Sesatkah Jamaah Tabligh

Assalammualaikum wr.wb.

Kemaren di Jakarta saya jumpa teman lama dan dia bilang dia punya blog yang mengumpulkan semua artikel yang telah dia copas pastaz abieez di blognya. Beliau eh dia sebut nama blognya http://attablighi.blogspot.com/ trus saya cari pake Google Blog Search. Ngga ketemu. eh,malah ketemunya masya Allah berjibun blog yang menjelek-jelekkan tablighi jamaat alias jamaah tabligh. contone kaya kiyek: syubhat Jamaah tabligh, Jangan berkumpul dengan jamaah tabligh, Jamaah tabligh: sesatkah?, Membongkar kedok jamaah tabligh dan masih banyaknya yang lain.

Setelah itu tak coba cari2 blog teman saya itu dan ketemulah yang kucari dan jumpa http://attablighi.blogspot.com/. selain itu masih banyak juga yang memuji usaha tabligh sebagai usaha yang haqq dan solusi dalam menghadapi keadaan ummat yang menyedihkan ini baca yang ini ya: Fenomena jamaah tabligh atawa yang ini Sekilas tentang jamaah tabligh dan laen2 cari sendiri di blog search ya..

Saya terus terang dan terang terus: sangat geli tapi juga sudah bosan membaca artikel di blog ato milis dari ikhwan kirom kita darijamaah salafy. apa ngga bosen ya menghujat jamaah lain dengan sebutan bid’ah dan khurofat yang mereka tulis di majalah dan buku2 mereka. masyaAllah. alhamdulillah. subhanallah . allohu akbar betapa mulia usaha jamaah tabligh setidaknya punya dua fado’il pada kasus ini:

(1) usaha tabligh dijelek-jelekkan saja bisa menjadi asbab rizqi bagi saudaranya yang lain. dengan penjualan buku dan majalah yang menghina dan menghujat tablighi jamaah para penulis ,penerbit,dan pengedarnya bisa mendapatkan rizqi dari Allah SWT. menghina amal mulia yang menyelamatkan ummat dari kemusrykan dan kebodohan bisa dapat rizqi,gimana kalo memuji amal tabligh? bisa beli pulau dan kapal pesiar ya?
orang tabligh korban harta, jual apa yang dimilikinya untuk menyelamatkan ummat sedang saudara kita menghujat bisa dapet rizqi banyak? betapa naifnya…kronisnya dan ironisnya…

(2) justru mempopulerkan jamaah tabligh. semakin dihujat, semakin banyak artikel yang ditulis di buku, website,blog, miling list ato siaran radio salafy smakin populerlah usaha dakwah. maaf2 sebagaimana usaha dakwah yang ditentang dihujat para penentangnya di zaman itu oleh para penentang (siapa ya???) justru membantu orang agar mau berfikir sebenarnya apa seh amal yang diusahakan oleh beliau Nabi SAW. untuk itu hujatlah sebanyak2nya maka usaha yang established ini tidak akan goyah dan makin berkembang ke seluruh alam ke seluruh manusia sampai akhir zaman.

saya kira tak berguna saya ungkap dalil disini bahkan dalail sekalipun karena pada hakekatnya kita berhadapan dengan orang yang cari menang dalam perdebatan bukan cari kebenaran. saya sudah mulai paham akan hakekat ini sejak saya berdiskusi via internet sejak tahun 2003 dan sejak para ulama mengajarkan akan ilmu-ilmu dasar usaha tabligh kepada kami.
sumber aslinya:

http://fay-ahmed.blogspot.com/2007/08/lucunya-ikhwan-kita-jamaah-as-salafy.html

Categories: Jemaah Tabligh

Navigasi pos

54 thoughts on “Sesatkah Jamaah Tabligh

  1. Ass.wr.wbr. klo boleh tanya…mas ini siapa? Boleh dong koita ta’aruf…foto yang dipasang kok saya kurang mengenal…klo mas Faisal…ah ndak…boleh dong saya tahu mase..siapa tahu kita bisa jumpa di markaz, di ijtima’ or dalam jama’ah intiqoli baik sebagai ansar maupun muhajir…emang sih, tulisan di atas itu memang tulisane mas Faisal…orang yang saya sangat kenal..

    salam buat Mas Fay…

    wasalam,.

  2. akbar

    mereka terselamatkan tidak sesat

  3. Saya Abu Alkayyis, tulisan2 ini memang bukan tulisan saya. Salam kenal juga mudah2an Allah mempertemukan kita.
    Rencananya saya akan buat sendiri tulisan2 di blog ini, tunggu saja.. Mudah-mudahan bermanfaat bagi pengunjung…

  4. Assalamu’alaikum wr. wb.

    Salam kenal dan Ukhuwah Islam

    Usaha Da’wah ini adalah pilihan dari Allah SWT, usaha da’wah ini berjalan di atas hati-hati manusia, sejauh mana dia mengorbankan diri dan hartanya di Jalan Allah SWT, maka Allah akan berikan kepahaman atas Agama Islam, Insya Allah korban lagi dan lagi sampai tiada lagi, smoga saudara2 kita yg muslim yg belum paham akan atas kerja Nabi, Insya Allah diberikan Hidayahnya…Amin…..sdh banyak orang yg menjelekkan usaha da’wah ini, tetapi setelah Allah pilih ‘dia’ makan ‘dia’ akan lebih semangat berkorban daripada orang yang ikut usaha dawah ini terlebih dahulu

    Wassalam

    Jawab :
    Salam kenal juga
    Terima kasih telah mampir ke blog saya. Bermula dakwah ini didukung oleh orang-orang lemah, setelah berkembang baru didukung oleh orang-orang terpandang, namun betapa besar pengorbanan orang2 kemudian yang terpandang tersebut, mereka tidak dapat mengalahkan orang2 awal dalam segi keutamaan.
    Contoh : Ada sahabat yang bernama Abu Hurairah ra dan Tufail ra, walaupun Abu Hurairah sangat terkenal dan banyak meriwayatkan hadits -setiap orang yang beramal dengan hadits Abu Hurairah dia juga dapat pahalanya- namun kedudukan Tufail lebih tinggi, karena Tufail lah yang menjadi asbab masuk Islamnya Abu Hurairah.

  5. Hanafie

    Anjing menggonggong, kafilah berlalu, kalau ada kritik atau hujtan apa saja, oleh siapa saja, di mana saja, dengarin aja, tapi terus bergerak dan bergerak, tambah korban harta dan diri pergi jauh lagi tambah jauh lagi ke seluruh alam, masih banyak yang butuh hidayah, masih 6 miliar umat Nabi Muhammad yang belum mengucapkan syahadat, doain saya supaya istoqomah dalam dakwah nubuwah ini

  6. Muhammad Amin

    walau bagaimana pun orang bilang ini & itu yang jelas Da’wah jalan trus.

  7. sukri

    assalamualaikum.

    sama-samalah kita berdoa pada Allah SWT supaya terus dipilih untuk keluar di JalanNya amin.untuk memberi hidayat , Allah boleh gunakan asbab selain dari manusia, tetapi alangkah ruginya, kita yang di beri akal tidak mahu jadi asbab untuk mengembangkan kalimah Allah di muka bumi ini. doakan ana shukri moga dapat keluar di jalan Allah 4 bulan.

  8. san

    Semoga usaha antum dibalas oleh ALLAH dengan balasan yang baik…jgn lupa memperdalam ilmu karena ilmu adalah landasan beramal.

  9. san

    Klo ada yang menuduh bid’ah…khurafat…syirik…maka lihatlah apa yang dikatakannya. Klo memang benar begitu…perbaikilah. Jika tidak, jawablah tuduhan itu dengan hikmah beserta dalilnya. Ambillah yang terbaik diantara 2 yang baik..

  10. Abdul Hasan

    Assalamu’alaikum Wr.Wb. Sedih rasanya hati ini,ketika sekumpulan orang yang menamakan dirinya pengikut salafush solih,tidak dapat memahami usaha dakwah yang dilakukan oleh kawan-kawan Jamaah Tabligh yaitu usaha dakwah yang pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat r.huma.Masya Allah,bagaimana Rasulullah akan mengakui mereka (orang-orang salafy-red) sebagai ummat Rasulullah,jika mereka membenci usaha dakwah ini.Dimana kecintaan mereka mereka terhadap Allah & Rasul-Nya ?? Akhir kata,semoga Allah Ta’ala tunjukkan jalan-jalan hidayah-Nya kepada mereka,orang-orang salafy.HIDUP UNTUK DAKWAH,DAKWAH SAMPAI MATI,MATI DALAM DAKWAH… ALLOHU AKBAR… Jazakallah Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  11. Agus Kurniawan

    Assalamualaikum.Wr.Wb…Salam dari jakarta….Broadcast TPI,

    “Dak’wah Sampai Mati , Mati dalam Dak’wah”

    Wassalamua’alaikum Wr.wb.

  12. agus bintoro

    Jika ada tantangan, terlebih dari saudara muslem,
    kita do’a yang baik-baik saja karena dia memang belum faham
    sambil introspeksi
    mungkin kita masih banyak kelemahan dalam amal
    kurang amal maqomi, nishob lewat, lemah tahajud, lemah baca quran, dsb.
    lalu kita lebih sungguh2 lagi dlm dakwah
    jutaan manusia di pelosok-pelosok dunia menunggu kita
    Kita doakan yg blm faham smg Allah SWT kasih hidayah
    dakwah-doa-dakwah-doa-dakwah-doa
    itu senjata kita dan para nabi terdahulu
    semoga kita mati dalam dakwah
    Amin.

  13. Bangunlah dari mimpi Saudaraku. Kembalilah kepada ajaran Islam yang lurus. Ibadah kepada Allah adalah bentuk tauqif, yakni tidaklah disebut ibadah kecuali ada dalil dari Al Quran maupun Assunnah yang shahihah. Berpegang teguhlah dengan keduanya, namun bukan dengan pemahaman Antum atau kelompok antum sendiri. Tapi dengan pemahaman para Shahabat ra.hum. Niscaya kita tidak akan tersesat selamanya. Tinggalkanlah ashobiah (fanatisme golongan) karena thaifah mansyurah adalah golongan yang bersama dengan Nabi saw dan para shahabatnya serta yang mengikuti beliau dengan bashirah (ilmu).
    Ingatlah firman Allah ta’ala : Pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu, dan telah aku cukupkan nikmatKu untukmu. dan telah Aku ridhoi Islam sebagai agama bagimu.

    Jawab :
    /// Jazaakallah Khair atas nasehatnya

    Amal Islam juga bukan dengan pemahaman WAHABY kan?

    Kami cuma YAKIN bahwa DAKWAH adalah JALAN HIDUP Nabi Muhammad dan Para Shahabat R.Hum dan kami sedang BELAJAR untuk menjadikan DAKWAH sebagai JALAN HIDUP.

    Semua kritik, nasehat, dukungan, atau halangan tidak akan membuat kami surut untuk terus belajar, Insya Allah.

    BTW, ngomong2 Thoifah Manshurah saya ada pengalaman :
    Ketika AMBON berkecamuk datanglah LASKAR JIHAD yang mengaku THOIFAH MANSHUROH banyak dikirim ke sana. Dari Jawa, sulawesi, ada yang masih kuliah, ada orang umumnya dikirim dengan dana yang kumpulkan dari berbagai sumber termasuk MEMINTA2 di PEREMPATAN JALAN kepada orang2 yang mereka ANGGAP AHLU BID’AH (tetap uangnya di terima), dangan memakai rekening dari BANK RIBA (saya tdk tahu apakah HALAL atau HARAM menurut ulama WAHABY), alhamdulillah saya juga kesana dengan rombongan DAKWAH, jika kami bertemu kami ucapkan SALAAM, namun tidak dijawab bahkan ada juga yang ketika saya beri salaam langsung membuang ludah dihadapan saya. Setiap ketemu saya dia kabur atau melengos….

    Di masjid HALONG saya buat program dengan teman2 namun pada sore harinya LASKAR JIHAD dari kebun cengkeh datang sekitar 100 orangan lalu setelah shalat maghrib langsung merebut mikrofon lalu buat TAKLIM yang membahas tentang DAKWAH ‘Ala MINHAJUL NUBUWWAH, isinya sih gak nyambung, intinya cuma mau bego2 in orang JT aja, kuping orang awam mungkin akan menjadi panas, tapi jemaah kami tidak terpengaruh dengan hal tersebut. Setelah Isya saya dan teman2 ada niat mau berta’aruf dan bermuzakarah dengan orang2 LASKAR JIHAD namun dideketin mereka langsung pada pulang lagi ke markasnya di kebun cengkeh. Alhamdulillah ‘ala kulli haal.

    Ada sebagian anggota LJ yang ingin pulang karena sudah lebih dari 1 semester meninggalkan bangku kuliah namun takut, lalu datang kepada JT minta ditemani sampai ke kapal PELNI karena banyak INTEL LJ yang mencegat anggota LJ yang akan meninggalkan “JIHAD” (tanda kutip) kecuali bagi yang sudah menikah setelah 4 bulan “JIHAD” boleh pulang (anehnya dulu mereka mengatakan BID’AH membatasi DAKWAH dengan waktu 4 bulan, mungkin baru ketemu dalilnya) sedangkan yang masih bujang tidak boleh meninggalkan medan “JIHAD” sampai perang berakhir.

    TAK LAMA KEMUDIAN (tidak butuh satu dekade)

    LASKAR JIHAD yang MENGAKU “THOIFAH MANSHUROH” di BREDEL dan DIBUBARKAN oleh pemerintah RI

    Apakah Wahaby = Thoifah Manshuroh ???

    DI TOLONG ALLAH ATAU DI TOLONG AMERIKA ???

  14. Ketahuilah Saudaraku, Masuklah ke dalam Islam secara kaafah, Janganlah engkau beriman kepada sebagian ayat-ayat Allah dan kafir kepada sebagian lainnya. Tuntutlah ilmu syar’i, karena dengan ilmu syar’i umat ini akan bersatu. Dan ingatlah persatuan itu bukan ada dalam kelompok. Sungguh para ulama salaf telah berkata, setiap muslim adalah bersaudara, tak peduli ada dinegeri barat maupun di timur, tak peduli ada dalam jamaah A atau B. Selama dia berpegang teguh dengan AlQuran dan Assunnah dengan pemahaman Salafushalih, maka dia dalam koridor thaifatulmansyurah (golongan yang selamat).

  15. Anonim

    Maulana Muhammad Ilyas rah.a. diantara pengikut dan penentangnya.
    Maulana Ilyas Bayna al Muayyidin wal Muta’ariddin.

    http://maktabah.aminudin.net/

    semoga bermanfaat.

  16. assalaamu alaikum,wr.wb. terus berdakwah,kobarkan tauhid laa ilaaha illalloh muhammad rosululloh. insya alloh kita akan selamat dunia akherat amiin.wassalam

  17. sekarang salafy wahabi bila berkomentar biarkan saja karena sekarang salafy wahabi terutama di JOGJAKARTA mungkin juga dari daerah lain juga sudah pada mau zikir lama-lama habis sholat wajib secara berjamaah di masjid , mengerjakan sholat sunnat ISROQ karena saya pernah didakwahi tapi saya biarkan dan saya dapat juga dalil-dalilnya , mengangkat tangan ketika berdo’a, mengerjakan sholat wajib berjamaah gelombang kedua

  18. mbaknani

    Do’a hidayah buat orang-orang yang belum paham, karena Allah lah yang memiliki hati. Allah bisa membolak balik hati manusia semudah membalik telapak tangan. Bila hidayah telah datang, maka hati yang sekeras Hindun pun tak kan mampu menolak kebenaran, Insya Allah.

  19. Ini buku baru dalilnya sholat berjamaah gelombang kedua yang judulnya ” HUKUM MENGULANG SHALAT JAMA’AH DALAM SATU MASJID ” Karya : Dr. Muhammad Thahir Hakim terbitan : Daar An-Naba

  20. Saya karkun Jogjakarta minta informasi detail Jord-jord/Ijtima di seluruh Indonesia

  21. Anonim

    Jord Ijtima Indonesia Insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 8,9-10 Agustus 2008 berlokasi di Bumi Serpong Damai.

  22. Abu Fadhlan

    Di Sumatera di Pasir Putih, Marpoyan, Pekanbaru Insya Allah tanggal 25 Juli 2008. Insya Allah niat keluar 40 Hr, tolong Doakan semoga Allah mudahkan dan 10000 Jam’ah dapat terlampaui tahun ini.

    Wassalamu’alaikum …

  23. ini fay-ahmed.blogspot.com udah pindah ke http://abudira.wordpress.com/ agak kaget saya my entry post di kopi pastas di sini. tapi ga papa sesama karkun harus saling ikrom dengan saudara salafy lebih harus diikrom karena mereka punya basic ilmu. yen ora nggo dakwah eman2,buddy…

  24. ijtima di jakarta tanggal 8,9,10 agustus ya saudara-saudara karkun?

  25. ummi hanif

    tiap khuruj selalu yang dibahas 6 sifat para sahabat Rasulullah ,tapi tabi’in yg hidup dijaman sahabat kok ngak tahu ? jangan 2 yg dimaksud oleh maulan Ilyas adalah sahabat beliau sendiri !.wah gawat nih.
    Para sahabat radhiallahu’anhum dlm memehami Al-Qur’an senantiasa mengembalikan pemahaman tentang ayat-ayat Al-Qur’an kepada Rasulullah walaupun mereka mengerti dan memahami bahasa Arab tenyunya.
    Mereka sangat takut jika mereka melakukan amalan yang tidak pernah diperinahkan oleh Rasulullah jadi tidak mungkin mengamalkan bid’ah.

    Sehingga terwujudlah persatuan dan persaudaraan didalam kehidupan mereka.
    sesungguhnya yang menimbulkan perpecahan dikalangan umat adalah penafsiran terhadap beberapa ayat Al-Qur’an yang tidak sesuai dengan penafsiran salafussholih. Bukan karena kita membahas ilmu masail .
    Kalau kita mau berda’wah (apalagi) yuuuuu kita dapatin dulu ilmunya ,METODE,ISI/MATERI dan KUALITAS DA’I harus ikut SUNNAH,tidak cukup semangat saja.
    JIKA YG BERJUANG ITU NABI ALLAH ,YG MENETAPKAN HATINYA ADALAH ALLAH DAN WAHYU TURUN MENEGURNYA,BILA TERJADI PEMBELOKAN DLM GERAK DA’WAHNYA .
    TAPI JIKA YG BERJUANG ITU MANUSIA BIASA , WAHYU APAKAH YG TURUN MENGINGATKANNYA ?
    YANG MENGINGATKANNYA HANYALAH MANUSIA YG INGIN MEMELIHARA ORISINALITAS DA’WAHNYA.
    TAPI MUSIBAH BESAR JIKA YG MEMBERI NASEHAT DIANGGAP SEBAGAI PENGHALANG JALAN DA’WAH.
    PADAHAL ANDAIKAN TIDAK ADA SI’PENGHALANG’ ITU ,MEREKA BISA TERJERUMUS SELURUHNYA KEPADA KEBINASAAN.

    Jawab :
    Ini sebagian atau keseluruhan…. yang tidak tahu tabi’in ???

    Benar kami selalu berusaha mencontoh sifat-sifat Rasulullah dan Shahatbat2 Beliau yang Mulia, karena Allah telah menjamin Keridhoannya kepada mereka R. Anhum dan siapa saya yang mau mengikuti mereka dengan ihsan.

    jangan 2 yg dimaksud oleh maulan Ilyas adalah sahabat beliau sendiri !.wah gawat nih. Ummu hanif yang pasti menginginkan kebaikan… sebaiknya anti tidak berburuk sangka karena berburuk sangka itu dekat dengan dosa.

    Untuk bid’ah semua umat Islam pasti berusaha menjauhinya, namun yang menjadi uslub dalam dakwah untuk menghilangkan bid’ah adalah dengan cara mempelajari, mengamalkan, dan mendakwahkan sunnah-sunnah Nabi sehingga perbuatan bid’ah yang sudah dilakukan sebelumnya bisa hilang dengan sendirinya karena sudah mengetahui sunnah Nabi.

    Untuk Ilmu Masa’il kita dianjurkan menuntut ilmu tersebut kepada ulama, namun ketika khuruj tidak dianjurkan untuk memperbincangkan masalah khilafiyah karena fiqh adalah masalah furu’ dalam Islam yang banyak terdapat perbedaan dikalangan ulama Islam sendiri.

    Untuk komentar anti yang terakhir… kami sangat senang diberi nasehat… Saya pun pernah diberitahu bahwa dakwah JT adalah bid’ah.. lalu saya minta kepada si pemberi nasehat bahwa saya mau belajar “dakwah sunnah” kepada beliau dengan mengikuti beliau dalam kesehariannya, namun sayangnya beliau tidak mau….

    Semua pasti ingin amalnya sesuai dengan contoh Nabi Muhammad apalagi amal dakwah yang demikian Agung ini..

    Ciri-ciri dakwah Nabi : a. Mendatangi umat tanpa diundang, b. Tidak meminta bayaran atas dakwahnya, c. Mengorbankan harta, diri, dan waktu, dan d. Berjamaah bersama dengan para shahabat.

  26. nabiel

    IZIL KALBU LA YU ‘ZIKA ILLA NIBAA HUHU FA DA’HU ILA YAUMIL QIYAMATI YANBAHU (apabila anjing itu tidak mengganggumu kecuali gonggongannya saja maka tinggalkan dia menggonggong sampai hari kiamat) KAFILAH TETAP BERLALU YA AHBAAB ..!! ANGGAP MRK ITU ANJING2 OMPONG.DAKWAH TERUS SAMPAI MATI DAN MATI DALAM DAKWAH INSYA ALLAH. MARNE-MARNE KARTAHE..KARTE KARTE MARNAHE..salam untuk Karkun2 seluruh alam dari Nabiel Hassan Mobarak karkun Lombok.

  27. Anonim

    Saya jd bingung huruj itu sesat pa nda yo?

  28. semoga Allah istiqomahkan kita dalam kerja dakwah tabligh

  29. Bedun Santosa

    6 Sifat itu sangat penting dalam kehidupan seorang muslim untuk menhindarkan Syirik, Bid’ah, Kemungkaran, kebodohan, kelalaian, egoisme, Riya dan kebakhilan.

    Justru yang nggak boleh itu sifat sombong bahwa kita sudah merasa berilmu.

    Untuk itulah kita terus belajar, memang ilmu syar’i itu apa saja? apa mulai thaharah sampai Faroidh? udah khatam belum? terus kapan diamalkan khan tergantung situasi kapan diperlukan? kalau enam sifat harus ada dalam diri kita setiap hari, dimana saja kapan saja.

  30. Bedun Santosa

    Saya jd bingung huruj itu sesat pa nda yo?

    Khuruj itu artinya keluar, kalau nggak keluar2 yo ngendog. emang pitik/ chicken.

  31. ipoenk

    maaf sebelumnya saya mo nanya nih, karena saya orang awam yg ingin mencari kebenaran…

    – “THOIFAH MANSHUROH” itu artinya apa ya?

    Setahu saya sich “THOIFAH MANSHUROH” bukan suatu golongan dan tidak bisa seseorang mengatakan dirinya sebagai “THOIFAH MANSHUROH”. Dan setahu saya juga seseorang bisa dikatakan sebagai “THOIFAH MANSHUROH” jika ia memiliki kelakuan seperti “THOIFAH MANSHUROH”, jadi seseorang tidak bisa dikatakan sebagai “THOIFAH MANSHUROH” jikalau dia tidak memiliki sikap, perilaku yg baik seperti yg sudah dicontohkan oleh Rasulullah saw, dan yg menilai seseorang itu “THOIFAH MANSHUROH” atau tidak bukanlah dari dirinya sendiri melainkan dari orang lain karena orang lainlah yg menilai sikap dan kepribadiannya sehari-hari.

    – bid’ah itu apa sih?

    saya pernah membaca sebuah hadist shohih dan memang saya lebih suka membaca hadist yg shohih di bandingkan hadist yg lemah maupun yg palsu…makna dari hadist itu adalah setiap bid’ah itu sesat dan itu memberi saya petunjuk bahwa tidak ada bid’ah yg baik, karena nabi saw berkata “setiap” bid’ah itu sesat, dan saya tidak mau menentangnya maupun berdebat tentang masalah ini karena takut terkena satu hadist lagi yg mengatakan bahwa nabi saw pernah bersabda:”Barang siapa yg berdusta demi namaku maka telah disiapkan tempatnya dineraka” kurang lebih maknanya itu…dan karena itulah saya juga sangat berhati-hati memilih dalil-dalil karena takut yg saya jadikan dalil bukanlah hadist shohih melainkan hadist dhoif (lemah) maupun hadist maudu (palsu).

    – jamaah Tabligh itu apa sih? ko bisa dibilang sesat? apakah ada salah satu ajarannya yg menyimpang dari assunnah? tolong beritahu saya dalil2nya ya ( dari sisi jamaah tabligh)?

    – salaf itu apa sih? ko bisa bilang jamaah tabligh itu sesat? memang jamaah tabligh terkena hadist apa yg membuat jamaah tabligh dianggap sesat (dari sisi salaf)?

    oh ya satu lagi klo bisa hadist2 yg dijadikan dalil2nya harus diberitahukan kedudukan hadistnya apakah itu hadist shohih atau hadist dhoif maupun maudu karena itu sangat berguna sekali bagi saya dan tidak hanya menggunakan dalil umum melainkan harus ada dalil khusus karena kita harus berhati-hati dalam menjalankan suatu ibadah yg tidak ada dasarnya dari agama islam…

    – setujukah anda jika saya katakan manusia yg paling tau cara beribadah yg paling benar dan yg hanya diterima disisi allah swt adalah Rasulullah saw??

    – setujukah anda jika saya katakan bahwa Rasulullah saw sangat mencintai umatnya dan tidak ingin umatnya masuk neraka??

    – setujukah anda jika saya katakan bahwa Rasulullah sudah mengajarkan semua yg terbaik bagi umatnya dan tidak ada suatupun yg tertinggal?

    Allah swt berfirman :”Pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu, dan telah aku cukupkan nikmatKu untukmu. dan telah Aku ridhoi Islam sebagai agama bagimu.”

    – yg disempurnakan disini adalah agama islam sajakah atau ibadah2nya yg sudah disempurnakan atau kedua-duanya sudah sempurna??

    – mencium alquran setelah membacanya adalah sunnah atau bukan?
    karena saya belum pernah menemukan suatu hadistpun maupun perkataan shahabat ra yg pernah melakukannya, hanya saja saya menemukan suatu hadist dimana shahabat nabi saw pernah mencium hajar aswad karena nabi saw telah mencontohkannya itupun shahabat berkata:” seandainya Rasulullah tidak melakukannya (mencium hajar aswad) pasti tidak akan ku lakukan (mencium hajar aswad) karena engkau hanya sebongkah batu hitam saja.”kurang lebih begitulah maknanya.Sangat berhati-hati sekali shahabat nabi itu ia hanya melakukan apa yg sudah dicontohkan oleh nabi saw…

    mungkin itu dulu pertanyaan dari saya, dan saya adalah seorang muslim yg awam yg tidak begitu paham agama sendiri (semoga allah swt mengampuni kita semua dari perbuatan yg sengaja maupun yg tidak sengaja kita lakukan), jadi mohon bantuannya ya!

    email saya:ipoenk_styler@yahoo.com

  32. di tengah suasana orang kafir ba’dzhuhum auliau ba’dzin bahu membahu membuat kerusakan dan fitnah yang besar di muka bumi seperti di al anfaal 72-74 kenapa ada upaya untuk memperbaiki ummat bukannya di dukung tapi malah dicela? saya kira kalo iman kita ga siap untuk islah li anfusina berkorban dengan amwaal dan anfuus jujur saja sama Allah. Ya Allah mera kamzoor iman hai…Ya Allah my Imaan is so weak…maka kuatkan iman saya…
    Allohumma inni as’aluka imanan kaamilaa wa yaqiinan sodiqo..wa amalan mutaqobala dan yang juga penting wa rizqon halalan toyiban mubarokah wasia’an sisan…:D

  33. Ping-balik: Sesatkah Jamaah Tabligh « My Ideas

  34. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

    Kalo browsing menggunakan kata tabligh, maka yang didapat sebagian besar memang kata-kata yang mas sebutkan di atas. Juga jika menggunakan kata IM, HTI, NU dll, hasilnya nggak akan beda jauh. Ambil positifnya buang negatifnya. Bukankah seharusnya kita bersyukur, dengan banyaknya kritik, celaan, hinaan, fitnahan dan ghibahan justru membuat kita mau berintrospeksi dan memperbaiki hal-hal yang memang kita yakini salah. Sementara para pengkritik, pencela, penghina, pemfitnah dan pengghibah mungkin saja justru tidak sadar dengan kekeliruannya, sehingga mereka sendiri yang rugi. Barakallahu fiikum.

  35. ipoenk

    maaf pak Abu Alkayyis, kira-kira kapan ya pertanyaan saya yg pertama dijawab….

    terima kasih….maaf sudah merepotkan anda….

  36. abdurrahman

    assalammu’alaykum ada berita gembira buat jama’ah indonesia

    sekitar tgl 18 juli 2008 temen saya dapat sms dari kakaknya di sulawesi, beliau katakan ada jamaah dari malaysia lagi khuruj di sulawesi dan bermimpi bertemu dengan Rasulullah SAW, Rasul pesan supaya da’wah ini lebih disebarluaskan dan salam buat jamaah indonesia

    lalu pada tanggal 20 ada ustadz lulusan al azhar Mesir yang sedang mudzakaroh dengan kami ketika kami lagi khuruj 3 hari, beliau terima sms dari temennya bahwa ada jamaah masturoh filipina lagi khuruj masturoh di India bermimpi bertemu Rasulullah SAW, pesan Rasulullah SAW salam buat jamaah masturoh Indonesia

    wa’alaykummussalam

    Jawab :

    “Wa Alaikum Salam wa Ala Nabi Muhammadin Shalawatu wa salaam”
    Ya Allah Ampuni Umat Muhammad.. Ya Allah Sayangi Umat Muhammad saw

  37. A BACH

    PARA MASYEICH PENDAHULU USAHA DAKWAH {orang menyebut jamaah tabligh} banyak bermimpi bertemu BAGINDA NABI MUHAMMAD SAW dan di beri arahan mimpi bertemu Nabi SAW adalah haq tidak perlu ragu dengan usaha ini terus berjuang kemaksiatan semakin merajalela saudara-saudara kita harus kita selamatkan, mari doa keseluruh umat untuk dpt hidayat,sesama muslim bahu membahu dalam dakwah semoga Alloh swt meridhoi

  38. Sholawat dan salam ke jungjungan Penghulu Nabi Muhammad SAW,saya berfikiran : Usaha atas iman ini kita harus mengajak semua orang Islam untuk dakwah wa tablig khuruz fe Sabilillah fil Alamin kpd semua orang di sluruh dunia .supaya selamat dari alam kubur,mahsyar ,hisab ,siraj.? Bilamana didunia ini tidak ada dawah dilakukan maka kelak bayi yg lahir dr rahim orang islam akan menjadi penentang2 agama islam ? tapi blmana dakwah dilakukan keseluruh alam , bayi yg lahir dr rahim bukan orang,akan menjadi pembela2 agama islam ? Maka kita harus koran harta , diri dan waktu utk dawah ke seluruh alam ,supaya umat manusia taat kpd Allah SWT dgn cara Rosulullah SAW Lakukan/amalkan dgn para Sahabat Ra Ajmain ? Wass.

  39. teguh

    assalamu’alaikum
    semoga Allah SWT. memberikan hidayah-Nya sampai akhir dzaman kepa para hamba-Nya.
    wassalamu’alaikum

  40. bang_ameL

    Assalammu’alaikum wahai umat nabi SAW
    Ane bang_amel dari selatan jakarta….. Halaqoh Jagakarsa…
    Ya alloh kumpulkanlah kami bersama baginda nabi saw di dunia dan di akherat.. dhohir dan bathin dengan tanpa kesusahanmu… Aamiin…
    Salam utk semua karkun di seluruh alam…..
    Doakan ane supaya segera berangkat ke IPB
    Buat yang belum paham usaha dakwah…. kita doakan supaya mereka diberi hidayah…. KELUAR DULU KORBANKAN HARTA, DIRI, DAN WAKTU supaya iman bisa dicapai….. Rasakan keluar 4 bulan atau 40 hari dulu biar kenal usaha dakwah…
    Ya alloh mudahkkanlah hidayahmu diseluruh alam…. turunkanlah hidayahmu diseluruh alam….. Kepada kami, keluarga kamu, teman2 kami, tetangga2 kami, kampung kami, negara kami, dan semua umat diseluruh alam… Aamiin…..

  41. jangan lah menyebut jemaah ni jemaah tabligh ato apapun itu ato pun orang orang mengaku dirinya sebagai orang salaf,hti,NU,muhamadiah dan sebagainya. kita ni umat nabi,umat yang satu umat rossulluloh SAW.sebutan2 itu memecah belah umat,itu sampah. yang membedakan cuma caranya, jemaah ni berkorban harta,diri dan waktu dan 8 asbab dalam alquran yang lain tidak. makanya mereka lebih mencintai Alloh dan Rosulnya dibandingkan yang lain dan lebih mencintai agama ni dibandingkan yang lain dan mereka lebih HIKMAH dibandingkan yang lain.wallohu

  42. Saudara-saudara, saya Firdaus dari Surabaya, saya mohon doa panjenengan semua, semoga tahun ini saya bisa khuruj lebih lama dan lebih jauh. Allahumma ‘nshurna wa laa tanshur alaina…

  43. Ridwan

    Kita umat nabi umat akhir zaman menyuruh pd ma’ruh mencegah dr yg munkar.
    Bagaimana satukan risau kita , fikir kita pada umat. bagaimana umat ini dpt amal agama dngn sempurna sprti yg di ajarkan Rosulullah saw!

    “apakah agama akan dikurangi sedangkan saya masih hidup ! ”
    dakwah maksud hidup
    hidup untuk da’wah
    mati dalam da’wah.

    LAILAHAILLALLAH !

  44. atikah

    Assalamualaikum wr.wb

    mas saya nggak bisa buka file/web nya ,can you help me?? send via email maybe?? buat dibagi-bagi-in ke teman teman didaerah yang didakwah kaum “tertentu”

    jazakillah

    atikah

  45. ridho

    Salam. Kepada semua harokah, carilah dalil untuk diri sendiri! kepada teman Salafi da’wah dengan ta’lim mingguannya cari dalilnya!
    IM da’wah dengan liqo’ dan pksnya cari dalilnya!
    HT da’wah dengan kajian dan demonya cari dalilnya!
    JT da’wah dengan khurujnya cari dalilnya!
    Cari dalil untuk diri sendiri supaya kita terhindar dari bid’ah apalagi membid’ahkan!

  46. Anonim

    Tidak ada perbedaan di antara saudara yang tertanam dihatinya kalimah LAAILAHAILALLAH MUHAMMADURASULULLAH,kecuali selepas pengajiannya semua pada bubar, ada yang merasa sudah amalkan agama dengan ikhlas,untuk keduniaan, menghujat saudara yang lain, dll.
    Apa bedanya dengan kaum yahudi dan nashrani menjelang Rasulullah diangkat menjadi rasul? Taurat dan injil masih dibaca mereka ketika itu, selepas itu mereka pun bubar.
    Ternyata ALLAH SWT. memilih sebagian besar kaum jahiliyah yang bergerak keluar sampaikan agama dengan nabinya yang tidak bisa baca tulis.
    Kita sekarang mau kaum yang menunggu atau kaum yang mendatangi, kalaupun ada yang menolak itu tidak jadi manfa’at atau mudhorot.

  47. mastoni

    Apabila dakwah dibuat : yang haq akan tegak dan kebatilan akan hancur, masjid-masjid menjadi ramai, rumah-rumah orang Islam akan ALLAH SWT jadikan (sejuk,damai, tentram) seperti rumahnya para sahabat Rasulullah SAW, orang kota orang desa yang tua dan muda baik laki-laki dan perempuan Islam akan terbiasa berbicara agama, dari rahim wanita-wanita kaum kafir akan lahir bayi-bayi yang akan membela agama ALLAH SWT, kaum-kaum yang kafir akan bersimpatik dengan orang Islam.

    Apabila dakwah tidak dibuat : yang haq akan hancur dan kebatilan akan tegak, masjid-masjid menjadi sepi, rumah-rumah orang Islam penuh dengan kemaksiatan, orang kota orang desa yang tua dan muda baik laki-laki dan perempuan Islam akan terbiasa berbicara tentang maksiat dan melakukan kemaksiatan, dari rahim wanita-wanita Islam akan lahir bayi-bayi yang akan menentang agama ALLAH SWT, kaum-kaum yang kafir tidak bersimpatik dengan orang Islam bahkan benci.

  48. amrulloh bin m.ishak

    Assalaamu’alaikum wr.wb
    bismillahirrohmaanirrohiim…
    Sesungguhnya Alloh SWT.telah meletakkan kejayaan,kebahagiaan,kesuksesan,hidup didunia yg sementara dan akhirat yg selama2nya hanya dalam amal agama yg sempurna,umat pada kurun waktu yg terakhir belum ada kekuatan utk mengamalkan agama yg sempurna ini,para sahabat ra.hum,mempunyai kekuatan untuk amalkan agama secara sempurna karena memiliki 6 sifat yg mulia,yaitu:
    1.Meyakini kalimat LAAILAAHAILLALLOH MUHAMMADURROSULULLOH.
    2.SHOLAT KHUSYU’ DAN KHUDU’
    3.ILMU DISERTAI DZIKIR
    4.IKROMUL MUSLIMIN(MEMULIAKAN SESAMA
    MUSLIM)
    5.TASHIHUNNIYAH(MELURUSKAN NIAT)
    6.DAKWAH DAN TABLIGH(MENGAJAK DAN
    MENYAMPAIKAN).

  49. Anonim

    Usaha atas Iman, ini lah yang di buat oleh Nabi saw keatas sahabat, jangan di pertikai kan usaha JT, yg penting akhir kalam kita…kerja ini teramat mulia, turun nya balaa,musibah di muka alam ini amalan org islam ndak betul.

  50. asda70

    JT adalah usaha mirip2 kerja Nabi saw. org islam kena satu hati, saya baru juga join dgn JT. Saya sudah Kuar kali kali. 3 Hari, tiada yang cacat dlm JT, malah hati saya tenang pabila duduk dlm majlis Taklim,Bayan fikir..dapat jaga amal berbanding di luar program. Dunia akan hancur,memang di cipta untuk di hancur kan, tapi insan di cipta untuk kekal selama lama, masuk syurga kekal selama lamnya, masuk neraka kekal selama lama nya. Nauzubillah minzalik. Kita di lahirkan untuk apa sebenarnya?.

  51. pernah datang 2 orang anak muda ahli salaf/salafi, datang ke markaz jl kebon jeruk jakarta, dari kejauhan dia menyeru orang2 yang ada di sana bahwa tabligh ini adalah sesat, kemudian istiqbal menyambut mereka dan membawa mereka ke ruang syuro, kebetulan ada ust Lutfhi di sana, dan Ust bagi mudzakarah kepada 2 anak muda itu:
    ditanya oleh Ust,
    “kalian bisa bahasa arab?”
    “tidak” jawab mereka
    “kalian hafal alquran?” tanya Ust lagi
    “tidak” jawab mereka
    “berapa ribu hadits yang kalian hafal?”
    “baru sedikit hanya beberapa” jawab mereka

    “lantas bagaimana kalian bisa bilang ini sesat sementara kalian tidak tahu apa2 mengenai agama, quran dan hadits?”

    akhir cerita Ust Luthfi menyuruh 2 anak muda tadi untuk pulang dan memanggil petinggi mereka untuk bermudzakarah, dan akhirnya mereka pulang dengan tangan hampa dan tidak pernah kembali.

    baiknya kita renungkan kepada orang2 yang menganggap sesat, sejauh manakah anda telah memahami Quran dan Hadits?
    kita tahu bahwa sesungguhnya orang2 yang telah mengorbankan diri dan harta sepenuhnya untuk agama, mereka itulah Ulama2 besar, Hafidz-Hafidz Quran dan orang2 yang telah diberikan kefahaman atas agama.

  52. wahyu

    Hujatan dan pujian sama saja gak usah didengerin, bukankah sudah sunatullah. Nabi aja yang jelas-jelas pembawa wahyu, juga banyak dimusihi.
    jalan terus pantang mundur.

  53. karkun

    sudah terbukti banyak jama’ah yang meninggal dunia bisa mengucapkan “Laa ilaha Ilallah”, jadi nggak dengerin omongan yang lain, karena mereka tidak bisa membuktikan kebenaran mereka.

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: