan kepada mereka supaya membayar jizyah! Jika mereka bersedia membayar jizyah, maka terimalah dan janganlah engkau menyerang mereka ! Tetapi jika mereka menolak membayar jizyah, maka mintalah bantuan kepada Allah  dan perangilah mereka! Apabila engkau telah mengepung mereka dalam sebuah benteng, lalu mereka memintamu untuk memberlakukan hukum Allah atas mereka, maka jangan engkau penuhi permintaan tersebut, karena sesungguhnya kalian tidak mengetahui hukum apa yang akan ditetapkan Allah atas mereka. Akan tetapi berlakukanlah pada mereka hukum kebijaksanaan kalian, kemudian putuskanlah perkara mereka setelah itu menurut kebijaksanaan yang kalian kehendaki.” (HR. Abu Daud)

Categories: Tertib Dakwah | Tags: , , , | 40 Komentar

Navigasi pos

40 thoughts on “Bayan Nasehat Nabi saw Sebelum Memberangkatkan Rombongan

  1. assalamualaikum,
    Izinkan saya memasukkan blog bapak dalam blog list saya iaitu di http://ziarah76.blogspot.com/

    jazakAllah khair

  2. imam al ghozali katakan;jihad ada3
    1.jihat perang dengan orang2 kafir
    2.jihad dengan menyampaikan agama/ceramah agama
    3.jihat memerangi hawa nafsu,dan inilah jihad yang paling berat karena tidak terlihat musuh kita yaitu nafsu dan syetan.kalau yang lainya musuhnya kelihatan.
    ana lagi belajar jihad nih perlu bimbingan.dan azam mau belajar agama khuruj fisabilillah ke india pakistan bangladesh,doakan ya….biar allah mengabulkan niat ana…niat berangkat bulan juli di ijtima indonesia.ami……en

  3. sulthon

    amiin, semoga Allah berangkatkan

  4. semoga apa yang di tampilkan dalam webset ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya, dan mari kita beramal sesuai dengan keyakinan kita masing- masing.

  5. DAI

    SEMOGA KITA DAPAT MENJADIKAN PIKIR NABI SEBAGAI PIKIR KITA,
    TUJUAN HIDUP NABI SEBAGAI TUJUAN HIDUP KITA,
    … KITA SALING MENDO’AKAN

  6. abi salsabila

    jadikanlah da,wah sebagai maksud hidup,dan ahirat tujuan ahir hidup

  7. ABDULLAH

    DOA KN SUPAYA SAYA DAPAT KHURUJ 2013. 4 BULAN.KALAU KITA KELUARKN JEMAAH SBNYAK2NYA MAKA ALLAH AKN BANTU SBGAI MNA DBANTU ABU BAKAR.&SAHABAT2

  8. Apa yang kita kerja kan sebaik kita lurus niat sehingga kita menuju ridha ALLAH SWT,e-mail :maulanamuhammadzakaryyamalhotra@yahoo.com,doakan saya insya ALLAH,saya niat keluar di seluru alam.

  9. Ping-balik: GoTabligh.com » Blog Archive » Link artikel dan Bayan

  10. bayan

    Perang sebelum dakwah ini seperti sholat tanpa wudhu

  11. abdulhadi

    kerja da`wa adalah kerja umat islam seluruhnya…bukan kelompok… saya sudah jelas, bahwa bayan hidayah sebelum berangkat khuruj fiisabiilillaah ternyata ada dalilnya (hadist diatas)…bukan ijtihat ulama…hidup dlm da`wa, da`wa sampai mati,,, bantu do`a untuk saya…..

  12. Anonim

    ada takaza walimah….??? kontak ke saya….

  13. Abbas

    Alhamdulillah….

    Bisa ketemu Blog bapak..

    Jazakallah atas informasinya yg bermanfaat.

    mohon izin untuk copy isinya..

  14. Oomar bin Khaththab

    Subhanallah., Mahasuci ALLAH yg tlh prtemukan para pekerja dakwah..
    ALLAHUAKBAR !
    Segala Puji Hanya utk ALLAH SWT.

  15. sudrajat santoso

    Subhanallah.. doakan ana saudara-saudaraku

  16. Dedy

    Saya baru ikut dalam jama’ah da’wah ini , alhamdilillah baru saja selesai dalam ikut serta itikab 3 hari di kab.Bandung. Hal ini saya lakukan karena kebutuhan bathin saya yg sangat kurang memahami atau bahkan lalai dlm melaksanakan perintah agama. Sudah beberapa kelompok jama’ah yg saya ikuti, namun hati saya menolak untuk melanjutkan belajar dalam kelompok itu, hal itu dikarnakan dalam pemikiran saya, banyak yang terlalu berlebihan dalam kajiannya. Mohon petunjuk dalam pengamalan ibadah saya, sehingga saya dapat memahami apa yang sebenarnya harus saya lakukan sebagai ummat rasulullah saw. Semoga Allah SWT membalas amal baik saudara yang berkenan memberikan petunjuk untuk upaya saya mendekatkan diri dalam melaksanakan perintah islam. Amin.

    • Anonim

      cara perbaikan diri kita tidak ada lain jika kita benar benar mengamalkan sunnah Rasulullah saw sampai akhir hayat.,karna maunya Allah adalah sudah diterjemahkan melalui perbuatan perkataan dan arahan yang dicontpohkan baginda nabi saw dan kita musti paham bahwa agama memiliki 5 unsur : 1. IMANIAH 2.UBUDIYAH 3.MUAMALAH 4.MUASYARAH 5.AKHLAK Jika kita sudah mengamalkan 5 unsur agama ini dengan baik baru kita akan mendapatkan kehidupan yg baik dan tenang menghadapi hiruk pikuknya dunia dan di akherat kelak

  17. Ihsanudin

    HAI umat muslim d seluruh dunia… mari kita sama2 doa hidayah buat sodara kita cristian & tmn2nya agar kembali kpd agama yg HAQ DINNUL ISLAM. Krn pd hakikatnya seluruh umat manusia itu sudah beriman kpd ALLAH swt ketika di alam ruh.
    Hanya ketika mereka lahir ke dunia mengikuti agama ortu mrk. Maka tugas kitalah mengembalikan mrk kpd kodratnya yaitu beriman kepada ALLAH SWT. Dakwah kan kpd mrk kalimat TAUHID LAA ILAHA ILLALLAH.
    Itulah sebaik-baik perkataan kpd mrka jika kalian mengetahui.. bukan perdebatan/pertentangan.
    BAGINDA RASULULLAH SAW sebelum memerangi kafir quraisy trlebih dulu mengajak kpd ALLAHU RABBUL ‘ALAMIN. INSYAALLAH niat DAKWAH….

  18. ALAMYAH

    BUAT MAKOMI

  19. angga

    insyaALLAH 4 bulan ke negeri luar…

  20. ana sdah 1th ikut krja da’wah nmun ana msh blm bs brangkat 40hr tw 4bln karna msh ada muamalh yg blm brs, mnurt maulna ana hrus bgai mna?

  21. Insa allah ana berangkat bulan juni 2011 ke kalimantan barat

  22. Anonim

    ijinkan saya copy block ini

  23. Alhamdulillah Allah beri kesempatn pada kita yag hina ini utk ikut ambil bagian dlm kerja dawah kerjanya para nabi rasul smg kt istqomah dan tdk terlempr dlm usha ini aaamiiin

  24. alamsyah dpk2

    a

  25. alamsyah dpk2

    hidupkan 4 amal dakwa illah, talim wa talum, dzikir ibadah hikmat/ahlak.5kerja musawarah masjid &rumah , talim masjid&rumah, silaturahim harian, jaula&2, nisop 3hari setiap bulan.insya allah saya niat bagaimana dean anda

  26. gazzman

    ASALAM MUALAIKUM

    SEHARUSNYA KITA HARUS TERUSIN PENGORBANAN NABI KITA ROSULULLOH SAW
    DENGAN CARA MENGIKUTI AJARAN SUNAH ROSULULLOH SAW

  27. izin copas buat targhiban saya agar semangat berdakwah

  28. Anonim

    1.jgn prlihatkan ksulitanmu di hadapan mnusia.
    2.jk mnemui kesulitan sgera mngadu kpd ALLAH dan solat 2ka’at.
    3.buat amal mesjid skuat tenagamu.
    4.doa untuk orng kafir,ya ALLAH jk mrka akan engkau bri hidayah,mk segerakan lah dan jk engkau tdk bri HIDAYAH pd mrka maka segera lenyap kan mreka.
    5.kejakan amalan masjid,da’wah,ta’lim,dzikir,hikmat.
    dr sisa wktu itu bru untk mencri DUNIA (keperluan).
    6.dtnglah ke nizomudin dan taskil ke mewat.
    7.jgn km merasa orng indonesia,tp kmu adlh umat ROSULLULOH SAW
    8.sampaikan kpd siapapun di masjid2 kalian baik it orng tua atau anak2 tntang keyakinan hanya kpd ALLAH dan hidupkan SUNNAH.

    DUNIA SEMENTARA AKHERAT SELAMANYA
    “LAILA HAILAULOH”

  29. abrujal gnvantri

    insaalah niat 40 hari

  30. insya Alloh syech…niat 40 hr…mohon do’a….

  31. nikmat ibadah ktika keluar syech….

  32. tantonizamuddin

    Aslm alkm ww…salam kenal.
    Alhamdulillah kami banyak ambil ilmu dan manfaat dari blog ini.
    Mudah2an Allah ridha dan memberikan keberkahanNya kpd
    khususnya antum dan seluruh teman pekerja dakwah.
    Izin jg copy paste buat bekal ya…🙂
    Jazakumullah khoiron katsiron..
    Waslm..

  33. Anonim

    Alhamduuliillah telah kubaca
    Semoga bermampat untuk diriku dan kaum mislimin dan muslimat..

  34. wan

    YaAllah.. jadikan jemaah yang sedang begerak asbab hidayat seklian alam

  35. Allah hu akbar

    Doakan sya bisa keluar 4 bulan…..

    Amien

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: