Perjuangan Jamaah Tabligh di Inggris Lawan Kampanye Anti Pembangunan Masjid

Jamaah Tabligh, komunitas Muslim di Inggris sedang bekerja keras meredam berbagai tudingan dan publisitas yang merugikan atas rencana mereka membangun masjid agung di Newham, London Timur tak jauh dari lokasi komplek penyelenggaraan Olimpiade yang akan digelar di Inggris tahun 2012.

Jamaat Tabligh menilai ketakutan publik dan informasi-informasi menyesatkan yang dipublikasikan di media-media massa tentang rencana pembangunan masjid itu, sama sekali tidak beralasan.

Sejumlah media massa di Inggris antara lain memberitakan bahwa pembangunan masjid tersebut belum mendapatkan izin. Namun pihak Jamaat Tabligh menyatakan akan menyerahkan pengajuan izin pembangunan paling cepat bulan September mendatang.

Untuk membantu meredam kampanye dan publisitas buruk terhadap rencana pembangunan masjid itu, Jamaah Tabligh bahkan sampai menyewa jasa Indigo perusahan jasa humas terkemuka di Inggris. Perusahaan ini membuat situs khusus dan membuat pernyataan yang dipublikasikan lewat situs You Tube dalam upaya meredam antipati publik terhadap rencana pembangunan masjid itu.

Salah satu media massa yang melakukan kampanye anti pembangunan masjid itu melalui email adalah tabloid Evening Standard. Sementara itu kelompok kiri British National Party dalam menggelar polling lewat internet dan mengatakan bahwa rencana pembangunan masjid itu, sejauh ini merupakan “simbol terbesar kolonisasi Islam di Inggris. ”

Penasehat Dewan Kota Newham Allain Craig yang juga anggota parlemen dari Aliansi Masyarakat Kristen, juga menjadi salah seorang politisi di Inggris yang menentang pembangunan masjid agung di Newham.

Warga Muslim mengecam sikap Craig. “Craig adalah seorang pengecut dan rasis, ” kata Faisal Hammad.

Warga Newham lainnya, Graham Hyde, melontarkan kecaman yang sama. “Para politisi seperti Craig bisa tega menjual ibu-ibu mereka demi beberapa baris berita di media massa, ” tukas Hyde.

“Saya malu dengan cara orang ini menimbulkan perpecahan. Dia harus di pecat dari kantornya, ” sambungnya, seraya menyatakan bahwa keluarganya yang non-Muslim tidak keberatan dengan rencana pembangunan masjid tersebut.

Walikota Inggris Ken Livingstone juga mengecam kampanye yang menentang pembangunan masjid itu. Ia menyatakan, kampanye itu adalah upaya untuk menimbulkan kebencian antara warga Muslim dan Non Muslim. Menurutnya, rencana pembangunan masjid di Newham merupakan tanda harmonisnya hubungan antara masyarakat beragama di Inggris.

Dalam cetak biru rencana pembangunan, masjid yang akan dibangun di atas tanah seluas 18 hektar ini, akan dilengkapi dengan fasilitas sekolah, arena bermain dan taman. Masjid agung ini diperkirakan mampu menampung 12 ribu jamaah.

Kampanye Hitam Jamaah Tabligh

Bukan hanya rencana pembangunan masjid saja yang menjadi target kampanye hitam media massa. Komunitas Jamaah Tabligh sendiri juga menjadi sasaran mereka.

Dalam artikelnya tanggal 21 Mei, surat kabar The Times menyebut Jamaah Tabligh sebagai salah satu “sekte Islam yang tertutup” dan “gerakan keagamaan ultra ortodok. ” The Times mengutip informasi yang diklaim berasal dari lembaga-lembaga intelejen yang menyebut Jamaah Tabligh sebagai organisasi yang mengajarkan ekstrimisme.

Tulisan itu dibantah oleh Abbey Mills Mosque Project yang mewakili Jamaah Tabligh. Mereka menyatakan bahwa Jamaah Tabligh adalah organisasi non politik dan melaksanakan ajaran agama dengan cara damai dan terbuka.

“Untuk itu kami membantah semua tuduhan yang mengaitkan kami dengan segala bentuk terorisme, ” kata juru bicara Abbey Mills Mosque Project.

Sosiolog dari Edinburgh Gerald Hewitt mengatakan, sangat mudah bagi media massa untuk melontarkan tudingan apapun pada Jamaah Tabligh, meski jamaah ini selalu berusaha menunjukkan bahwa mereka melaksanakan ajaran agamanya dengan cara damai dan secara pribadi, tidak berupaya mempengaruhi warga non-Muslim.

“Tidak bisakah orang menghormati hal ini?” tukas Hewitt.

Dalam berbagai wawancara, sejumlah pemuka umat Islam di Inggris juga membantah bahwa Jamaah Tabligh mengajarkan kekerasan dalam dakwahnya. Menurut mereka, kampanye buruk media massa terhadap Jamaah Tabligh merupakan bagian dari Islamofobia yang kini marak di Inggris.

Categories: Jemaah Tabligh | 9 Komentar

Navigasi pos

9 thoughts on “Perjuangan Jamaah Tabligh di Inggris Lawan Kampanye Anti Pembangunan Masjid

  1. Anonim

    You tube

  2. Anonim

    tolong publikasikan perjalanan jemaah tabligh di televisi

    • Jalan dakwah lewat media televisi, sama sekali bukan jalan nubuwah. Termasuk ngeblog, cuma iseng. Barang kali yang punya blog ini, masih segar 40 Hari-nya. Atau bisa jadi, cara hidmat sebagai bukti risau ummat. Jadi jangan pernah berharap ada yang mau publikasikan dari kalangan karkoon

  3. Anonim

    mereka akan kenal jammah tabliq ketika mereka mendatanginya,,,,ngapain ungkapin2 kebaikan,,,

  4. romli

    anda akan paham hanya dengan ikut mencoba keluar di jalan Allah tahap awal 4bulan.insya Allah sedia.

  5. yudi

    selama ini saya sholat dua kali setahun,yaitu idul fitri dan idul adha saja,setelah saya diajak khuruj selam 3 hari oleh jamaah tabligh,alhamdulillah sampai skrg saya tidak pernah sholat fardu di rumah; selalu di masjid berjamah,terima kasih jamaah tabligh, kalian adalah jamaah yang paling tulus yang pernah saya temui, semoga allah memberi pahala kepad kalian.

  6. Anonim

    jamaah tablik ,merekalah yang patut kita ikuti,berjuang di jalan allah,dengan tanpa kekerasan,lanjutkan perjuanganmu orang TABLIK,ALLAHU AKBAR,

  7. Anonim

    smoga jamaah tablik terus berjuang mengajak sesama muslim untuk kejalan kebaikan,dan membuat dunia jadi damai,by nasrullah ,tolis

  8. NASRULLAH

    TOLONG TENTANG JAMAAH TABLIK SERING DI PUBLIKASIKAN DI MEDIA TV

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: