Melepas Kedok Jemaah Tabligh, Bagian 6 (yang belum tertulis)

APA YANG DIBUAT JEMAAH TABLIGH KETIKA MEREKA KELUAR DI JALAN ALLAH

Mereka menghidupkan amalan Nabi secara menyeluruh yakni Dakwah, Taklim wa Ta’allum, dan Tazkiyyah. Sesuai ayat :

Ya Tuhan kami, utuslah seorang Rasul ditengah-tengah mereka yang berasal dari diri mereka sendiri (yang tugasnya) membacakan ayat-ayat Engkau (DAKWAH), mengajarkan kepada mereka ALKITAB dan ALHIKMAH (Taklim wa Ta’allum) dan Tazkiyyah (Dzikir Ibadah dan Khidmat), Sesungguhnya Engkau Maha Gagah dan Maha Bijaksana (AL Baqarah : 129)

Doa di atas adalah doa Nabi Ibrahim ketika selesai membangun Ka’bah sehingga mereka katakan : Inilah amalan masjid yang diinginkan Ibrahim as.

Mereka membagi waktu khuruj dengan tertib sebagai berikut :

4 Jam untuk Dakwah, yang terdiri dari :

1. Jaulah Umumi, yakni jumpa seluruh orang kampung

2. Jaulah Khususi, yakni jumpa orang perorang sebagaimana kedudukan orang yang didatangi, misalnya : ulama atau umara.

3. Jaulah Taklimi, yakni mereka berkeliling untuk ajak orang kampung duduk di majlis taklim fadhilah amal yang mereka buat.

4. Jaulah Tasykili, yakni mereka datang ke tempat orang yang ada simpati setelah mendengar bayan-bayan (penjelasan) mereka.

5. Jaulah Ushuli, yakni mereka datang kepada orang yang niat keluar bersamaan dengan kepindahan mereka ke kampung lain.

4 Jam mereka gunakan untuk Taklim, yang terdiri dari :

1. Taklim Kitabi

2. Taklim Halaqah Al Quran

3. Taklim Enam Sifat

4. Mudzakarah Adab-Adab Sunah Sehari-hari

5. Taklim Infiradi, yakni membaca buku yang mereka bawa di luar amalan ijtima’i

4 Jam Mereka gunakan untuk Dzikir Ibadah, yang terdiri dari :

1. Sholat berjamaah

2. Sholat-sholat sunnah

3. Dzikir Pagi Petang

4. Sholat Tahajud dan Doa Hidayah dimalam hari

5. Tilawah Al Quran

6. Doa-doa masnunah

4 Jam mereka gunakan untuk Khidmat, yang terdiri dari :

1. Khidmat kepada Amir

2. Khidmat kepada Jemaah

3. Khidmat kepada orang kampung

4. Khidmat kepada diri sendiri

Semuanya menyita waktu 16 Jam. Sedangkan sisanya digunakan 6 jam untuk tidur dan 2 jam untuk MCK dan keperluan pribadi lainnya.

Apabila mereka keluar ikut tertib dengan iktu kepada amalan ijtima’I secara full, maka biasanya dengan izin Allah mereka mendapat Ishlah setelah pulang. Bisa jaga shalat berjamaah dan muamalah dan mu’asyarahnya menjadi lebih baik.

Kegagalan orang keluar di jalan Allah disebabkan mereka tidak ikut tertib sehingga tak ada Ishlah dan setelah itu sulit diperbaiki lagi dan jadi HIJAB bagi manusia lain untuk dapat Hidayah.

3 Perkara yang menyebabkan seorang sukses keluar di jalan Allah :

1. Keluar dengan mentaati Amir

2. Keluar dengan tertib di dalam Ijtimaiyyat

3. Keluar semata karena Allah SWT

Apabila orang keluar dengan 3 hal tersebut maka Allah akan beri kepada mereka 2 perkara :

1. Dicabut sifat binatang dari diri mereka

2. Doa mereka akan dikabulkan sebagaimana doa Nabi-Nabi.

Telah banyak bukti perubahan yang terjadi pada orang yang keluar di jalan Allah, mereka yang sebelumnya orang yang rusak agamanya atau sampah masyarakat. Preman, Koruptor, Bandar Narkoba, Artist Pejabat, Anak Menteri, Polisi, Tentara, dsb yang sebelumnya jauh dari agama, mereka kini menjadi Pendakwah, bukan hanya diri mereka baik tapi mereka juga fikir orang lain untuk menjadi baik.

Sehingga ketika Amir mereka Syaikh Maulana Muhammad Yusuf Al Kandahlawi Rah A dikritik orang katanya Jemaah Tabligh hanya Amar Makruf saja tak ada Nahi mungkar. Maka Beliau katakan : Hadits yang menyebutkan : “Jika kamu lihat kemungkaran maka ‘Fal Yughayyir’ yakni rubahlah bukan hancurkanlah maka lihatlah oleh kalian !! Perubahan hidup mereka dari maksiat kepada taat.

ENAM SIFAT JEMAAH TABLIGH

Yang menarik dari Enam Sifat Jemaah Tabligh merupakan ciri kas mereka yang tidak dimiliki oleh Harokah lain. Bahkan Enam Sifat seperti kode untuk membedakan mereka dengan yang lain. Untuk masuk Negara Israel misalnya kebanyakan gerakan Islam tidak boleh tetapi Jemaah Tabligh tak bisa dibendung kehadirannya di Israel karena mereka gunakan Jemaah yang berasal dari negeri yang ada hubungan Diplomatik dengan Israel yakni Singpura, Australia, dsb.

Untuk bedakan Jemaah Tabligh atau bukan maka orang Israel uji mereka di Bandara dan Perbatasan dengan SIX POINT / ENAM SIFAT.

Yang menakjubkan banyak ahli Jemaah mereka yang orang-orang Arab, Yordan, Yaman yang sebelumnya menganut WAHABI yakni yang tak mau menerima sesuatu yang tidak ada tuntunan dari AL Quran dan As Sunnah, ketika salah seorang ditanya kenapa terima Enam Sifat ? Mereka katakan bahwa Enam Sifat ada dalam Surat Thaha yakni pesan Allah SWT kepada Nabi Musa as sebelum dakwah kepada Fir’aun, Samiri, Hamman, Baslam, Qorun.

1. Sesungguhnya Aku Allah tiada Tuhan selain Aku maka sembahlah Aku

2. Dirikan Sholat untuk iangat Aku

3. Pergilah kamu dan saudaramu (Harun as) dengan ayat-ayat Ku dan jangan lupa untuk ingat Aku.

4. Berkatalah kepada Firaun dengan lemah lembut

5. Aku pilih engkau untuk diri Ku

6. Pergilah kamu kepada Firaun karena dia telah melampaui batas

ENAM SIFAT

1. Yakin terhadap hakikat kalimah La ilaha illa Allah

2. Shalat Khusyu’ wal Khudu’

3. Ilmu ma’a Dzikir

4. Ikramul Muslimin (Akhlaq terhadap orang Islam dan Adil terhadap orang Kafir seperti ucapan lemah lembut kepada Firaun)

5. Tashhiihunniyah (Amal Semata karena Allah)

6. Dakwah dan Tabligh

Lihatlah tuan-tuan point enam sifat di atas adakah yang ikhtilaf dengan Al Quran dan Hadits.

JEMAAH TABLIGH SELESAIKAN MASALAH UMMAT DENGAN AMALAN MASJID

Dari Surat Al Baqarah 129 terlihat doa Nabi Ibrahim di Ka’bah / di masjid memohon amal Nabi yakni : Dakwah, Taklim, dan Tazkiyyah. Hal ini untuk menghilangkan panyakit asal manusia yakni :

1. Takut kepada selain Allah karena ketika manusia hadir di dunia langsung berhubungan dengan kekuatan makhluk, sedangkan Allah menyempurnakan diri untuk uiji hambaNya.

2. Hidup dengan cara kebiasaan sendiri, karena untuk atasi keadaan hidup yang keras mereka usaha bagaimana bisa bertahan sehingga ketika berhasil maka diyakini sebagai cara hidup yang baik (adat).

3. Memakai hukum selain yang diturunkan Allah SWT, karena berhasil mengatasi persoalan hidup, maka dibuatlah menjadi suatu undang-undang.

Amalan Nabi berfungsi untuk :

1. DAKWAH untuk memasukkan Iman Yakin kepada manusia sehingga keluar kebesaran makhluk dan masuk kebesaran Allah SWT.

2. TAKLIM untuk mengenalkan cara hidup anbiyasehingga merubah cara hidup adat menjadi cara hidup secara Sunnah.

3. TAZKIYAH mensucikan kehidupan manusia dari dosa ketika jumpa dengan Allah. Di zaman Nabi penzina, pencuri, pemabuk datang kepada hukum Islam untuk minta disucikan. Sehingga hukum tegak bukan cari pelaku maksiat tetapi orang datang kepada hukum untuk tazkiyah.

Syaikh Ilyas Rah A katakan amalan masjid / amalan Nabi yakni :

1. Dakwah

2. Taklim wa Ta’allum

3. Dzikir Ibadah

4. Khidmat

4 Penyakit yang menjangkiti Umat :

1. Hubbuddunya (Cinta Dunia)

2. Bodoh dalam agama (Tidak tahu hukum)

3. Maksiat kepada Allah Ijtima’i (bersama-sama)

4. Senang berpecah belah.

Cara Pengobatannya :

1. Jadikan dakwah sebagai maksud hidup umat

2. Taklim wa Ta’allum

3. Dzikir Ibadah (Sholat mencegah Fahsya dan Mungkar)

4. Khidmat kepada orang Islam

PROGRAM JAULAH

Julah adalah tulang punggung Dakwah,karena semua anbiya’ mengadakan jaulah / keliling jumpa manusia. Jaulah merupakan kumpulan usaha / amal Nabi yang dikerjakan dalam waktu bersamaan, yakni : Dakwah, Taklim, Dzikir Ibadah, dan Khidmat.

Jaulah dibagi menjadi 2 bagian yakni : Di luar dan di dalam.

Di dalam masjid hidupkan amalan : Taklim dengan cara taqrir (menulang-ulang pentingnya amal agama dan kerja agama), Dzikir dikerjakan oleh seorang atau lebih mudzakir, dan khidmat dikerjakan oleh seorang atau lebih istiqbal.

Bagian yang di luar : Dalam surat Yasin diceritakan tentang jaulah Habb Annajar dimana beliau disyahidkan saat buat jaulah.

Tatkala Kami utus dua orang (Mutakallim dan Amir) QS Yasin : 14

Maka Kami kuatkan dengan yang ketiga (makmur) QS Yasin : 14

Dan datanglah seseorang dari pinggiran kota dengan tergesa-gesa (Dalil) QS Yasin : 20

Dengan dalil yang kuat serta adab-adab yang tinggi maka jaulah merupakan asbab hidayah bagi manusia, banyak orang yang terkesan dengan cara jaulah ini. Mereka datangi para pemabuk, rumah orang kaya, orang miskin, orang sakit, orang lapar, dll tak kesan dengan keadaan mad’u nya.

Adakah cara dakwah yang lebih haq, lebih hebat dari ini. Suatu cara dakwah yang sudah teruji di Al Quran menghantarkan Habib Annajar menjadi Mukromin. Bukan dakwah uji coba !!

Kebodohan seorang ustadz ketika menghujat Jemaah Tabligh, ia katakan : Maulana Ilyas Rah A kerja dakwah pertama kali di India dimana negeri yang mayoritas Hindu. Pendeta mereka di sana biasa datangi umatnya dengan datang ke rumah-rumah, maka Maulana Ilyas Rah A ikut-ikutan cara pendeta Hindu datangi orang dari rumah ke rumah. Anehkan? Ada ustadz tidak tahu kalau Nabinya Dakwah datangi manusia dari rumah ke rumah.

About these ads
Categories: Jemaah Tabligh | Tags: , ,

Post navigation

72 thoughts on “Melepas Kedok Jemaah Tabligh, Bagian 6 (yang belum tertulis)

  1. teruskan usaha dakwahmu, moga allah redho…..

  2. syekh yusuf

    jgn hanya dakwahkan orang lain coba dakwahkan diri kita sendiri dengan belajar sifat ketuhanan (ilmu Usuludin) memperbaiki keimanan kita kepada allah swt.
    semoga dengan berdakwah kepada diri kita sendiri moga – moga bisa merubah keimanan kita

    • Anonymous

      ass ww, maksud da’wah adalah memperbaiki diri dengan selalu mendakwahkan kebesaran Allah kepada oran lain, sebagaimana yang telah di contohkan oleh Rasulullah beserta sahabat2nya.belajar ilmu usuluddin itu harus,tetapi hy duduk dlm majlis ilmu tidaklah akan masuk hakikat dari pada ilmu iman itu….tetapi cara mendapatkan sifat iman hrs dilapangan, bertemu dengan manusia untuk i’laikalimatillah…kalo mmg saudara “RIJAL” anda seharusnya turun langsung bertemu dengan umat (Ulam, awam, preman, petani dll) untuk samapikan LAAILAAHAILLLALLAH…MAKLUM ANTA???

  3. syekh yusuf

    Kepada karkun-ku

    belajarlah ilmu yang lain jgn hanya belajar di masjlis tabliqh saja karena bagi orang islam ada 3 perkara :
    1. Ilmu usuluddin (Ilmu Tauhid)
    2. Ilmu Fiqih
    3. Ilmu Tasauf

    saya melihat di majlish tabliqh ini setiap jamaah tidak mau mendengar ceramah ustadz selain ustadz majelis tabliqh.

  4. Syahid Wanabi

    To : syekh yusuf

    masa sih syekh..?

    Karkun2 yang saya temui selain menganjurkan untuk belajar ilmu keutamaaan amal, juga selalu menganjurkan untuk belajar masa’il (ilmu-ilmu fiqih) ke ulama-ulama/ustadz-ustadz disekitar. Bahkan hal tersebut merupakan anjuran yang sangat sering di mudzakarahkan.

    Bahkan tiap minggu ada program kunjungan ke ulama-ulama/tokoh-tokoh agama di masyarakat kampung di tempat tinggal masing-masing atau kampung tetangga untuk silaturakmi dan menanyakan masalah-masalah dunia dan akhirat yang belum dipahami. Dan hal tersebut benar-benar diprogram dan tercatat hitam diatas putih setiap harinya ketika musyawarah.

    Nampaknya ustadz-ustdz sekarang ini yang kurang atau jarang berkunjung ke umat. Padahal tidak semua umat mau diajak kemasjid atau ke majelis-majelis pengajian dengan alasan yang beragam, dari yang bilang baru sibuk sampai yang bilang ada acara lain (yang lebih penting).

    Sekarang bagaimana dengan ustadz-ustadz yang lain? apa pernah menganjurkan murid-muridnya untuk belajar juga mengorbankan harta diri, dan waktunya untuk untuk peduli dengan tetangga-tetangga yang ngakunya Muslim tapi tidak pernah sholat? Apa ada tindakan-tindakan konkrit yang telah anda lakukan? kalau sudah ya syukur..

    Sehingga kita tidak sekedar berani ngomong lewat di internet saja, tapi kalau dirumah sama tetangga2 tidak ada kepedulian.

  5. To syeikh yusuf:

    Assalamualaykum syeikh, semoga Alloh melimpahkan rohmat dan kebahagiaan pada diri syeikh, keluarga dan murid-murid syeikh..

    Tuan syeikh, perkenankan ana yang dhoif ini memberikan sedikit gambaran sedikit tentang usaha dakwah dan tabligh ini..Tuan syeikh yang mulia, perlu tuan syeikh ketahui dalam usaha dakwah dan tabligh ini bercampur baur antara orang awam, bodoh, mantan preman, dukun, artis, pelajar, kaya, miskin, alim, ulama, dsb…Banyak juga dianatara mereka yang masih awam dalam masalah agama, sehingga kadang dalam pengamalan agama masih nabrak sana sini..Dan tidak bisa dipungkiri juga, banyak dikalangan mereka para alim ulama, hafidz, ustadz dan para terpelajar/cendekiawan..Namun seiring dengan mujahadah mereka, kesungguhan mereka, tekad untuk selalu memperbaiki diri mereka, dan dengan berinteraksinya mereka dengan para ulama, alim dan para hufadz insyaAlloh hal tersebut lambat laun akan berubah..Ada suatu cerita bagaimana ketika seorang bapak yang tadinya gak bisa baca alquran, namun alhamdulillah beliau sekrang sudah bisa baca alquran dan keenam anaknya menjadi hafidz alquran semua..

    Dalam usaha dakwah dan tabligh selalu dianjurkan untuk selalu memuliakan alim ulama dan para ustad dan mengambil manfaat dari mereka semua..Selalu ditekankan hal tersebut, bahkan ketika pulang dari khuruj hal tersebut ditekankan sekali untuk selalu mendatangi majelis-majelis para alim ulama untuk mendapatkan manfaat dari beliau-beliau..namun kadang karena berbagai ragam sifat orang ada dalam usaha dakwah tabligh ini tidak sedikit pula yang fanatik berlebihan sehingga akibatnya seperti yang tuan syeikh utarakan. Namun insyaAlloh, seperti yang saya utarakan diatas yaitu dengan semakin mujahadah mereka, kesungguhan mereka, dan peran dari para alim ulama dengan anjuran-anjurannya yang mulia, insyaAlloh hal tersebut lambat laun akan berubah..

    Tuan syeikh yang mulia, sebenanya apabila kita mau menilik keadaan umat sekarang ini maka sebenarnya apa yang tuan syeikh gelisahakan tidak hanya pada usaha dakwah dan tabligh saja..Banyak juga dikalangan misalkan saja orang-orang NU, maka mereka akan lebih suka untuk datang kemajlis-majelis ilmu yang condong ke ustad-ustad NU. Begitupun dari pihak yang lainnya, seperti Salafi, HTI, PKS, Muhammadiyah, dan lain-lainnya..Hal tersebut tidak bisa dipungkiri..Orang yang bermadzab syafii, maka mereka akan lebih suka untuk duduk di majelis para ustad bermadzab syafii. Begitupun juga dengan lainnya, maliki, hanafi..Namun, insyaAlloh dengan peran sertanya para alim ulama dan dengan keluasan ilmu mereka, petuah-petuah mereka yang mulia, serta kedekatan mereka dengan umat, insyaAlloh kekurangan dari hal tersebut dapat diminimalisir…

    Ana yang dhoif minta doanya dari Tuan syeikh yang mulia…
    Abdul fatah

  6. syekh yusuf

    syahid wanabi jgn ambil emosi dulu

    saya karkun Majelis tabliqh di kabupaten langkat (SUMUT) yang bermarkaz Jabal Munawarah simpang tiga susu mau ke banda aceh.

    tapi saya selalu kesal dengan kawan saya yang selalu menang sendiri dalam mudzakarahnya, dia bilang ngapain belajar ilmu tauhid disini kan ada semua.

    udah jelas majelis tabligh ini mau menang sendiri dalam bentuk belajar, dia selalu mengajak saya keluar untuk belajar, sedangkan dia sendiri nggak mau saya ajak belajar ilmu tauhid terutama belajar (Ilmu Usuluddin) artinya periksa balik iman kita.

    jgn sampai – sampai anda seperti diatas, ngajak orang harus mau, tapi diajak tidak mau itu namanya keras kepala.

  7. Syahid Wanabi

    To Syekh yusuf

    Ooh.. jadi begitu yang ditemui di sana ,

    Sabar ya syekh , semoga lain hari ketemu karkun lain yang mau di ajak belajar bersama syekh.. amin..

    Sambil kita sama-sama latihan memperbaiki cara mengajak kita.

    Ulama mereka yaitu Syaikh Sa’ad pernah bagi penjelasan bahwa kalau kita mengajak orang maka niatkan yang utama untuk memperbaiki diri sendiri, jadi ketika yang diajak tidak mau, maka kita tidak akan marah.
    Karena kalau niat mengajak kita sudah salah (mengajak orang lain untuk memperbaiki orang lain dan lupa niat untuk memperbaiki diri) maka kita akan mudah putus asa atau mungkin marah dan jengkel ketika yang kita ajak menolak ajakan kita.

    Pernah dapat mudzakarah juga dari seorang karkun bahwasanya yang lebih dekat dengan mulut kita adalah telinga kita sendiri, sehingga harusnya ketika kita mengajak lebih membekas kepada diri kita sendiri.

    Makanya dalam point enam dari sifat para sahabat RA.hum salah satunya yaitu “memperbaiki/membersihkan niat” fungsinya untuk mengingatkan kembali tujuan-tujuan kita mengajak dan beramal shaleh.

    ada salahnya saya mohon maaf.

    Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarkatuh.

  8. syekh yusuf

    to syahid wanabi

    yang anda bilang itu tadi bukan untuk karkun, tapi hanya untuk orang yang bukan majelis tabligh, yang saya bilang ini hanya untuk karkun, kalaulah kita diajak orang untuk belajar agama janganlah sampai nggak mau, karena ilmu agama islam bukan hanya di majelish tabligh saja.

    karena ilmu ada 3 perkara :
    1. Ilmu usuluddin (Ilmu Tauhid)
    2. Ilmu Fiqih
    3. Ilmu Tasauf

    sudahkah anda mengenal tuhan anda
    kalau belum pelajarilah, dan carilah guru ilmu tauhid (awaluddin makrifatullah) sifat – sifat ketuhanan yaitu sifat 20 (dua puluh).

    kepada karkun janganlah terlalu simpatik sekali dengan satu majelis saja.

    saya yang peringatkan lagi kepada karkun di majelis tabligh ini untuk menghormati guru – guru ilmu tauhid karena ilmu kita tidak seperti ilmu (mengetahui) ALLAH. periksalah balik (Usuluddin) iman kita sampai dimana iman kita.

  9. andy

    Jadi ceritanya syekh yusuf ini sudah mantap ma’rifatullah nya ya?

    Kalau juga masih belajar ma’rifat , mengapa juga jengkel liat kelemahan orang lain?

    Interospeksi saja rasa hasad di hati kita masing-masing. Semoga amal-amal kita tidak dimakan seperti api memakan kayu bakar.

    Tapi tetap khusnudzon ya.. tak usah kesal dan jengkel kalau keinginan tidak selalu terpenuhi, itu namanya latihan mujahadah terhadap napsu.

    Bagi yang beraliran “sufikob” alias suka film bioskob, kurangi nonton film2 yang tidak bermanfaat. ganti dengan banyak2 dzikir dan da’wah memperbaiki diri.

  10. Anonymous

    Assalamualaikum.

    Tuan Sheikh Yusuf. Usaha tuan mengajak para karkun belajar ilmu2 yang tuan sebut itu adalah bagus. Namun apabila ajakan tuan itu tidak diambil perhatian oleh para karkun, eloklah tuan berdoa kepada Allah agar melembutkan hati para karkun itu. Bukan semua manusia sama. Ada yang mudah menerima, ada juga yang keras. Tugas tuan mengajak kepada kebaikan telah terlaksana. Tuan tidak akan dipersoalkan lagi nanti. Cuma sebagai tanda kasih kepada saudara seagama, eloklah tuan berdoa untuk mereka. Doakan agar mereka lembut hati, mantap iman, diredhai Allah dan dimasukkan ke dalam syurga. Doa-doa begini akan membuat tuan lebih memahami mereka nanti. Saya telah mengamalkan perkara ini dan hasilnya amat memberansangkan. Segala perasaan buruk saya terhadap saudara seagama hilang sama sekali. Cubalah…

  11. syekh yusuf

    andy yang terlalu keras kepala jgn terlalu simpatik kepada majelis tabligh mu aja.
    sudah mantapkah iman mu ?
    kalau belum mantap iman mu jgn terlalu kepala ! dibilangin koq ngeyel memang keras kepala lho !bisa buat masuk surga ! yang bisa buat masuk surga bukan majelis tabligh !

  12. Sasuke Hati

    To Syekh Yusuf… (Gak Pantas pakai Titel Syekh…)

    Yang gua tau… kata2 seperti ini biasanya keluar dari mulut orang yang diantaranya belum mampu menjaga Solat 5 Waktu dengan Berjama’ah diawal waktu (Introfeksi Boss)

  13. syekh yusuf

    sasuke hati
    gue orang karkun JT tapi gue mau nurut kalau diajak orang ngaji (belajar agama), bukan kayak JT kalau diajak belajar agama sok patent, dia pikir dengan keluar dijalan Allah dialah nomor satu

  14. danu

    emgnya gua kagak,
    gue karkun tp gw ngaji masail dimana-mana.

  15. syekh yusuf

    danu kamu jgn belajar hanya ilmu masail aja kamu harus belajar ilmu yang 3 perkara :
    1. Ilmu usuluddin (Ilmu Tauhid)
    2. Ilmu Fiqih
    3. Ilmu Tasauf

  16. Abdurrahman

    Kita jangan merasa pndapat kita paling betul

  17. Abu Fadhlan

    Di halaqah mana syekh yusuf di Brandan?

    Alhamdulillah saya kalau pelajaran Ilmu Tauhid sudah lulus waktu SMP dan SMA juga beberapa buku2 Tauhid, juga Fiqih ( dari Thaharah s/d Faraidl) hanya mengamalkannya yang belum. Salah satu ilmu Fiqih buang air kecil baru saya ‘amalkan setelah ikut khuruj.

    JT yang mana maksud syekh yang nggak mau belajar masail, ya salah karkunnya bukan usaha da’wahnya, makanya hadir syekh di pertemuan2 Jord/ Ijtima’ agar tahu tertib usaha da’wah.

    Semoga Allah terima pengorbanan syekh yusuf dalam usaha nubuwah dan digunakan harta diri dan waktunya di jalan Allah ke seluruh penjuru bumi.

    Sampai jumpa di Jl. Gajah Medan

  18. syekh yusuf

    Abu Fadhlan jgn terlalu Fanatik kali ya !

  19. Syahid Wanabi

    To : syekh yusuf

    Itu ditanya sama Abu Fadhlan,

    anda dari halaqah mana syekh?

  20. Abu Fadhlan

    Jazakallah Syekh Yusuf atas nasihatnya, lagi kurang josh nich mohon banyak targhib syekh

  21. syekh yusuf

    jgn kamu tanya saya di halaqah mana!

    dulu saya josh (semangat) karena kurang ajarnya kawan saya yang satu majelis yang sok ilmunya paling pintar sedunia.

    dia pun berdebat dengan saya akhirnya pun dia keluar dari majelis tabligh dan tidak mau bergabung lagi. ini bukti dan nyata

    jgn sok-sok kali ya menasehati orang – orang yang eks majelis tabligh, kamu koreksi dulu iman mu baru kamu bisa koreksi iman orang.

  22. kepada tuan syekh yusuf:
    terimakasih atas nasihatnya kepada para karkun semua, karena sesungguhnya agama ini adalah nasihat..Semoga kelak apa yang anda harapkan bisa dikabulkan Alloh Ta’ala..amin

    Dan kepada para karkun semua, nasihat yang baik bisa datang dari manapun, maka sudah seyognyaya kita berlapang dada dan menerimanya dengan baik, sebagaimana pelajaran yang didapat oleh seorang sahabat nabi dari bacaan ayat kursi yang mana malah pelajaran/hikmah tersebut dari syaitan..Padahal kita tahu sendiri syeitan itu tukang bohong, tukang tipu, mau menang sendiri, sombong, dll..

    Sesungguhnya kepahaman hanyalah milik Alloh Ta’ala, dan sudah selayaknyalah kita banyak memohon kepada Alloh Ta’ala, semoga Alloh berikan kepahaman agama yang mulia ini kepada kita semua, Allohumma faqihna fiddin..amin

    Suatu syair berbunyi: Pandangan ridho/senang selalu tumpul terhadap setiap aib, sedang pandangan benci selalu membongkar keburukan.”

  23. :) semoga Allah SWT menerima pengorbanan id : syekh yusuf.

  24. mang ucup…

    sebagai karkun sejati saya berterimakasih atas nasihatnya, :D
    btw klo saya mo belajar ilmu yg seperti disarankan mang ucup untuk di jakarta ini dimana ?

    di tunggu ya infonya

    Wassalam

  25. Syahid Wanabi

    Semoga amal-amal syekh yusuf dikemudian hari mampu membahagiakan hati orang-orang beriman. Amin..

  26. iya, di jakarta/bekasi dimana mang ucup saya mau belajar nih bareng sama mang antonseno

  27. Abu Yahya

    Ada seorang Ulama mengingatkan Sulthan Harun Al Rasyid dengan keras. Maka Harun Al Rasyid berkata: Engkau tidak lebih baik daripada Musa dan aku tidak lebih buruk daripada Fir’aun, namun ketika Alloh memerintahkan Musa berdakwah kepada Fir’aun, Alloh SWT perintahkan untuk berdakwah dengan kelembutan.

  28. syekh yusuf

    Mohon maaf kepada semua karkun dan JT di seluruh indonesia.

    udah sampai disini perbincangan kita.

    terima kasih atas saran dan nasehatnya yang diberikan kepada saya
    selamat berjuang di Jalan Allah.

    atas nama Karkun Pangkalan Susu.

    Admin :

    Salam juga buat semua Pegiat Dakwah Nabi. Semoga Allah satukan Hati-Hati kita sebagaimana Allah telah satukan hati kaum Muhajirin dan Anshar.

  29. Haitan Rachman

    Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

    Ilmu itu seperti lautan samudra yang luas dan dalam. Semakin didalami akan menambah kehausan untuk lebih mendalami. Ilmu akan memberikan jalan kita beramal, dan iman menambah kita mampu untuk beramal dengan ilmu itu.

    Mudah-mudahan kita dapat meningkatkan jiwa tholab kita, dan kita juga untuk terus berusaha mengamalkannya dan mendakwahkannya.

    Haitan Rachman
    http://usahadawah.com (Madrasah Da’wah dan Islam)
    http://jamrud.com (Jamrud.NEWS, Berita-Berita Indonesia)
    http://kolom.jamrud.com (Kolom Pakar Indonesia)

  30. @mang ucup,

    sama2 kang ucup saya juga minta maaf,

    klo mang ucup mau sharing lagi silahkan,

    sesama kita harus saling menasihati dengan cara yg baik :)

  31. andy

    2 ciri Umat Islam yang bisa memusnahkan bani Israel

    – Merajalela dikampung-kampung
    – Memasuki masjid-masjid

    Dulu Bani Israel (Sekarang Jadi Orang2 Israel/Yahudi) pernah dikalahkan satu kali, kini tinggal menunggu dikalahkan lagi oleh Hamba-hamba Allah yang merajalela dikampung-kampung dan memasuki masjid.

    QS. Surat Al Isra (17) ayat 4 – 7:

    ” Dan telah Kami tetapkan terhadap Bani Israel dalam kitab itu: “Sesungguhnya kamu akan membuat kerusakan di muka bumi ini dua kali dan pasti kamu akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar.”

    Maka apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) pertama dari kedua (kejahatan) itu, Kami datangkan kepadamu hamba-hamba Kami yang mempunyai kekuatan yang besar, lalu mereka merajalela di kampung-kampung, dan itulah ketetapan yang pasti terlaksana.

    Kemudian Kami berikan kepadamu giliran untuk mengalahkan mereka kembali dan Kami membantumu dengan harta kekayaan dan anak-anak dan Kami jadikan kamu kelompok yang lebih besar.

    Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat maka kejahatan itu bagi dirimu sendiri, dan apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua, (Kami datangkan orang-orang lain) untuk menyuramkan muka-muka kamu dan mereka masuk ke dalam mesjid, sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama dan untuk membinasakan sehabis-habisnya apa saja yang mereka kuasai.”

  32. andy

    Dari Abdullah bin Amr Rhadhiyallahu ‘anhuma , Rasulullah Shallallahu’alayhi wa sallam bersabda : “Hijrah ada 2 macam : 1 Hijrah di kampung sendiri dan 2. Hijrah di kampung yang jauh (dari kampung sendiri), Adapun hijrahnya orang yang jauh dari kampung sendiri, maka apabia diseru ia datang dan apabila diperintah ia taat, adapun hijrahnya orang berada di kampung sendiri , maka inilah hijrah yang lebih berat ujiannya dan lebih besar pahalanya”
    (HR. Nasai, bagian akhir Hadist No.4170)

    Demi masa.
    Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian,
    kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.

    (QS. Al Ashr[103] ayat 1-4 )

    Demi (rombongan) yang bersaf-saf dengan sebenar-benarnya,
    dan demi (rombongan) yang melarang dengan sebenar-benarnya (dari perbuatan-perbuatan maksiat),
    dan demi (rombongan) yang membacakan pelajaran,

    (Qs. Ash-Shaffat[37] ayat 1-3 )

    Believe it or not
    Sampai detik ini setiap tahunnya telah dikeluarkan puluhan bahkan sampai ratusan ribu rombongan dakwah ke seluruh pelosok kampung-kampung di dunia ini baik dekat maupun kampung yang jauh, mereka memasuki masjid-masjid dan berdakwah membacakan pelajaran.

  33. alhamdulillah, banyak pelajaran yang bisa kita dapat dari sini…

  34. Syahid Wanabi

    Da’wah sama tetangga sendiri memang jauh lebih berat. Tidak semua orang mampu/sampai nyali ruhaniahnya menasehati masalah agama terhadap tetangga sendiri yang sudah tahu modal sehari-hari.

    Makanya da’wahnya latihan dulu ketetangga yang agak jauh-jauh yang agak ringan, biar terbiasa, kalau sudah mantap dan percaya diri/iman kuat maka ruhaninyapun akan tinggi hingga diberi Allah kekuatan ngomong da’wah kepada tetangga sendiri di sekitarnya.

    Udah dicontohkan oleh Rasulullah dahulu, kalau sulit da’wah di kampung sendiri(Makkah), Allah perintahkan Rasul-Nya da’wah ke tetangga jauh(hijrah ke Madinah).

    Orang-orang yang diridhoi Allah Subhanahu wa Ta’ala

    Surat At Taubah ayat 100 :

    “Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang muhajirin dan Ansar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah rida kepada mereka dan mereka pun rida kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar”

  35. andy

    Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka diberi petunjuk oleh Tuhan mereka karena keimanannya, di bawah mereka mengalir sungai-sungai di dalam surga yang penuh kenikmatan.
    (QS. Yunus [10]: Ayat 9 )

  36. Syahid Wanabi

    QS At-Taghabun (64) Ayat 11:

    “Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah; Dan barang siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

  37. Abu Fadhlan

    Kuu anfusakum waahliikum naaran
    Waandzir asyiiratakal aqrabiin
    Litundzira ummul qura waman haulaha
    kuntum khaira ummatin ukhrijat linnaass

    admin :
    Terjemahnya,
    “Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka”
    “Dan berilah peringatan kepada keluarga dekatmu”
    “Untuk memberi peringatan (dakwah) kepada penduduk kampung dan sekitarnya”
    “Adalah kalian umat terbaik yang dikeluarkan untuk seluruh manusia”

  38. assalamualaikum ya syeikh…
    ana cuma mau ucap jazakallah hukhairon…

  39. yusron

    Massa ALLAH AKUbaru tahu ada jamaah tabligh di internet saya tunggu angtum di cerebon untuk belajar abc nya agama . jangan peduli dengan fitnah cacian dll hidupkan sunah 24 jam pasti akan menjadi asbab hidayah seluruh alam. semua penderitaan pantang diceritakan kepada manusia merintihlah kepada allah pasti lebih bermanfaat.

  40. yusron

    maaf saya baru baca coment contra tuduhan mereka batil didasarkan katanya melulu saya punya cara untuk meyakini apa yg saya yakini lihat mereka hidup dan matinya kalau sesuai degan sariat ikuti dia. bagaimana mungkin saya tinggalkan usaha ini saya sering melihat mendengar kematian teman saya dgan mengucap kalimatsyahadat dgn fasih dan sebelumnya mengerjakan solat sunah. apakah kematian orang sesat sperti ini tolong jawab?. kalao 4 bulan khuruj bidah bubarkan pesantren kalian. maaf saya orang awam mohon bimbingan.

  41. syekh yusuf

    Kalo gitu gue kena keluar lagi deh….insya Alloh saya bagi masa 1 tahun kerana 3 perkara yang saya sebutkan itu adalah hijabnya….kerana hijab tak semesti nya gelap kaca juga bisa jadi hijab.. betul enggak…

  42. mr.attar

    hemmh sy hanya tersenyum simpul membaca argumen dan sanggahan dri kedua belah pihak…apa sebaiknya semua berpikir agar ukhuwah islam ini lebih maju…daripada berbantah-bantahan sy yakin surga bukan kapling salah satu aliran ataw mazdhab tpi buat orang yg bertaqwa…bukn bgitu coy…??????

  43. Assalamualaikum.
    semoga diri saya yg jahil serta diri tuan2 yg mulia semua akan mendapat manfaat..
    Jazakallah hukhoiron

  44. manusia goblok

    ma’af para tuan-tuan semuanya

    saya karkun baru 3 hari..
    anak medan, gak tau agama baru 3 hari keluar tapi tapi masyaallah…
    ternyata baru aku tau diejek orang, dimarahi orang, hampir disiram tuak (minuman keras), lebih menambah nikmat dalam beribadah. masyaallah…..
    aku gak tau lagi mo ngomong apa…

    aku cuma berharap Allah mematikan aku dalam menjalankan dakwah ini amin…

  45. sulthon

    Amiin

  46. da’wah adalah induknya ibadah.dengan da’wah agama akan tersebar ke seluruh alam ,dengan da’wah iman akan naik ,dengan da’wah kemaksiatan akan sirna,dengan da’wah allah akan mengubah muamalah muasyaroh dan ubudiyah menjadi baik,jadikanlah da’wah ini menjadi maksud hidup kita,hidup untuk da’wah,da’wah sampai kiamat ,mati dalam da’wah,.

  47. Abu Az-Zubayr (malaysia)

    Masha’Allah! Allah Ta’ala jadikan bahasa melayu indonesia bukan saja indah dalam pertuturan, malah indah juga dalam penulisan. Doakan semoga saya dapat khuruj fii sabilillah ke indonesia secepat mungkin.
    Admin :
    Salam dari saya untuk para dai di malaysia. Dan saya ucapkan selamat karena Malaysia telah boleh buat lagi IJTIMA’ setelah sekian lama tidak mengadakan IJTIMA’. Tambah pengorbanan supaya rahmat dan hidayah Allah bercurah-curah di seluruh alam. Alhamdulillah saya sempat datang ke Markaz Sri Petaling dan keluar di Selangor dan Johor (Batu Licin).

  48. andri

    Assalamu’alaikum
    syeh saya karkun palajar dari Bitung,
    saya cuman ingin ust.mendoakan guru saya yg brnama rio,dia seorg muhammadiyah anti JT
    makasih

  49. abu faishol

    Assalamu’alaikum……… semoga kita senatiasa diberi kekuatan oleh Alloh utk mendakwahkan agamaNya dan menjadi asbab hidayah ke seluruh alam dan semoga Alloh SWT. senantiasa mengekalkan hidayah yang dalam diri kita, anak istri kita, tetangga kita dan ummat seluruh alam. Amin…… Do’akan ana supaya bisa istiqomah keluar 4 bulan setiap tahun.

  50. HaCon

    3 Do’a Nabi :

    – Ya Alloh jangan matikan umatku dengan kemiskinan
    – Ya Alloh jangan matikan umatku oleh musuh – musuh
    – Ya Alloh jangan kau pecah belahkan umatku

    ( Sempurnakan Hadits ini, bro )

    Do’a nabi yang pertama dan kedua dikabul oleh Alloh SWT.

    Doa yang ketiga tidak dikabulkan

    Semoga Alloh melindungi kita dari FITNAH ini.

    —————————————————————————————
    Ketika Alloh SWT. memerintahkan IBLIS untuk bersujud kepada ADAM AS. IBLIS katakan :
    ” Ana Khairu Minhu ”
    Saya Lebih Baik Dari Dia ( ADAM )

  51. barra takazza

    hihi…., sebegitunya yang care ke usaha da’wah ! Moga hidayah untuk semua !

  52. Refan Taria

    Hidup untuk dakwah, Dakwah sampai mati, Mati dalam puncak pengorbanan.
    Insya Allah tahun Ini Ane 4 bln. Do’akan !!!

  53. HaCon

    Sukseskan Jord Juli.

    Insya Alloh jadi asbab HIDAYAH untuk seluruh alam.

  54. Ahlia Karkun(M'sia)

    Aslmkum…Semoga Ijtimak Julai berjalan lancar,dan semoga ramai jemaah dapat dikeluarkan..amin..InsyaAllah azam keluar masturat 15h ke Indonesia..

  55. atikah

    Wa’alaikumsalam wr.wb

    Amin….. semoga dimudahkan Allah. Salam kenal dari masturoh Riau-Pekanbaru-Indonesia.

    • shofwah

      assalamualaikum ukhti shalehah…..salam kenal ya. afwan mau tanya ne. anti pekanbaru dimananya.kebetulan ana juga masturoh dari pekanbaru. ana ahliah ahmad junaedi. anti ahliah sapa

  56. DENGAN AMALAN INI MENJADI ASBAB KITA MASUK SYURGA..
    ATAS RIDHO ALLOH
    MAKA….
    YANG MENCACI …..???
    KITA DOAKAN SEMOGA MASUK SYURGA JUGA
    NANTI MEREKA AKAN MALU2..
    KETIKA JUMPA KITA DI SYURGA.
    SALAM DAKWAH, SALAM ISTIQOMAH

  57. abi salsabila

    salam dari saya karkun ciamis-banjar ,semoga kami dapat bersilaturahmi dengan seih2 semua ,doakan kami biar bisa keluar 40 hari

  58. muhammad rofiq

    AQ KART/KUN DARI PAYAKUMBUH DOA KAN AQ AGAR DIPILIH ALLOH KEMBALI

  59. A.jajang

    Assalamualaikum, saya dari tasik, mudah2han sobat2 semua bisa bersilaturrahim dan di istiqomahkan dalam kerja dakwah. doakan saya yah.. kalau lewat ke ciamis mampir ke darussalam. saya maqomi di Darussalam

  60. A.jajang

    buat andri afwan ana bukan ustad tapi ana juga pelajar di ciamis jawa barat.ana faham tentang keadaan kita. mudah2han risaunya antum bisa terkabulkan. ana ikut mendoakan. kapan keluar ke jawa barat

  61. FIRTI

    ASSLAMUALIAKUM.WR.WB……….
    saya fitri, stiap berdoa slalu saya minta kepada Allah SWT agar slalu berikan hidayahNYA kebumi kepada ummat seluruh alam terutama dlm keluarga saya…karna saya menyukai dengan usaha dakwah jamaah tabligh.sya sering ikut ta’lim pernah juga nusroh masturoh,….yang saya inginkan ayah saya,kakak saya yang laki2,dan adik saya juga bs ikut usaha ini.tp kyknya blm ada yang bisa nusroh kerumah saya..trus bagaimana cara saya untuk bisa mengajak ortu n saudara2 saya..sementara ayah saya hatinya keras tapi shalat yang 5 waktu rajin.dan yang saya sayangkan ayah saya tak pernah shalat berjamaah.trus klo setiap bulan puasa tak pernah puasa.saya sedih melihat ayah saya seperti ini.ya Allah smoga ayah bisa mendApatkan hidayahMU.amiiiiin
    mhn sarannya…
    syukron katsiran
    By:Fitri Wahyuni (ternate)

  62. yunus

    assalamualaikum, salam buat soudara-soudara karkun terutama dr malaysia ana karkun dr cikarang,bekasi, indonesia. smoga ALLOH senantiasa terima pengorbanan kita semua , amin

  63. Anonymous

    Usaha Dakwah ini bukan usaha kita, bukan pula usaha Maulana Ilyas, atau usaha para Masyaikh. Tetapi Usaha Dakwah ini adalah usaha seluruh Ummat Rasulullah SAW. Jadi sampai detik ini Usaha Dakwah sesungguhnya belumlah mulai karena belum seluruh ummat Rasulullah SAW ambil bagian dalam usaha dakwah ini! maka derajat tertinggilah di sisi Allah bagi orang2 yang istiqomah dengan usaha ini. Amiin.

  64. ABDULLAH Daif

    assalamualaikum.

    TERUSKN USAHA DAKWANYA HINGGA AJAL TIBA, INI LAH USAHA SUCI MURNI
    YG DIBAWA NABI UNTK UMAT.TOLON DOA KAN AYAHANDA SAYA HJ SAIDI BIN MUTTAR.SAYA FIKIR RISAU DGN BELIAU YG JAUH PADA AGAMA.DOA HYDAYAH NTK AYAH SAYA.JAZAKALLAH KHOIRON KASIRON.

  65. ABDULLAH Daif

    assalamualaikum to all karkun,

    sebelumnya ana mohon maaf. usaha yang kita bawa ini adalah usaha rasullullah untuk umat. dan sesuatu yang kita sampaikan itu harus dgn hikmah. dan diniatkan dakwah itu ntk dirikita sendiri..agar apabila dakwah kita tidak dterima maka kita tidak marah pada org terseut.saya baru belajar usaha ini dan belum paham lagi sejak 3 tahun dulu,untuk buat usaha tabligh ini.

    salam.

  66. muhammad Amin

    Asslm…..slm buat semua.sekarang banyak berdoa,semoga di bulan juli nanti kita di keluarkan di jalan Alloh.(ijtima indonesia 27-30 juli) insya Alloh semua Ambil bagian.Karkun SUMBAR

  67. fitri

    assalamualaikum.wr.wb

    smga kita slalu dbri hidayah dan rahmat oleh Allah AWJ.

    amiiin

    Allah akhbar

    mhn doax buat keluuarga ana

    bisa khuruj fi sabilillah

    syukron katsiran

  68. Anonymous

    kenapa JT dilarang membicarakan dajal?
    setiap aliran pasti menganggap kelompoknya palinga baik dan mendoktrin mereka masuk surga, begitu pula JT ini
    setelah JT ini banyak pengikutnya apakah tidak punya tujuan politik?
    setelah REFORMASI banyak pahlawan kesiangan, berbaju ala orang TM TNgH teriak JIHAT,dimana mereka waktu jaman Orde Baru, Pahlawan yang tidak kesiangan ya NU & MD.
    Nabi Boleh Orang Arab,Al Quran berbahasa Arab, Lahir ditanah Arab tapi ISLAM tidak identik dengan Arab, boleh dicek kebenarannya.
    ISLAM bukan kulit tapi isi lebih utama dihadapan ALLOH

    • JT tidak mendoktrin masuk surga hanya ALLAH SWT yg menentukan manusia masuk surga atau neraka.Kita sebagai manusia yg lemah hanya bisa berusaha untuk memperbaiki diri supaya kita selamat di akherat kelak walaupun kita tetap masuk neraka itu semua sudah kehendak ALLAH SWT,kita hanya sekedar berusaha dan terus berusaha sampai akhir hayat kita. JT tidak mau disebut pahlawan.

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 60 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: