Karguzari Dakwah Di Yaman 2

Segala Puji hanya milik Allah SWT semata, Sholawat serta Salam semoga senantiasa tercurah kepada Junjungan Kita Nabi Besar Muhammad saw., keluarga dan sahabatnya.

Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan Jazakumullohu Khoirol Jazaa’ atas informasi yang antum berikan. Ini sangat membantu sekali. Semoga ini bukan yang terakhir kalinya.

Mengenai informasi atau karguzari dakwah di Yaman khususnya Darul Musthofa memang saya sendiri belum begitu banyak menyampaikan kecuali hanya beberapa orang ikhwan saja. Dengan alasan bahwa, baik Darul Musthofa maupun kami semua pelajar yang notabene ‘Tabligh’ bisa dikatakn merupakan corak baru bagi Lembaga Pendidikan yang dituju oleh para pelajar ‘Tabligh’ ini.

Sebagaimana kita tahu bahwa dari kebanyakan para pelajar Indonesia yang sudah mengenal tabligh lebih bersemangat untuk belajar di Pakistan atau India. Ini semua karena pertimbangan untuk menjaga ‘Bi’ah Dakwah’ yang sudah dijalani.

Namun, tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang mempunyai ‘Himmah’ atau semangat belajar hingga berkeinginan untuk mendalami Madzhab Imam Syafi’i. Maka, Yamanlah yang menjadi tujuan untuk memenuhinya dengan alasan bahwa, Yaman merupakan negara yang masih kental dan kuat dengan ‘Syafi’i’ nya. Bahkan, dalam sejarahpun Yaman mempunyai peranan penting dalam penyebaran Islam di Indonesia.

Dari berbagai macam Lembaga Pendidikan yang berada di Yaman, Darul Musthofa yang masih begitu muda usianya dibandingkan dengan Lembaga Pendidikan lainnya.

Negara Yaman terbagi menjadi 2 Provinsi, Yaman Utara dan Yaman Selatan yang dinamakan dengan Hadramaut.

Di Yaman Utara ada beberapa Lembaga Pendidikan dan Universitas Islam bercorak Syafi’i seperti Universitas Al Yamaniyah dan Universitas Syar’iyyah Shona’a di Ibukota Yaman, Shona’a. Juga terdapat beberapa Universitas lain yang berfahamkan ‘Wahhabi’.

Di kota Hudaidah ada 1 Universitas Syar’iyyah Hudaidah dan Universitas Al Ahqaff. yang juga bercorak Syafi’i disamping beberapa Pondok Pesantren kecil di sekitarnya.

Adapun di Hadramaut ada Universitas Al Ahqaf cabang, Rubath Tareem dan Lembaga Pendidikan Islam Darul Musthofa.

Inilah beberapa tempat belajar yang menjadi sasaran para pelajar Indonesia yang hendak mendalami Madzhab Syafi’i. Hingga diperkirakan dari jumlah keseluruhan pelajar Indonesia berkisar 800 orang.

Ini karguzari sekilas tentang alasan dipilihnya negara Yaman sebagai tujuan untuk belajar.

Kedua, mengenai perkembangan dakwah secara keseluruhan Yaman merupakan negara di Jazirah Arab yang juga tidak luput dari ‘incaran’ Jama’ah Tabligh. Dakwah pertama masuk sejak 35 tahunan yang lalu. Bahkan pertama kali yang didatangi adalah beberapa daerah di Hadramaut. Kami mendengar langsung dari Al Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz bahwa, ayahanda beliau yang bernama Habib Muhammad bin Salim bin Hafidz sempat bertemu dan berinteraksi langsung dengan Jama’ah Tabligh yang kebetulan datang ke Tarim Hadramaut. Dan memberikan kesan yang baik kepada beliau (Habib Muhammad). Ini beliau (Habib Umar) sampaikan beberapa minggu yang lalu, ketika beliau meminta kami para ‘Karkoon Pelajar’ untuk berkumpul dan mendangarkan taushiyah beliau tentang pentingnya menjaga Amal Maqomi.
Dalam kalam beliau menerangkan dan menyebutkan bahwa dari sekian banyak orang-orang Tarim yang mengikuti dan bergabung dengan JT mereka begitu bagus sekali menjaga Amal Agama. Bahkan yang menjadi point besar adalah ‘mau memekirkan orang lain untuk amal agama’. Ini disebabkan kuatnya mereka menjaga Amal Maqomi baik di rumah maupun di masjid.

Ketiga, Tentang asal-usul Habib Umar mengenal dan mengetahui JT adalah dari apa yang saya ceritakan diatas. Selain itu pula beliau pernah belajar pertama kali di salah satu daerah di Yaman Utara yang bernama Baidho’. Di kota inilah beliau mengenal dekat tentang Jama’ah Tabligh bahkan beliau sempat keluar 40 hari seperti yang antum ketahui juga sempat menghadiri Ijtima’ di Pakistan. Mengenai tahunnya saya belum bisa memastikan. Namun, sampai sekarang beliau masih berhubungan dan berkawan baik dengan salah seorang penanggung jawab markas Mukalla, ibukota Hadramaut. Beliau bernama Syeikh Ali Ba’abbad. Beliau inilah yang mengajak Habib Umar untuk menghadiri Ijtima’ tersebut. Hingga saat inipun Syeikh Ali masih sering berkunjung dan bertatap muka dengan Habib Umar. Bahkan beliau sering diberikan kesempatan untuk ‘ceramah’ di depan semua pelajar dan pengajar.

Keempat, Perkembangan dakwah di Darul Musthofa baru saja dimulai 4 tahun lalu. Ketika seorang dari pelajar Indonesia yang bernama Mahmud dari Jakarta datang ke Darul Musthofa setelah menyelesaikan studinya di Mesir. Dialah yang menggerakkan semua ‘Karkun Senyap’ yang ada dan dari berbagai negara. Hingga terkumpul data nama-nama mereka sebanyak 50 orang dari luar negara Yaman saja. Dari sinilah dimulai gerak dakwah di Darul Musthofa hingga sambung dengan orang-orang markas terdekat. Sekembalinya Mahmud ke Indonesia yang hanya sempat belajar 2 tahun saja ini cukup membuahkan hasil yang memuaskan hingga sekarang terkumpul nama-nama yang sudah pernah keluar baik dari negara masing-masing atau baru mengenalnya di Darul Musthofa sebanyak 170 orang.

Mohon maaf, untuk sementara ini saya hanya bisa menyampaikannya sampai disini saja. Insya Allah akan saya lanjutkan di lain waktu.

Wassalam,
Mohon Do’a dan Tangis Malam

Khoirul Muttaqien Al Bantany

Categories: Laporan Dakwah | Tags: , | 15 Komentar

Navigasi pos

15 thoughts on “Karguzari Dakwah Di Yaman 2

  1. muhammad rizal

    Assalamualaikum wr wb
    Mohon bantuan informasi alamat lengkap Universitas Jamiah Darul Ulum di Hudaiadah – Yaman , berhubung kami kehilangan kontak dengan sodara yg saat ini melanjutkan study kesana
    untuk Infonya Kmi atas nama keluarga mengucapkan banyak2 terima kasih semoga Allah Swt membalas kebaikan sodara2 seiman
    sekian
    wassalamualaikum

  2. Abu Fadhlan

    Awal Tahun Hijriyah lalu (1-3 Muharam), saya dengar dari Ustadz Abdul Halim dr medan di Yaman ada Jord kawasan Arab, apa ada yang tahu informasinya.

    Jazakumullah

  3. salman al bt.sari

    Assalamualikum wr.wb alhamd.kita ummmat nabi saw.ummat yg satu,ummat yg terbaik, yg dilahirkanditengah2 manusia yg mempunyai tugas ammar maruf nahi mungkar maka atas perkara ini allah swt.utus para anbiya a.s utk satu perkara yg paling mulia yaitu agama,hari ini dan detik ini allah swt tdk utus nabi lagi tappi usaha nabi masih allah swt berikan kpd ummat islam maka apabila ummat ini jlankan ini usaha maka allah swt. muliakan ummat ini makka untuk belajar ussaha inni kita perlu korbankan harta ,waktu dan diri kita maka innsyaallah allh swt.akan berikan kita jalan2 hidayah dan agama islam akan berjaya dan sukksess seperti zaman rasulllah saw(khairu kurun) 19 pasti dan pasti insya allah ngge……..

  4. ALHAMDULILLAH
    MASYA ALLAH
    ASTAGHFIRULLAH
    INSYA ALLAH

    Salam buat temen2 di batusari

  5. IQBAL

    gimana cara yang mudah untuk khuruj kesana dan gimana caranya masuk ke pondok habib umar serta persyaratan apa aja yg harus di penuhi?

    jazakumullah qoblahu

    Admin :
    Yaman adalah negeri jauh maka syaratnya adalah pernah keluar 4 bulan ke India Pakistan Banglades dan sudah minimal satu tahun buat amal maqami. Untuk mondok ke sana silakan tanya kepada jemaah yang pernah keluar kesana… Atau datang langsung……

  6. ahmad

    saya ingin bergabung dengan saudara-saudara saya di medan, tapi saya tidak tahu markas jamaah tabligh di sumatera utara, wassalam …

    Admin:

    Saya belum pernah ke sana… Kalau tidak salah di Masjid India, Jalan Gajah untuk kota Medan.

  7. alhamdulillah……………kita umat nabi,umat yang satu,yang di beri tugas amar ma’ruf nahi mungkar.
    jangan lupa ya….hadir dan ambil takaza se jauh2nya,di ijtima indonesia bulan juli 2009,penting lo……
    ana azam india,pakistan,bangladesh.doakan ya……..

  8. Rizal to palopo

    Assalamu ‘alaikum.Wr.Wb! Bila benda paling indah didunia ini diletakkan dlm surga, mk ia akan jadi benda paling jelek. Ana maqami

  9. wanita tercantik di dunia bila duduk bersama dan bandingkan dengan bidadari ,ibarat manusia yang paling cantikk(bidadari)duduk dengan monyet{manusia tercantik dunia}maka jadikanlah istri kita sholehah agar jadi ratunya bidadari ,melalui program masturoh awal kita menjadikan istri yang sholehah.kita saling mendoakan yah……
    azam ke ipb.

  10. RIZAL TO PALOPO

    untuk Qomaruzzaman,
    Semoga antum dimudahkan segala urusannya, dan dipilih oleh Allah untuk bersuhbah dengan para masyaikh di India, Pakistan, &Bangladesh. 60% orang yang kesana adalah orang yang miskin. Jangan yakin dengan harta dan amwal! doa kita kepada saudara adalah doa yang makbul, jangan lupa doakan juga agar ana bisa satu jamaah dengan antum khuruj ke IPB sesegera mungkin. amiin

    ana maqami di Palopo, dekat Masamba,wassalam.

  11. semoga perkembangan dakwah dapat terus berkembang…
    apapun bentuknya, baik itu tarbiyah, tabligh, jamiyah..

    takbir..

  12. Subhanallah.

    Di daerah kami Dago, tepatnya di pesantren Al Madinah, beberapa santri sudah mulai dikirim ke TURKI.

    Syarat: hafal 5-10 juz Al Qur’an, dan faham ilmu nahwu shorof.

    Saya lupa detailnya, kemarin diberitahu oleh salah satu santri di sana.

    Mudah2an Allah ta’ala senantiasa memudahkan dan mengistiqomahkan kita dalam menjalankan usaha da’wah nubuwwah dan perbaikan diri ini. Amiin.

  13. Masfad

    ya pada donga dinonga ya. moga2 pd hasil maksud. sing penting “pertahankan aqidah ahlussunnah wal jama`ah!” oce….!!!

  14. Anonim

    BismillahirRahmannirRahim

    Asskm

    Tuan-tuan dan Puan puan yang mulia marilah kita sama-sama yang kecil, dhaif, sesat,banyak dosa, kerdil, bodoh dan tiada apa-apa sama-sama berdoa agar semuanya dapat mati beriman, husnul khatimah dan moga-moga Keamanan dilimpahkan di Nusaantara/ Kepulauan Melayu-Filipina, tersebar taufik hidayah keseluruh alam.

    Rabbana Atina Fiddunya Hasanah Wa fil Akhiratin Hasanah Wa kina Azabannar Amin
    Wsslm

  15. Sofyan Tanjung

    Insyaallah niat 4 bln IPB meski isteri masih suka caci maki tabligh krn sk tinggalkan keluarga. Smg Allah SWT menunjukinya jln yg lurus spt yg lau baca setiap sholat: ‘Ihdinasshiraatholmustakiim’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: