Melepas Kedok Jemaah Tabligh, bagian 5 (Habis)

MENGAPA HARUS KE INDIA DAN PAKISTAN BUKAN KE MEKKAH ATAU MADINAH ?

Banyak anggota mereka yang telah menghabiskan harta mereka agar dapat datang ke India dan Pakistan belajar cara kerja dakwah yang asal. Sampai-sampai orang jual rumah, kendaraan, ternak, atau kehilangan modal usaha gara-gara ingin pergi ke sana. Bahkan dalam ceramah-ceramah mereka di markaz pusat maupun daerah selalu diakhiri dengan ajakan untuk pergi ke sana. Ada apa gerangan ?

Beredar di tengah masyarakat bahwa kiblat mereka jemaah tabligh bukan ke ka’bah, mereka tak mau pergi haji, haji mereka ke India Pakistan, dsb.

Orang tua di antara mereka mengatakan kami datang ke INDIA PAKISTAN untuk belajar ke tempat yang sudah hidup amal DAKWAH, bukan untuk beribadat di sana. Ada juga yang mengatakan sebagaimana orang ingin belajar sepak bola harus ke BRAZIL dan INGGRIS karena sudah sukses menjadi juara dunia. Begitu pula belajar HADITS orang perlu ke MADINAH, belajar qiraat ke MESIR, belajar madzhab Imam Syafi’I ke negeri MELAYU, belajar WAHABY ke ARAB SAUDI, belajar madzhab Hanafy ke KHURASAN. Maka apa salah kami belajar DAKWAH ke INDIA dan PAKISTAN karena di negeri itulah hidup amal dakwah.

Masjid banyak yang hidup 24 jam tidak seperti di Negara lain masjid banyak di kunci termasuk di MAKKAH dan MADINAH jika tak musim haji terkunci. (Penyalin : Rumah Allah DIKUNCI!!?) Padahal Rasulullah saw mulai kerja dari Masjid Nabawi yang hidup dengan amal 24 jam. Di Reiwind amalan hidup 24 jam sebagaimana Masjid Nabawi dahulu di zaman Rasulullah saw.

Ada juga di antara mereka yang katakan : Kami ke INDIA mau lihat sejarah bagaimana hasil kerja dakwah yang dibuat oleh Syaikh Maulana Muhammad Ilyas Rah A terhadap orang MEWAT. Suatu kampung pemakan bangkai, tidak mengenal Allah, tak pernah ibadah, sampai menjadi kampung yang penuh kesalehan.

Yang lain mengatakan banyak orang yang menuduh kami haji ke Pakistan bukan ke Mekah terkadang mereka sendiri belum berhaji. Lihatlah di markaz kami, di sana para hujjaj tak pernah di panggil Pak Haji, bahkan mereka berkali-kali haji, ini bisa dibuktikan jika kita Tanya para AHLI SYURA mereka rata-rata lebih dari 3 kali ke haji.

Di antaranya juga katakan : Kami datang untuk Shuhbah (berteman rapat / bershahabat untuk mengambil manfaat dari ILMU maupun AMAL) dengan ulama-ulama yang telah banyak berkorban dalam kerja dakwah, dan melihat kisah nyata kehidupan mereka yang telah jadikan dakwah sebagai MAKSUD HIDUP. Sebab jika kami tidak lihat mereka hanya baca tentang dakwah maka tak akan bisa kami terapkan.

Sebagaimana penjahit yang hanya membaca buku bagaimana cara menjahit jas tetapi tak pernah lihat bagaimana jas dibuat oleh penjahit yang lebih senior maka tak mungkin bias jahit. Memang kalau kita mau jujur mengamati kepergian mereka ke India dan Pakistan tak merubah cara ibadah, dan cara mu’asyaroh mereka, artinya tidak ada misi madzhab ataupun aliran yang dibawa. Mereka malahan lebih tenggelam dalam masyarakat dan memikirkan keadaan mereka yang jauh dari agama. Mereka shalat berjamaah dengan orang banyak, cara shalat pun tak berikhtilaf dengan umat Islam lainnya hanya saja mereka lebih menekankan sholat berjamaah, di awal waktu, dan di masjid.

Jadi kebanyakan tuduhan-tuduhan orang terhadap mereka kebanyakan hanya ikut-ikutan dan mencari-cari celah kesalahan tanpa melihat perubahan yang terjadi terhadap orang yang pulang dari sana.

 

BEBERAPA KRITIKAN TERHADAP JEMAAH TABLIGH

Kalau kita mau jujur melihat kritikan yang beredar sejak awal usaha didirikan oleh Syaikh Maulana Muhammad Ilyas Rah A, maka kita akan dapati kritikan dengan materi yang sama. Karena usut punya usut selalu bersumber dari kitab yang sama yang selalu dijadikan topik yang berulang-ulang. Di antara kritikan yang berulang-ulang itu adalah :

1.      Mereka tak memiliki Tauhid Uluhiyyah hanya membicarakan Tauhid Rubbubiyyah saja.

2.      Mereka memiliki kebiasaan TAWAF di kuburan.

3.      Masjid-masjid mereka di dalamnya ada kuburan.

4.      Buku Fadhilah amal mengandungi hadits-hadits dhoif.

5.      Mereka ahli bid’ah di dalam ibadah.

6.      Dakwah mereka kepada hal yang rendah yaitu shalat bukan dakwah untuk murnikan agama yakni anti terhadap bid’ah sehingga tak beresiko seperti Rasulullah saw.

7.      Mereka merupakan gerakan sufi modern.

8.      Tinggalkan anak istri dan tidak mengurusnya adalah suatu kedzoliman

9.      Mereka dakwah tanpa ilmu sehingga berbahaya untuk umat Islam

10.  Haji mereka ke India Pakistan

11.  Mereka berlebihan dalam memuji masyaikh mereka (Ghuluw)

TANGGAPAN MEREKA TERHADAP KRITIKAN

Umumnya mereka tidak menanggapi kritikan-kritikan yang beredar bahkan mereka anggap angin lalu saja sehingga semakin menambah sakit hati orang yang mencemooh mereka. Karena jika kritikan ditanggapi maka orang yang kritik merasa kritikannya berarti atau merasa menang atas mereka. Tetapi aneh! Mereka tak tanggapi kritikan sehingga banyak ahli kritik yang benci mereka stress atas sikap mereka.

Tak ada satu buku pun ditulis untuk jawab kritikan. Dakwah mereka istikhlash seperti kuda INDIA yang dipakaikan kaca mata kuda tak lihat kiri kanan, tak lihat kerja orang lain, tak lihat apa kata orang, mereka tawajjuh hanya kepada tertib yang mereka telah sepakati.

Dalam mudzakaroh enam sifat mereka ada point tentang tashihun niyat / meluruskan niat. Di sana dikatakan bahwa cirri orang ikhlash adalah Sikapnya sama saja dengan orang memuji atau orang yang membenci. Mereka telah buktikan, walaupun dihina, dicaci, tetap mereka memberi salam kepada siapapun, selalu tersenyum, bahkan justru para pengkritik banyak yang tak mau jawab salam mereka, memalingkan muka dari senyum mereka, bahkan meludah di hadapan mereka.

BETULKAH JEMAAH TABLIGH SUATU ALIRAN KESUFIAN GAYA BARU ?

 Banyak yang katakan bahwa para masyaikh jemaah tabligh adalah penganut Thariqat Chistiyyah. Hal ini tak bias dipungkiri terlihat dari buku yang ditulis oleh Syaikh Zakariya Al Kandahlawi dalam bukunya “Thariqat menurut Maulana Zakariya yang diterjemahkan oleh Ustadz Qosim Timori. Thariqat mereka bersanad sampai Ali Bin Abi Thalib R A.

Tetapi keanehan terjadi di dalam kerja dakwah yang mereka sebarkan tak pernah sedikit pun perintah orang untuk amalkan thariqat tertentu, hatta kepada orang yang sudah puluhan tahun ikur kerja dakwah sekalipun. Bahkan menurut sejarah yang shahih kerja tabligh yang ada sekarang dimulai ketika Syaikh Maulana Muhammad Ilyas Rah A menganggap cara-cara taklim, pengajian, thariqat yang pernah dinuatnya atas orang Mewat mengalami kegagalan dalam merubah mereka.

Dengan keilmuan yang luas Syaik Ilyas Rah A pernah membayar orang-orang Mewat untuk duduk di majlisnya dan dengan thariqatnya beliau pernah ajarkan orang Mewat untuk bersihkan Iman mereka. Tetapi semua mengalami kegagalan, barulah Allah beri taufiq untuk kerja Tabligh ini.

Lihatlah!! Mereka di masjid bukan untuk berdzikir saja tetapi mereka bertemu manusia untuk jadikan seluruh manusia berdzikir kepada Allah. Setelah itu mereka hidupp seperti biasa punya istri dan anak, punya pekerjaan. Adakah ajaran sufi seperti ini? Perlu kejujuran dalam menjawabnya.

Anehnya mereka pencemooh mengatakan Tabligh Sufi Modern karena kesamaan ucapan antara Syaikh Yusuf Rah A dengan tokoh sufi seperti Al Busyairi Rah A, dsb. Bukankah ucapan yang baik dan haq perlu selalu disampaikan walau dari siapapun. Bahkan pepatah Arab katakan : Ambillah nasehat walaupun dari dinding.

Lihatlah dalam hadits tentang perkataan Raja Hiraclius dikutip kembali oleh para shahabat dan para perawi hadits, tidak menjadikan shahabat atau perawi hadits dikatakan sebagai orang Romawi.

Inilah kedangkalan ilmu para pencemooh yang hanya didasari hasad sehingga Allah SWT tampakkan kebodohan mereka walaupun mereka dikecam justru menjadi promosi gratis bagi mereka sehingga orang yang berhati bersih jadi tablighi karena ingin tahu yang sebenarnya.

Ketika mereka katakan Jemaah Tabligh Khawarij Modern, maka orang langsung bisa lihat siapa yang Khawarij.

Ternyata sifat Khawarij yang tak mau salah (Ali RA dan Muawiyyah RA dimata Khawarij keduanya salah yang betul dia sendiri) justru ada pada para pencemooh.

Adakah Jemaah Tabligh salahkan orang ?? Baik dalam buku maupun dalam bayan mereka ?? Tidak!!

Adakah Jemaah Tabligh membid’ahkan orang sehingga tak mau shalat berjemaah di masjid, atau mau shalat hanya di masjid tertentu ?? Tidak !!

Adakah pelarangan dari syuro mereka atau ustadz mereka yang melarang duduk di majlis taklim yang diajar oleh ustadz yang bukan karkun ?? Tidak!!

Bahkan setelah khuruj dianjurkan agar lebih dekat dengan ulama di kampung mereka masing-masing.

Dengarlah ucapan Syaikh Maulana Muhammad Saad Al Kandahlawi : Wallahi!! Doa Masnunah (Doa masuk WC, Doa makan, dsb) yang diajarkan oleh Rasulullah saw jauh lebih hebat jika dibandingkan amalan yang diajarkan mursyid-mursyid dzikir.

Inikah yang dinamakan sufi?? Tidak, bahkan mereka adalah orang yang cinta sunnah Nabi saw.

Sufi menurut Ibnu Taimiyyah berasal dari kata suf artinya wol, yakni sebagian penduduk Kufah yang ahli ibadah berpakaian wol. Lihatlah baju jemaah tabligh apakah berasal dari wol?? Capek deh…

JEMAAH TABLIGH TINGGALKAN ANAK ISTRI LI I’LAI KALIMATILLAH

Jadi perginya seorang keluar di jalan Allah bukan untuk habiskan waktu di masjid, duduk, dzikir, pegang tasbih, kalaulah ini yang dibuat maka ini adalah bentuk kedzaliman terhadap keluarga. Tetapi para shahabat dahulu tinggalkan istri berbulan-bulan bahkan ada Al Faruq ayah dari Rabi’ah Al Faruq seorang muhaddits telah tinggalkan istri 27 tahun adalah untuk meniggikan kalimat Allah dengan berdakwah.

Datang dari kampung ke kampung, Bandar ke Bandar, dengan cara membentuk Jemaah dakwah. Bahkan di zaman Rasulullah saw tak kurang dari 150 jemaah telah dihantar Rasulullah saw. Dan Nabi sendiri telah ikut tak kurang dari 25 kali. Kini orang mau tegakkan agama hanya duduk di majlis taklim dan mencela sesama muslim…Mungkinkah???

TERTIB DAKWAH JEMAAH TABLIGH ADA DALAM KITAB HAYATUSHAHABAH

Amir dakwah mereka yang kedua yakni Maulana Muhammad Yusuf Rah A telah berkata: Kalau saya tuliskan suatu kitab ushul atau tertib kerja dakwah ini maka yang membaca hanyalah orang-orang yang ikut dalam kerja dakwah saja sedangkan yang lain tak baca. Padahal dakwah ini memiliki ushul dalam kehidupan sahabat. Karena Allah jadikan shahabat sebagai contoh tauladan umat. Untuk itulah saya tuliskan kitab HAYATUSSHAHABAH.

Maulana Ahmad Lat telah berkata bahwa kitab Hayatusshahabah sudah cukup untuk dijadikan ushul dalam kerja dakwah, tak perlu tambahan apa-apa, siapa yang ikut cara mereka akan ada jaminan keselamatan baginya.

Hayatusshahabah dihimpun dalam 3 jilid. Ketiga jilid merupakan keajaiban yang besar, karena belum ada kitab hadits yang ditulis dengan cara seperti ini.

Permulaan kitab ditulis dengan ayat :

“Dari kalangan orang beriman ada laki-laki yang telah membenarkan janjinya kepada Allah yakni mereka syahid dan mencari cari jalan untukk syahid”

Seolah-olah Maulana Yusuf Rah A ingin katakan inilah kitab yang berisi kisah orang yang telah tunaikan janjinya kepada Allah SWT. Akhir dari kitab ini adalah carita tentang bantuan-bantuan Allah secara ghaib yang diberikan kepada para shahabat. Sehingga tengah-tengah antara keduanya adalah berisi cara untuk datangkan bantuan itu. Mereka menamsilkan bahwa kehidupan shahabat ibarat lautan yang mana jika orang akan berenang di dalamnya harus tanggalkan dulu pakaiannya dan diganti dengan baju renang.

Ayat pembuka seolah pakaian yang bias menyelam dalam kehidupan mereka. Selama kita tak tanggalkan pakaian kita dan diganti dengan pakaian shahabat maka kita tak akan faham kehidupan mereka. Pakaian kita yakni saya seorang dokter, seorang guru, seorang ayah, seorang suami, harus kita tanggalkan dahulu dan menggantinya dengan pakaian mereka yakni Syahid dan Bersiap-siap Syahid.

Sehingga aneh jika ada seorang ustadz yang mengkritik mereka dan menanyakan mana dalil dakwah dengan cara keluar di jalan Allah ?? Mana dalilnya tinggalkan anak istri untuk dakwah ??  Mana dalilnya 4 bulan 40 hari, karena kisah tersebut telah ada dalam kitab hayatusshahabah dengan sanad hadits yang jelas.

Hanya saja menurut mereka orang yang tak mau mujahadah untuk meniru kehidupan shahabat tak akan faham dengan kehidupan mereka. Bagaimana mungkin orang akan faham agama dengan cara satu keadaan yang tak sama. Hanya mengkajinya di majlis taklim setelah itu pulang ke rumah ngobrol sama anak istri, bahkan nonton TV, kemudian shalat, dll.

Sementara para shahabat Nabi bermujahadah dalam terik matahari, kehausan, berhadapan dengan musush, musim dingin, dsb. Sedangkan Al Quran turun kepada mereka dalam keadaan suasana yang berlainan bukan di majlis taklim. Surat At Taubah turun di musim panas, surat Al Ahzab di musim dingin dsb. Mustahil akan bias memahami Al Quran tanpa mengambil pengorbanan mereka.

JEMAAH TABLIGH BUKAN ORGANISASI TETAPI DALAM KERJA DAKWAHNYA TERORGANISIR

Di mulai dari penanggung jawab mereka untuk seluruh dunia yang dikenal dengan Ahli Syura di Nizamuddin, New Delhi, INDIA. Kemudian di bawahnya ada syura Negara, misalnya : SYura Indonesia, Malaysia, Amerika, dll. Menurut pengakuan mereka ada lebih dari 250 negara yang memiliki markaz seperti Masjid Kebon Jeruk Jakarta.

Kemudian ada penanggung jawab propinsi, untuk Indonesia sudah ada di semua propinsi. Di bawahnya ada peannggungjawab Kabupaten, seperti : penanggung jawab Solo, Purwokerto, dll. Di bawahnya ada Halaqah yang terdiri dari banyak mahalah yang minimal 10 mahalah yakni masjid yang hidup amal dakwah dan masing-masing mereka ada penanggungjawab yang dipilih oleh musyawarah tempatan masing-masing.

Di India ada masjid yang menjadi Muhallah sekaligus halaqah dimana di dalam masjid hidup 10 kelompok kerja (jemaah yang dihantar tiap bulan 3 hari). Semua permasalahan diputus dalam musyawarah sehingga tak ada perselisihan di antara mereka dan mereka punya sifat taat kepada hasil musyawarah.

Walaupun mereka tak pernah katakan bentuk mereka kekhalifahan seperti harakah lain yang mempropagandakan Khilafatul Muslimin, tetapi system jemaah tabligh terlihat begitu rapi sehingga mereka saling kenal satu sama lain karena jumlah orang yang pernah keluar di jalan Allah tercatat dan terdaftar di markaz dunia.

Setiap 4 bulan mereka berkumpul musyawarah Negara masing-masing kemuadian dibawa ke musyawarah dunia di Nizamuddin.

Musyawarah harian ada di mahalah masing-masing untuk memikirkan orang kampung mereka masing-masing sehingga biarpun ada yang pergi tasykiil tetaplah ada orang di maqami yang garap dakwah di sana. Orang yang suka dakwah sendiri-sendiri / penceramah suka kritik mereka katanya kenapa harus dakwah jauh-jauh ke luar negeri kalau tempat tinggal sendiri aja belum beres. Hal ini karena dakwah jemaah tabligh berjamaah sehingga walaupun mereka pergi tasykiil di maqami ada orang yang tetap jalankan dakwah.

Yang jelas mereka telah amalkan ayat :

“Hendaklah ada di antara kamu umat (Ibnu Abbas mengartikan jemaah) yang mengajak kepada kebaikan, memerintah kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar, merekalah orang yang mendapat kejayaan.” (QS Ali Imran)

 

PANDANGAN JEMAAH TABLIGH TENTANG KEKHALIFAHAN

Kekhalifahan adalah janji Allah dalam AlQuran, artinya pasti Allah beri sebagaimana dalam surat An Nuur :

Allah berjanji kepada orang yang beriman di antara kalian dan beramal shalih pasti sungguh mereka akan dijadikan khalifah di muka bumi.

Syura mereka beri bayan : Dua orang anak dijanjikan ayahnya : Nak, jika kamu lulus dan nilai kamu baik maka ayah akan beri kalian mobil. Anak yang pertama sibuk memenuhi syaratnya, belajar semakin rajin, siang dan malam, tak fikir mobil, maka pada waktunya akhirnya ia lulus dengan nilai yang baik. Anak yang kedua sibuk pergi ke showroom mobil, lihat-lihat, Tanya harga, duduk-duduk di joknya, dll. Setiap hari tidak pernah belajar hanya sibuk bicarakan mobil. Maka pada waktunya akhirnya ia tak lulus, karena nilainya jelek.

Tuan-tuan begitulah kekhalifahan, ada orang yang sibuk propagandakan, bicarakan, diskusikan tetapi lupa penuhi syaratnya. Bahwa syarat kekhalifahan diberikan Allah SWT adalah karena Iman dan Amal Shalih.

 

JEMAAH TABLIGH ALIRAN MASYAIKH MANIA / BERLEBIHAN DALAM IKUT MASYAIKH (GHULLUW), BENARKAH ???

Datanglah ke markaz Nizamuddin, dengarkan ceramah masyaikh mereka, Syaikh Maulana Muhammad Saad Alkandahlawi : Seandainya Maulana Ilyas Rah A hidup kembali dan beliau mengatakan wahai manusia dengar !! Jangan jalani kerja tabligh yang saya ajarkan kepada kalian, karena saya keliru dan ini kesesatan.” Maka kita jangan percayai Maulan Ilyas Rah A karena kerja ini adalah kerja Anbiya, kerja yang haq di sisi Allah SWT.

Bahkan orang-orang yang pergi ke Nizamuddin tak ada satupun yang menziarahi Makam Syaikh Ilyas Rah A, tak ada targhib / anjuran, apalagi diharuskan untuk ziarah ke makam Syaikh Ilyas Rah A. Kebanyakan mereka pergi ke Nizamuddin 40 hari tetapi selama itu tak ada program ziarah makam seperti kebanyakan orang yang adakan ziarah ke wali-wali. Bahkan banyak yang pergi ke sana sampai pulang tak tahu tempat makam Syaikh Ilyas Rah A termasuk penulis yang pernah datang ke sana tak ada yang mau tunjuki dimana makam itu. Wallahi!!

Tuan-tuan buktikanlah!! Datang ke sana, kalian akan tahu jawabannya bahwa mereka bukan kepada masyaikh mereka tetapi mereka taat kepada Rasulullah saw untuk meneruskan kerja mereka. Berbeda dengan para pencemooh yang suka menggunakan lisan Syaikh mereka dalam keburukan akhlaq. Menurut Syaikh anu, anu…jemaah tabligh sesat. Jadi mereka kutip omongan syaikh bukan dalam kebaikan, sedang jemaah tabligh ikut dalam kebaikan kepada masyaikh mereka.

 

 

About these ads
Categories: Jemaah Tabligh | Tags: , , | 90 Komentar

Post navigation

90 thoughts on “Melepas Kedok Jemaah Tabligh, bagian 5 (Habis)

  1. Alhamdulillah….
    Setelah nunggu, akhirnya diposting juga ‘episode’ 5.
    makasih Ustad/syekh atas artikelnya, sangat bermanfaat buat saya yang masih awalun…
    baru bisa keluar 3 hari. mohon doanya tuk 40 hari -> 4bulan ya…

  2. Alhamdulillah….. ada pemahaman- pemahaman…bagi awalun seperti saya,,,mari kita berdoa u/ u/ yg blum paham…/ keras hatinya….u/ bersilaturohim…..kadang2…kepahaman itu bukan hanya milik org pintar…Ustad…Presiden…Ahli Agama…..tp orang yg Iklas………..Insya Allah
    sy tutup dg doa …kebenaran hanya milik Allah…kesalahan adalah milik saya…was

  3. sulthon

    semoga Allah istiqomahkan kita dalam usaha dakwah, amiin

  4. Thank artikelnya. sangat bermanfaat

    http://bayu-dharmasraya.blogspot.com

  5. Agus Taufiq Hidayat

    semoga jadi asbab hidayah

  6. Anonymous

    Ya Allah..rahmatila kami.kekalkan kami dlm usha dakwah.permudahkan jemaah yg sedang bergerak d sekelian alam. Dan jadikanlah kasih sayang sesama kami asbab hidayah kepada umat manusia sekelian alam.YA ALLAH, kasihanilah umat yg masih belum mengerti.seperti mana kami,berikanlah mereka juga kefahaman dan pengertian usha ini.sesungguhnya kami tidak punya apa2 ya ALLAH, Melainkan apa yg ENGKAU berikan kepada kami.. – jamaah muhala al-kautsar tawau sabah malaysia

  7. a8501ution

    Alhamdulillah…

    Thank artikelnya, sangat bermanfaat, bisa menginsafkan eden drpd apa yg eden habak (gune akal tanpa dilintaskan ilmu yg benar) mase ikut Tabligh…

    http://al-islam.proboards84.com/index.cgi?board=aqidah

    Asy‐Syaikh Muhammad Nawawi bin Umar al‐Bantani rahimahullah taala, di dalam kitabnya, Nasha‐ihul Ibad fi bayani al‐Faadzi al‐Munabbihaat ‘alal Isti’daadi Li Yaumil Ma’adi membawakan
    sepotong hadits:

    “Akan datang satu zaman atas umatku dimana mereka lari (menjauhkan diri) daripada (ajaran dan nasihat) ulama’ dan fuqaha’, maka (akibatnya) Allah Taala menimpakan tiga bencana atas mereka, iaitu yang pertama, Allah mengangkat (menghilangkan) keberkatan dari usaha mereka, kedua, dikuasakan penguasa yang zalim atas mereka dan ketiga, mereka keluar dari dunia (mati) tanpa membawa iman)”.

    ayuh karkun2 sekalian!!, ayuh kite mantapkan aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah al-Asyairah dan Maturidiyyah…mari kita dampingi para ulama’….bisa mantapkan aqidah sebelum keluar lagi dan lagi!

  8. mudah2an menjadi asbab hidayah ya,tapi yang penting istiqomah dalam usaha da’wah,usaha ini adalah usaha Alloh,terus bergerak,amal maqomi dan keluar di jalan Alloh,jangan hiraukan para pencela yang mencela,terus bergerak lagi dan lagi,minta supaya kita dipilih oleh Alloh,usaha nabi ini berada langsung dalam perlindungan Alloh jangan takut

  9. terima kasih sharing info/ilmunya…
    saya membuat tulisan tentang “Mengapa Pahala Tidak Berbentuk Harta Saja, Ya?”
    silakan berkunjung ke:

    http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/mengapa-pahala-tidak-berbentuk-harta.html

    salam,
    achmad faisol

    http://achmadfaisol.blogspot.com/

  10. Tulisannya sangat bermanfaat Ustadz bagi kami yang awalun bergabung apalagi jemaah kami separuhnya khuruj 40 hari sambil tetap bekerja (dunia) karena hak cuti habis. Insya Allah kami semakin yakin & confirm bahwa ini kerja Rasulullah dan sahabatnya dimana kamia hendak belajar memahami agama dengan cara menduplikasi/menyamakan keadaan kami seperti mereka (yakni bermujahadah)

    Wass,

  11. andy fathurrahman

    wahai karkun sedunia !!! mari murnikan tauhid dan jauhi perbuatan syirik. agama takkan cukup hanya dengan membaca fadhilah amal dan muntakhab ahadist. mari berjuang atas agama dengan semangat membara dan tak sekedar ikut-ikutan sahaja

  12. allukmani

    kepada andy fathurrahman….. apakah yang syirik dalam tabligh itu? Cuba jelaskan..kerana saya sudah terlibat dalam tabligh ini 24 tahun…namun belum melihat yang dikatakan syirik dalam tabligh itu…kalau dimaksudkan dengan bomoh dan dukun…itu tidak pernah dianjurkan dalam tabligh..cuba jelaskan agar saya dapat memahami dan berhenti darinya…jawab dengan ikhlas…

  13. ABU IHSAN

    ehm…susah ya!
    dalil ke pakistan mana ya? harus 40 hari…
    khuruj 3 hari…
    sanadnya?
    atau kah bid’ah?
    rasulullah ga pernah memerintahkan khuruj 3 hari..
    atau 40 hari….
    adakah jihad di JT? (perang maksudnya?)
    ataukah ketika diserang orang2 kuffar kalian hanya diam dan brdoa..tanpa melawan..(ikhwan2 poso tahu jawabnya….)

    Admin :
    Jazakallah Khair, antum telah datang bersilaturrahmi ke blog saya.

    “dalil ke pakistan mana ya? harus 40 hari…
    khuruj 3 hari…”

    Ini juga salah satu ungkapan yang sering dilontarkan oleh saudara muslim yang memperhatikan kegiatan dakwah JT.

    Kalo saya tanya balik : Mana dalilnya belajar agama ke Yaman, Mesir, Atau Saudi selama 1 tahun, 3 tahun, 6 tahun??? Apakah ini bidah juga???

    Tholabul ilmu adalah fardhu bagi tiap muslim, dari pangkuan ibu sampai meninggl dunia begitu pula dakwah adalah jalan hidup Nabi Muhammad dan jalan hidup seluruh ummat muhammad saw. Namun kita masih lemah iman dan hubbud dunia sehingga perlu belajar untuk membiasakan diri dengan usaha yang mulia ini. 3 hari, 40 hari, dan 4 bulan adalah alif, ba, ta, tsa nya dakwah. (Juka antum ahlul hadits, maka antum akan menemukan 3 hari, 40 hari, 4 bulan di catatan sejarah Islam atau antum bisa rujuk kitab Hayatusshahabah yang disusun oleh Maulana Muhammad Yusuf Al Kandahlawi)

    Atau saya tanya : Tujuan Para Nabi dan Rasul diutus Allah ke muka bumi untuk menyelamatkan manusia atau membinasakan manusia???

    Atau apakah Nabi Muhammad berjihad dengan senjata tanpa didahului dakwah (mengajak kaumnya untuk menerima Islam)??? Antum pasti pernah mendengar bahwa setiap jemaah yang dikirim oleh Nabi maka diberi arahan untuk mengajak kaum yang didatangi untuk memeluk Islam selama 3 hari, kalau mereka tidak mau maka harus membayar jizyah, tetap dalam agamanya semula, namun tidak memerangi kaum muslimin, kalau tidak mau juga maka baru diperkenankan jihad dan hal ini berlaku ketika telah sampai fase Madinah. Sebelumnya (fase Mekkah) maka jika ada intimidasi dari kuffar kepada kaum muslimin maka Rasulullah menasehati mereka untuk bersabar dan terus menapaki jalan dakwah.

    Di Al Quran juga dikisahkan kisah Nabi Musa as dan kaumnya, ketika mereka ditindas oleh rezim Firaun, dan Musa baru memulai dakwahnya, ada sebagian kaumnya yang TERGESA-GESA dan bertanya / meminta kepada Nabi Musa untuk berperang dengan Firaun dengan senjata, namun Allah dan Rasulnya belum mengizinkan hal tersebut, namun ketika Jihad diwajibkan orang-orang yang dahulu ingin cepat-cepat perang pun mukanya berubah ketakutan (karena imannya lemah) dan berkata kepada Musa as, Wahai Musa berperanglah engkau dan Tuhan mu sedangkan kami duduk-duduk disini sampai engkau kembali.

    Adapun amal jihad yang anda lakukan, semoga diterima Allah SWT sebagai pemberat timbangan amal di MIZAN nanti.

    Di dalam jemaah ada musyawarah di muhallah (masjid lingkungan), musyawarah halaqah, musyawarah propinsi, negara dan dunia.. Segala sesuatunya dimusyawarahkan.. Ketika ada konflik di Ambon, Poso, Afghan, dll. Banyak teman-teman yang ushul agar diizinkan mengangkat senjata, namun diputuskan tidak dan dianjurkan untuk banyak mengirim jemaah-jemaah dakwah sebanyak2nya ke daerah konflik. Dan mereka belajar taat atas keputusan tersebut. Jika ada orang yang aktif di dakwah namun ia ikut jihad dengan senjata, maka hal tersebut ia lakukan bukan atas nama jemaah.

    • Ente berdua ini ngak ada bedanya…. yang nanya bodoh yang jawab juga sama bodohnya !!! kl yang nanya orang alim gw yakin dia pasti nemu haditsnya… kl yg jawab orang alim juga pastinya dia bisa jawabnya,bukan jawaban yang ngak karuan… bikin artikel ngak jelas bukan bikin orang ngerti tentang JT tapi malah tambah bingung yg baca. payah loe berdua….

  14. Abu Fadhlan

    Cacing saja diinjak menggeiat koq, masa diserang orang kafir diam saja.
    Memang orang da’wah bukan manusia?

    Dalil ke Pakistan ya bikin paspor, urus visa, urus transportasi, bawa harta dan diri insya Allah nggak tersesat. Disana insya Allah ada dalil orang tempatan.

    Admin:

    Hal tersebut telah dilakukan oleh :
    1. Bilal Bin Rabbah RA
    2. Sumayyah RHA
    3. Khabab Bin Al Arrat RA
    4. Yasir RA
    5. Amar Bin Yassir RA
    6. Dan Masih banyak shahabat Muhajirin Yang miskin di awal DAKWAH ISLAM, dan Rasulullah memerintahkan mereka bersabar.

    Tidak diam tapi TERUS BERDAKWAH……………..

    • yg terakhir ousama bin zet ra. , di diwasiatkan kepada 4 sahabat rosulullah saw khalifah abu bakar ra. osama bin zet ra. menjadi amir jamaaah pada waktu itu masih usianya 15 tahun

  15. penyokong tabligh

    Salam Abu Fadhlan….kamu pernah berjihad (berperang di Ambun? Poso? Afghan? Palestin? Iraq? atau di mana-mana? Kalau ya…bagus. Kalau belum.. jangan menuding jari kepada orang dakwah tabligh… kamu dakwah tanpa perang juga belum pergi… masa dakwah dengan perang kamu berani.!!!!

  16. Pilot737

    “Jamaah Tabligh” mungkin asal sebutan ini keluar dari orang-orang yang melihat aktivitas mereka “Jamaah” sedangkan Jamaahnya sendiri tidak pernah merasa bahwa meraka adalah “Jamaah Tabligh”. Mereka “Jamaah” adalah orang-orang yang selalu mencari atau memperbaiki iman…layaknya HP pasti ada masa “low bat” dan pasti harus dicharge lagi… begitu juga dengan iman, iman juga mengalami fluktuasi kadang naik kadang turun…saya pribadi mengenal “Jamaah” ini dari kawan dan setelah saya ikuti Alhamdulillah hati ini tentram rasanya…saya ada orang yang memiliki sindrom penyakit “takut akan datangnya kematian” saya adalah orang yang dahulunya sekali mendayung 100-1000 dosa terlampaui :( Sesama muslim itu adalah saudara…mari kita hentikan perdebatan atau penghujatan mari kita berdoa untuk saudara” kita mensupport mereka kearah yang lebih baik sesungguhnya kita akan terkena hisab apabila kita menzhalimi atau mentelantarkan atau tidak memperhatikan saudara dalam seiman…sebagaimana Rasul S.A.W menangis ketika Beliau melihat iringan jenazah seorang yahudi…Belia bersabda “Aku belum menyampaikan kalimat Tiada Tuhan Selain Allah dan Aku Muhammad Adalah Utusan Allah dan aku takut aku akan terkena hisab atasnya diakhirat kelak”

    NB: Doakan saya saudaraku “menjadi seorang mantan pendosa bukan mantan pentobat” karena saya adalah orang yang sekali mendayung 100-1000 dosa terlampaui…doakan semoga saya selalu istiqomah dan selalu memperbaiki iman dalam setiap tarikan nafas selama nafas ini belum sampai ditenggorakan.

    by Pilot737
    Orang Yang Telah Menikmati Berbagai Macam Dosa…insya Allah tidak ada terbesik dalam hati ini untuk menyekutukan-NYA :(

    • beul pilot 737
      allah berfirman dalam surat aljumu’ah ayat5
      “mereka di ibaratkan seperti keledai yg mem bawa kitab kitab tebal”

      wahabi oh wahabi jangan sampai ilmu mu menjadi hisab yg berat
      tak mau kau amalkan ilmu mu

      • ummi hanif

        Hawa nafsu telah membutakan kalian (wahai tabligi) sehingga menghalangi kalian dari mengikuti jejak generasi yang telah dipuji oleh Rasulullah dan dijadikan sebagai barometer kebenaran dalam memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah. Sikap seperti itu menggiring kalian untuk terus lebih mengedepankan logika ,kalian memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah tidak dengan apa yang diajarkan dan diamalkan oleh generasi salaf ,menggunakan nash-nash Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai tameng untuk melindungi penyimpangan dan kesesatan kalian.
        Dengan cara meletakkannya tidak pada tempatnya, tidak sesuai dengan apa yang telah dipahami, disampaikan dan diamalkan oleh generasi as-salafush shalih. Segera bertobatlah sebelum ,Allah Subhanahu wa Ta’ala menyumpal pendengaran kalian dari mendengar, menutup hati kalian dari memahami dan menutup penglihatan kalian dari melihat kebenaran. Nauzubillah min dzalik.

  17. Moren

    Salam semuanya…
    Saya seorang pengamat, tapi bukan pengamat JT ataupun lainnya, tapi pengamat dari Polemik dari Tulisan-tulisan mengenai JT. Begini pak…..Dari Tulisan ini, tersirat bahwa penulis adalah pengikut JT yang pura-pura sebagai pengamat. Dengan demikian Tulisan ini tidak terkesan sebagai sebuah Pembelaan yang dilakukan oleh unsur JT. Sehingga harapan penulis agar orang-orang yang menasihati JT menjadi Stress terwujud. Kalau boleh pula saya menilai, bahwa nasihat2 dari terhadap JT yang dimuat di Internet, bukanlah suatu kebencian, iri atau dengki. Melainkan suatu ketulusan dari orang-orang yang ahli di bidangnya agar saudara2 mereka membuka hati dan fikiran terhadap nasihat-nasihat tersebut dan tidak larut dalam keyakinan yang dikritik itu. Malahan saya lihat justru penanggap penanggap dari pihak JT yang sepertinya kebakaran jenggot menanggapi kritikan/nasihat-nasihat itu. Tks

    Admin :
    Wa alaikum salaam

    Tulisan Melepas Kedok Jemaah Tabligh memang mengesankan demikian tapi bukan untuk tujuan negatif. Hal ini terjadi karena :
    1. Tulisan ini memang bukan PEMBELAAN dari JT
    2. Penulis tidak mengatasnamakan tulisannya sebagai tulisan JT
    3. Penulis telah mengetahui kritikan2 terhadap JT dan akhirnya dia membuktikan sendiri benar tidaknya tulisan itu dan penulis menulis semua yang ia lihat, dengar, dan rasakan.
    4. Tulus tidaknya pengkritik hanya Allah yang tahu, tapi yang disayangkan jika seseorang mengulas sesuatu yang ia sendiri tidak tahu banyak mengenai topik yang ia ulas.
    5. Dan tidak ada permohonan maaf setelah dibuktikan bahwa tulisannya tersebut ternyata tidak benar (fitnah).
    5. Pemilik blog ini hanya menuliskan kembali apa adanya, dengan harapan ada manfaat yang didapat dari pengunjung.
    6. Memang budaya siap menerima kritikan yang harus mesti di budayakan lagi. Mudah-mudahan tidak mengendurkan kita untuk terus belajar usaha Dakwah yang mulia ini.

  18. Moren

    Assalamu’alaikum.
    Pak…saya mohon dibantu bagaimana cara mencari Tulisan bapak ini yang bagian ketiga-nya. Yang saya temukan hanya bagian 1,2,4 dan 5. Tks

  19. Ahmad Kamal Othman

    Pada pandangan saya usaha dakwah Tabligh adalah satu usaha untuk membentuk perasaan ummat. Bagi membentuk perasaan ummat ini, semua orang Islam perlu dibawa kepada satu fikir, bahawa saya bukan orang Indonesia @ Malaysia @ Saudi @ Pakistan @ England @ lain-lain, bahkan saya adalah ummat Islam. Saya dilahirkan untuk membawa manusia kepada kebaikan dan mencegah mereka daripada kemungkaran. Untuk merealisasikan maksud ini, setiap orang Islam perlu mempunyai sifat kasih kepada sesama Islam. Melihat kebaikan saudara seagama lalu mengambilnya sebagai panduan. Apabila melihat keburukannya, tutup dan tegur dengan kasih sayang supaya teguran itu diikuti. Jika teguran dibuat tanpa rasa kasih, pasti mengundang permusuhan. Buangkan dari hati sifat cinta dunia dan cinta kemasyhuran kerana dua sifat ini menjadi punca wujudnya sifat hasad dengki kepada saudara Islam yang lain. Untuk mewujudkan sifat kasih kepada ummat, setiap lepas sembahyang, doakan kesejahteraan seluruh ummat, mohon Allah ampunkan seluruh ummat Islam dan mohon dimasukkan kesemua mereka ke dalam syurga. Sebarang kesalahan yang dilakukan oleh saudara seagama, mohon Allah ampunkan. Jika selalu berdoa begitu, perasaan sayang dan kasih kepada ummat akan dianugerahkan oleh Allah. Seterusnya ummat akan terbentuk. Apabila ummat terbentuk, bantuan Allah akan sentiasa bersama ummat Islam. Apabila Allah telah membantu kita, siapakah lagi yang dapat mengalahkan kita. Amal dan sebarkan perkara ini kepada orang lain.

  20. Dalam Usaha dakwah Allah juga banyak memberikan contoh-contoh cara-cara dakwah baik yang sukses maupun yang tidak sukses semuanya Allah ceritakan dalam Al Qur’an. Tuntunan dakwah ini sebagai bahan pertimbangan kita mau ikut dan dalam kondisi mana. Contoh Dakwah nabi Adam AS adalah dakwah seorang ayah kepada anak-anaknya dan dakwah seorang kakek kepada cucu-cucunya. Dakwah nabi Nuh AS adalah dakwah untuk keluarga dan lingkungan sekitarnya. Dakwah nabi Ibrahim AS adalah dakwah seorang anak kepada bapaknya, setelah IA menjadi seorang bapak mendidik dan mendakwahi anak-anaknya sehingga anak-anaknya menjadi Da’i2 yang handal yaitu nabi Ismail AS yang anak keturunannya adalah Rasulullah SAW. Kemudian Nabi Ya’kub AS yang anak keturunannya samapai pada nabi ISA AS. . Dakwah nabi Musa AS dakwahnya seorang kepada sukunya dan mendakwah raja penguasa yang jahat yaitu Fir’aun. Dakwah nabi Isa AS kepada murid-muridnya. Kemudian da’wah Rasulullah SAW adalah kepada seluruh manusia di seluruh alam ini. Tuntunan dakwah rasulullah adalah semua kisah perjuangan beliau sampai beliau wafat. Setelah Beliau wafat perjuangan diteruskan oleh para sahabat sampai bisa mengislamkan hampir 2/3 bagian dunia. Jadi kesimpulannya jika kita ikuti dan contoh dakwah Rasulullah dalilnya adalah berdakwah sampai mati.

  21. Alhamdulillah kita dikenalkan dengan usaha dawah yang mulia ini, saya dilahirkan dikalangan/lingkungan yang kurang agamis berkat ada jamaah yang gerak dari rumah-rumah, kampung-kampung, dor to dor dan fist to fist maka hidayah telah menyentuh hati saya, pada awal masa keluar kuruj saya tahun 1986 sd sekarang mudah2 Alloh SWT tetapkan dalam usaha mulia ini dan sampai mati dan sampai anak cucu, usaha atas agama adalah satu keniscayaan karena iman kita senantiasa siang dan malam dirongrong oleh berbagai maksiat dan godaan syetan serta hawa nafsu ini perlu dikendalikan dan dilawan sehingga kita tidak terjerat tipu daya syetan dan nafsu yang membawa kita pada dosa2. Alhamdulillah dengan keluar lagi dan lagi iman jadi semakin kuat dan ibadah meningkat teruskan perjuangan jangan takut akan jadi miskin karena kemiskinan sebenarnya adalah ketika kita mati tanpa membawa iman/agama yang sempurna…Jazakallohu

  22. doddy

    Assalamualaikum wr.wb

    Kemualiaan hanya milik Allah…Semoga Allah s.w.t selalu memberikan hidayah ke seluruh alam ini atas adanya jemaah bergerak…saya seorang karyawan yang sudah mengenal jemaah ini….subhanallah saya merasakan kenyamanan dan alhamdulillah diberikan pemahaman atas pentingnya agama,disamping itu kami tidak pernah membicarakan perbedaan yang justru akan memecah belah umat..kalaupun ada orang yang berilmu tidak sombong dan merasa diri yang terbaik, karena ilmu akan menjadi amal apabila bermanfaat bagi orang lain, bukan untuk menghujat atau bahkan mengkafiri …Semoga Allah mengistiqomahkan kita dalam usaha yang mulia ini…Amien.

  23. Muhamad Nazri

    Assalamualaikum wr.wb…..

    Allah maha kuasa,makhluk langsung tidak ada kuasa…saya suka sangat dengan budi bicara tuan…saya salah seorang jemaah dari malaysia…saya harap tuan gunakan aplikasi moden ini untuk terangkan kepada mereka-mereka yang x faham tentang usaha ini..doakan saya untuk sentiasa kekal dalam usha ini…saya sentiasa memberi sokongan tuan untuk penerangan ini..jazakaAllah..

  24. Umati

    Assalamualaikumwrtb,
    Kapada semua,,,semoga Allah SWT kurniakan kita keikhlasan & istiqamah dalam usha agama yg sangat mulia ini.Usol utama usha agama ialah Islah diri bagaimana hakikat agama yg sempurna dtng pada diri saya, isteri, anak2, ahli keluarga, jiran2, tempat kita, daerah kita, negeri kita, negara jiran kita & seluroh umat Nabi SAW akan dtng pada Agama Allah SWT. Untuk itu, kita perlu buat pengorbanan diri,masa & harta supaya sifat2 mulia Rasul SAW dapat kita amalkan dlm diri kita dan menjadi asbab hidayat pada manusaia yg lain.
    Pada org yg belum datng kapada usha agama ini, kita perlu sabar.Orng yg paling kuat menentang pada usha agama, sekiranya dapat hidayat , dia akan jadi org yg banyak buat korban utk agama,sepertimana Umar ra, Ikrimah ra.InsyaAllah, saya sedia & tuan2 kena sedia jadikan dakwah maksud hidup kita

  25. Artikel yang sangat bermanfaat dan menambah wawasan. Thanks.

    Saya jadi lebih tau banyak tentang Jamaah tablig

  26. sulthon

    keep posting gan, moga kita semua di beri hidayah oleh Allah, dan istiqomah dalam usaha Rasulullah yang mulia ini, amiin

  27. sukri

    saya bru blajar2 bt usaha,dan kdg diuji tuhan apabila mmbabitkn ilmu pngetahuan..

    boleh saya tahu mngapa jemaah tabligh bgitu brat dalam phubungan antara llaki prempuan,shingga dikatakn,
    1.prempuan lebih baik solat di bilik suaminya…
    2.bayan masturoh yg dilapisi tabir antara pembayan dan pendengar(hadirat)
    3.nama suami shj diberi bila ditasykil
    4.tiada msyuarat khusus antara masturoh dan syura..

    moga boleh bri jwp,dan hrp faham dgn bahasa Melayu saya.
    mohon boleh siarkn web2bkaitan jmaah tabligh di internet..
    jazakallah

    Admin :
    Kerja masturat dibuat atas GARIS TAQWA bukan GARIS FATWA.
    Oleh karena itu keluar harus dengan MAHRAM HAKIKI (Suami); adanya HIJAB DUA LAPIS (agar jika terbuka satu lapis masih ada lapis kedua); Pemberi Bayan tidak terlihat agar kebesaran si Mubayyin tidak masuk kehati para masturah sehingga ia hanya taat mutlak kepada suaminya. Bila mereka ada masalah, maka masturah harus beri tahu kepada suami dan suaminyalah yang bertanya kepada ulama atau bermusyawarah kepada syura.

    Ada baiknya ditanya kepada syura di malaysia di masjid Sri Petaling. Wallahu A’lam.

  28. iman itu penting tapi yang lebih penting lagi usaha atas iman,
    saudara2ku jangan lupa bulan juli indonesia akan mempunyai hajatan besar,yaitu akan mengadakan pertemuan umat islam yang di hadiri oleh maulana sa’ad dan ulama2seluruh dunia,hadir ya….. dan ambil takaza se….jauh2nya,ana azam keluarke india pakistan bangladesh,doakan ya…yang membaca tulisan ini…..amin….
    semoga ALLAHmengabulkan niat kami yang mulia ini ami……………….en.

  29. Farid

    Alhamdulillah, banyak sekali yang saya dapatkan dari membaca tulisan2 diatas. Apabila ada tulisan yang berupa cemoohan, itu ujian bagi kita ihlas atau tidak. Apabila diuraikan hujjah2 maka bertambahlah semangat kita untuk terus lanjutkan usaha ini.
    Mudah – mudahan Allah terus bimbing kita baik dalam memberi kritikan maupun menerima kritikan.

  30. girl

    Assalamualaikum….apakah benar para jemaah tabligh itu sholatnya kiblatnya bukan ke BaitulMaqhdis(ka’bah) mekah??tetapi ke india pakistan ato mana?/ mohon penjalasannya makasih
    wassalam

    • Kayaknya ke mekah juga dech, orang saya liat mereka rajin shalat berjama’ah ke mesjid and kiblatnya juga sama dengan yang laen.
      tapi anehnya sekarang orang yang sholatnya ke kiblat tapi, makan mereka, pakaian mereka, bicaranya, bahkan sampe ke nyengir juga pun kiblatnya ke Yahudi n Nashrani itu yang lebih gawat dech kayanya…

  31. sayid husen

    Assalamu’alaikum……..

    Semoga Alloh menutupi keaiban kita semua sampai yaumil hisab.

    Saudara2 apa yang dicari?… Saya bukan dari kelompok Jama’ah tablig, kebetulan lewat aja. Saya kebetulan dari keluarga ahlul bait. Saya penasaran dengan tulisan2 yang menghujat saudara kita seiman jamaah tablig. Begitu saya baca tulisan2 anda di media ini. selama satu bulan saya mencari yang bagaimana sih mereka???? Alhamdulillah ternyata Alloh mempertemukan saya dengan mereka. Lalu saya selidiki, saya tanya benarkah kiblat mereka ke India, ternyata tidak! Apakah mereka tidak menunaikan Ibadah haji??? Ternyata banyak dari mereka yang berangkat jiarah utnuk menunaikan rukun Islam tersebut. Cuma yang saya salut! begitu banyak mereka menggiring manusia utk kembali ke habitat muslim… yaitu di MASJID. Mereka begitu konsen sholat 5 waktu berjamaah di masjid seperti yang di contohkan Rosululloh kakek saya. Saudara2 yang mengorek jamaah tablig… saya yang belajar mengenai kewajiban umat islam sebagai KHALIFAH (pengelola bumi) adalah yang di lakukan oleh jamaah tablig.

    Manusia yang beriman adalah abdi (tidak mempunyai hak untuk memiliki dirinya di depan Alloh) jadi seorang abdi harus ta’at 100% kepada Alloh sebagai pemilik, penguasa dan pengatur. Lalu manusia sebagai abdi ditugaskan oleh Alloh untuk menjadi khalifah (pengelola)di muka bumi ini. Tugas nya sebagai khalifah adalah menjaga keteraturan makhluk2 yang berdikir atas irodat Alloh, juga manusia agar bersosialisasi sesuai dengan petunjuk Alloh yaitu Al Qur’an (semua yang beriman WAJIB HUKUMNYA MENJALANKAN PETUNJUK AL QUR’AN) yang di contohkan oleh Rosululloh dan di terangkan oleh beliau dalam hadist2, sebagai penjelasan petunjuk yang tersirat.

    Lalu manusia sebagi khalifah berkewajiban da’wah untuk meneruskan da’wah Alloh kepada manusia. Karena di era Rosululloh Muhammad SAW, semua umat berkewajiban da’wah sampai akhir jaman. Manusia harus bisa mempertahankan statusnya sebagai makhluk mulia yang tawadu, saling menghargai, saling menghormati, tidak membuka aib sesamanya, saling bantu untuk menyelamatkan saudaranya agar tidak terjerumus ke jurang neraka. Tapi manusia ahli neraka adalah yang sifat2nya seperti iblis yang dari awal menggoda , menjerumuskan Nabi Adam dan ibu Hawa, karena Iblis dengki, iri, ingin bapak Adam dan ibu Hawa malu…

    Jadi saudara2ku… segera sadar…segera bersatu…. lawan bisikan syetan dalam hatimu… janganlah merasa paling benar dan paling pintar…karena itu sifat IBLIS…. Mari gotong royong menarik saudara2 kita yang berduyun2 menuju neraka…. karena di Yaumil hisab akan ditanya oleh Alloh… Apakah yang kamu kerjakan untuk menyelamatkan sudaramu yang tersessat?????????

    Semoga tulisan ini menjadi hidayah bagi saya dan kita semua…

    Amiiin

    Wassalam…..

    • Wa alaikum salaam wa RahmatuLLAHI wa Barakatuh

      Salam Ta’dzim dan Hormat saya kepada Rasulullah saw dan seluruh anak cucu keturunannya…. Dengan harapan mendapatkan safaat Beliau di akhirat kelak.

  32. rahmat

    HIDUP jEMA’ah tablig….

  33. Gibran Hrp

    Aslkm, ana pernah kenal lama dan akrab dgn mereka sampai skrg (pekerja dakwah), dan mrk bnyk memberi penjlsan yg baik tentang tugas mulia ini (dakwah), hanya saja sebagian org2 d luar mrk (pekerja dakwah) ada yg mempermasalahkan tentang hadist2 dhaif d fadhilah amal, mrk mengatakan hadist dhaif tdk blh buat dalil hukum, ana hanya bisa terdiam dgn komentar mrk ini, adakah yg bs memberi penjlasan yg jelas kpd ana, moga2 bs jd jln hidayah bg ana dan org itu,,,,,,(Fas-al ahladz dzikri inkuntum laa ta’lamuun)

    • Jumhur ulama sepakat memakai hadits untuk fadhilah itu di perbolehkan, untuk saudaraku yg banyak kritis terhadap JT coba antum baca di kitab sifatush shalah nabi di muqadimah syaikh nashirudin al-albani juga membicarakan masalah ini juga, jadi tidak apa2 memakai hadits dhoif untuk fadhilah. ana ingat satu hadits di dalam kitab Misytul Mashabih no hadits 198 di dalam kitab “ilm hadits no 1 dari Abdullah bin ‘amru r.a telah berkata Rasulullah saw: wa haddatsu ‘an bani israaila wa la haraj. (dan ceritakanlah oleh kalian cerita israiliat ,kalian tidak akan berdosa (dengan menceritakan cerita tersebut) (H.R Bukhari ) *ana ngak terangkan syarat dari syarah di kitab tentang hadits tersebut takut jadi panjang,antum baca sendiri aja dech ya…
      kalau dlm ilmu Mushtalahul hadits cerita israiliat ini sangat2 dhoif karena sanad,perawinya,sangat2 lemah ngak jelas perawinya kayak gimana, akan tetapi Rasulullah saw menyuruh kita agar menceritakannya dan kita tidak akan berdosa karenanya, apalagi ini hadits dhoif dari orang2 Islam/ulama2 kita. sebetulnya ngak ada yang tahu secara pasti tentang dhoifnya suatu hadits kecuali hanyalah Allah swt semata,karena itu semua hanya berdasarkan perkiraan manusia semata, di karenakan dia pembohong,pelaku bid’ah,banyak orang yg mencela dia maka turunlah derajat hadits tersebut. wah jadi panjang neh comment ane… afwan jiddan,Barakallah fiikum

      Ane tunggu kunjungan balasan antum kulluhum di blog ane http://onlineherba.blogspot.com wassalaam.

  34. rini

    keep istiqomah untuk jamaah tabligh….!!!!!
    hanya orang orang pilihan yang bisa usaha dakwah ini
    alhamdulillah saya dan keluarga saya bisa diperkenalkan jamaah yang mulia ini….jazakumullah khoiron kasyiron

  35. malik ibrahim

    terus berjuang tegakan Agama ALLAH

  36. m. yunus

    Hanya orang2 yang Allah pilih saja yang Allah fahamkan dg usaha dakwah ini. kata ulama sebelum Allah memilih hambanya untuk faham agama maka allah pandang2 dulu 70 kebaikan yang ada pada diri hamba itu, klu masih ada sifat/rasa sombong dlm hati kita maka Allah belum pilih kita, karena sombong ini adalah pangkal segala kemaksiatan, Allah sangat tidak menyukai orang2 yang sombong wlau pun dia seorang ahli ilmu dan ahli ibadah. mari kita me-nol-kan diri kita dihadapan Allah, semoga Allah beri hidayahNYA. amin

  37. mortiis06

    thanks… penjelasan yg terang jelas.. tak ada sisa keraguan lagi… cuma yg ragu tu, cuba mintak dengan Allah, supaya ditunjukkan kebenaran… masih belum terlambat, pintu taubat Allah terbuka luas… untuk karkun2, dah sampai masanya untuk tambahkan pengorbanan… 4 bulan tiap2 tahun. semoga Allah pilih kita semua… (Amin)

  38. usman

    agama tk diamalkan, setiap usaha agama itu hasilnya adalah amal agama. kita belajar wudhu belum tentu jadi amal kalau tidak diamalkan sendiri apalagi harus disampaikan kepada saudara kita. so….blajar amal adalah ciri usaha rosul dan j. tablig memang tidak banyak ilmunya saat ini tapi lihat 10 tahun kedapn atau 5 tahun kdpan nanti anak2 preman,anak akan jadi ulama2 besar karena oarng tua mereka bukan orang berilmu yang tanpa amal tapi orang yang kuat amalnya.

  39. ummat Muhammad SAW

    saya yaqin seyaqin yaqinnya atas usaha da’wah jemaah yang akrab disebut JT di tengah masyarakat ini, karena terbukti secara ALAMIAH dan ILMIAH. (Muhammad Asman, Dosen FE Universitas Muara Bungo – Jambi) tolong do’akan saya untuk kembali belajar agama 40 hari dan meningkatkannya menjadi 4 bulan. namun saya sadar bahwasanya saya dan seluruh ummat manusia di hadirkan ke bumi hanyalah untuk beribadah kepada Allah SWT.

  40. ya habiiib :)
    semoga Muhammad bin Abdullah Al-Mahdi Al-Muntazar akhirnya mengambil usaha dakwah ini ya.

    Cinta, hidup dan mati saya untuk Anda dan beliau…

  41. abu roofif

    perkara yang paling penting adalah iman.
    ttp tidak ada perkara yang paling penting untuk meningkatkan iman selain ilmu. dan ilmu tidak akan pernah didapat kecuali dengan belajar.
    mari belajar dgn ulama.

  42. horge

    Jika membaca komentar orang-orang yang menyingkap kelemahan jemaah tabligh maka semakin sadarlah saya bahwa betapa banyaknya orang-orang yang memberikan pendapat tetapi dia tidak tahu apa yang dia katakan bahkan secara tidak langsung saya menangkap betapa banyak orang yang merasa dirinya alim tetapi kata yang keluar dari mulutnya adalah hasil muntahan orang lain.

  43. subhanallah..

  44. abu abdulrahman

    do’a kan saya agar bisa keluar IPB 4bulan

  45. Irwansyah

    Apabila ada orang yang benci cara dakwah model JT(Ada dalam Al-Qur’an dan Sunnah)” pasti dia”; Kalau gak bodoh, dengki atau tanda gak “mampu”:(mana bisa aku tinggalkan keluarga dan semua kesenangan aku di rumah untuk dakwah dan belajar agama? mereka makan apa? dll alasan yang sebenarnya tanda lemahnya Iman pada Allah.SWT). Saran saya wahai saudara ku sesama orang ISLAM. Bila antum semua ambil usaha ini maka siap-siap lah untuk jadi orang kecil (hamba) bukan jadi orang besar (raja). inilah yang sekarang Alhamdulillah saya sendiri rasakan, bahwa rasa mau menang sendiri, cinta dunia, sok “jago”, sombong, malas dan lain lain segala sifat buruk pelan-pelan mulai bisa saya tinggalkan. Dan saya tidak mampu meninggalkan sifat buruk itu kalau tidak di tolong oleh Allah.SWT.

  46. Nassh

    allhamdullah ,Amin Irwansyah , Saya setuju sekali pendapat anda . soalnya kenapa kita benci kepada Mubalig Dakwah Islam ? . kadang saya juga jadi bingung kebanyakan orang2 yang tidak menyukai atau musuh JT datangnya dari gulungan bijak pandai Islam sendiri bukan pihak lain . yang belajarnya sampai ka pengajian tinggi ugama seperti Adzhar , anuniversiti Islam Malaysia , kalau mengikut pikiran bodoh saya ini kerja mereka semua , tapi kenapa tidak ? , munkin nafsu mereka menyekat mereka dengan perkataan MALU , tiada faedah , buang waktu , duit , kan bodoh namanya ( bisikan Nafsu ) .
    Saya tidak suka banyak berkata , kerana saya takut nantinya banyak bohongnya itu kan dosa tapi saya sarankan kepada insan yang mengaku cintakan Islam yang sering mengata2 JT fahamilah JT dengan membuka laman Ustadchandra’s Blog disana anda akan temui kesemua kerja2 jemaah Tablig yang anda pelikihkan .

  47. Usaha atas nasi, perlu cari nasi. Usaha atas hidayah, perlu keluar di jalan Allah.

  48. ghiz yan

    assalamu’alaikum wr wb
    Semakin bertambah usia dan waktu ku lalui semakin merasa fakirnya aku di dunia ini.subhanallah..
    Semoga ttp dgn keyakinan masing di dlm ridho allah dan rasulullah saw ,semoga spt pohon padi tumbuh berisi semakin merunduk,dan mjd kegunaan manfaat mahluk lainya,jgn spt padi kosong semakin tumbuh menjulang keatas yang nantinya tdk di hargai kelak hanya akan mjd bhn bakar menyalanya api .wassalam…

  49. subhanAllah,,,sy temukan semua jawaban,,,,saya mengerti betapa dasyat nya niat para jemaah,,mereka mengesampingkan urusan dunia,,untuk mengikuti sunah Rosul menuju jalan ALLAH SWT,,,
    semoga Allah .swt tetap memperkokoh iman kita semua

  50. abi sophia

    Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuhu…
    Saya adalah orang awam tapi saya telah merasakan ketenangan dan ketenteraman dalam amalan dakwah ini. Amalan ini sangat sederhana tidak berbelit-belit. Bisa diikuti oleh setiap golongan dari orang awam sampai pejabat sekalipun. Tak memandang titel keduniaan, tak ada rasa minder untuk makan bersama dengan seorang pejabat bahkan ulama sekalipun. Maka kalau boleh diibaratkan ‘usaha dakwah’ ini adalah ‘Universitas Langit’ untuk mendapatkan gelar yang tinggi di sisi Allah Ta’ala.

    Kita tak bisa merasakan nikmatnya ‘usaha dakwah’ ini kalau hanya melihat dengan mata kepala ini tanpa terjun langsung dalam usaha ini. Karena yang penting dalam usaha ini adalah ‘Islah diri’, memperbaiki diri bukan memperbaiki orang lain. Kalaupun kita bisa memperbaiki orang lain itu karena efek dari amal kita dalam memperbaiki diri.

    “Tak kenal maka tak sayang” siapa yang tak tau pepatah ini. Aku kira boleh kalau dipakai dalam ulasan usaha ini (cara dakwah tabligh). Menurut saya beradu dalil tak akan ada habisnya. Bagaimana menentukan awal bulan puasa saja belum klar sampai hari ini karena masing-masing membawa egonya. Tapi hikmah dari perbedaan ini adalah kita dapat mengukur “keikhlasan” kita dalam beramal.

    Selanjutnya saya hanya bisa beristighfar pada Allah, “Astaghfirullah” atas komentar saya ini.

    Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakaatuhu…

  51. Didy Joe

    Lanjutkan Usaha Dakwah Fi Sabilillah.Insya Allah, Allah Akan Berikan Hidayah kpd kita semua, Jemaah Tabligh the real Ahlusunnah Wal Jama’ah adalah Pelaku sunah yg haq. Punya Misi Dan Visi Yg Jelas dlm Syiar Agama Islam.” Less Talk Do More ” tdk Seperti Yg Lain yg Hanya Bisa mencela dan menghina.

  52. Anonymous

    ass.. wr.wb
    pendapat setiap orang yg menyudutkan/menjelekkan jama’ah tabligh itu semua tidak benar dan semua itu menyesatkan karena mereka hanya melihat zhahir’y saja,tidak lngsung terjun ke dalam amalan yg dilakukan oleh jemaah tadi.. semoga allah menberi taufik dan hidayah kepada orang yg belum ikut usaha tabligh,baik 3hari,40hari,atau 4bulan. . maka insyaallah apabila mau berkorban meluangkan waktu di jalan allah maka allah akan islahkan

  53. Anonymous

    tapi kenapa jemaah tabliqh banyak amalan bidah ini …yang ana dak setuju…..,dan kenapa setiap diterangkan hadits shahih kalian berpaling..,dan kenapa ..kalian berpegang teguh mati2an dengan hadits dhaif dan menjadikannya hujjuah….,dan kenapa sebagian amalan kalian mengikuti sunnah dan sebagian kalian tinggalkan……….

    • Tanpanama

      Aslm ..pak anonymous,sy ne agk bingung dgn org2 brjubah d kmpug sy.ad yg suka dtg2in org ajk sholat brjmah d mesjid,mrka sllu brsalsan mnymbug silatrhim,tp ad lg klmpok yg laen,sm brjubah jg,tp mrk gak mau dtg2in krmh,dan yg kmpul2 mrka2 aj.dan mrka tmpknya dgn org laen gak akrab,snym jg gak.sy ne skrg lg bljr cr islam yg bner tu gmn,lg cr plhan yg tpat tuk brtobat.mksh ats sarannya.

    • Saudaraku,saya juga dulu waktu baru sedikit belajar ilmu sangat takut dengan hadis doif.., seiring bertambahnya ilmu saya jadi ttakut menyalahkan hadis doif…hadis2 doif yang semakna dengan hadis sohih akan saling menguatkan sehingga derajatnya akan menjadi hasan … karena sebagian besar hadis Nabi masuk kategiri tidak sohih… logikanya tidak mungkin seluruh ucapan,perbuatan, tingkah laku nabi dari suroh, sirih sariroh perjuangan Nabi selama 23 tahun cukup terdapat dalam hadis sohih saja….Ulama Hikmah mengatakan”Alloh sembunyikan hidayahnya dalam hadis hadis yang doif tadi bagi siapa yang di kehendakiNya

  54. pusat kesihatan penawar6869. jln Langgar Alor Setar kedah. malaysia

    assalamualaikum kpd semua karkun…..saya baru belajar keluar..tak faham apa-apa lagi…tapi saya yakin ..apabila Allah swt memilih saya dan anda untuk keluar..pasti ada sesuatu dalam diri saya dan anda yang Allah suka walaupun saya banyak dosa dan salah kepadaNya (yakinlah)……. istiqamahlah walau apajua halangan dan rintangan….

  55. pusat kesihatan penawar6869. jln Langgar Alor Setar kedah. malaysia

    yang penting sahabat-sahabat karkunku….jaga niat ya…..semata-mata kerana Allah swt….

  56. Anonymous

    kalaU KITA dakwah tp kita krja gmn mau keluar 40 hari. syukron

  57. asslmlkum smua sdraku seiman,,,!!! yg mengkritik n yg d kritik mari kita serahkan smua urusan kita ini hanya kpd-Nya (ALLAH SWT..) Dialah Yg Maha benar.”Subhanakallahhummawabihamdikha ashadu’allailahaillaanta astghafirukawaatubuilaikh…

  58. Mau jama’ah apapun itu, tabligh, salafi, nu. muhammadiyah, dll, asal rukun iman sama, rukun islam, sama, ahlul sunnah wal jama’ah, maka tidak sepantasnya saling menyalah-nyalahkan seperti ini!

    Dalam harokah manapun kita, tetaplah seru manusia2 ke yang ma’ruf & mencegah yang munkar! Jangan buang2 waktu untuk mendebat yg tak perlu didebat! Jangan ashobiyah mengatakan jamaah kita benar dan jamaah orang salah!

    Yang penting, dakwahkan terus agama Allah! Takbir! Allahu Akbar!

  59. “lanaa a’malanaa walakum a’malukum”
    maju terus dakwah apaun caranya smg sampai pd mereka…….

  60. Anonymous

    saya paling benci sama orang yang cuman menasehati tapi tidak pernah mengajak pada kebaikan, bagaimanapun juga kita tidak cuman diceramahi tapi kita harus di ajak, dan saya juga heran sama-sama penceramah-penceramah di media2 kenapa mereka tidak pernah membahas hukum mendengarkan dan bermain musik.

  61. Anonymous

    sngat bermamfaat utz..! mohon izin link ke facebook.bleh dak?

  62. Allahuakbar..

  63. M.tosa

    Jemaah tablik mungkin bertujuan mulia,tapi pahami trkadang kehadiran mereka di masji masjid menimbulkan perpecahandan pitnah,apakah itu tujuan dakwah,karnah yg tablik itui bukan orang yg berilmu dan paham dg islam,sehinga islam terkotak kotak dg dg kelompok sehingga islam hilang kekuatanya,waasalm

  64. Aslmkm wr.wb.jazakumullahu khairn katsirn ats pembahasn ust.smg kt tetap istiqomah dlm kerja yg mulia ini sampai ank cucu kt hngg akhir masa,Amien.mhn do’a dr smuanya spy ana bs tetap brsabar d rmh mndidik n mngasuh ank2 wlpn abinya skrg lg khuruj 40 hr,smg jd asbab hidayh bg semua,Amien.

    • yang penting jangan keluar dari koridor ALLOH dan RASULNYA, semua bagus dan yg enggak bagus enggak mau belajar kebenaran dan kebaiakan.

  65. Khairul

    Terima kasih postingannya, mudah2an jadi bahan untuk lebih mengenal dan dekat dengan JT.

  66. ummi hanif

    Kelemahan terbesar dari sebagain besar manusia (karkun/masturoh) adalah malas belajar dengan baik (taqlid buta). Andai mau baca buku rujukan jt …fadloil amal,kisah sahabat dll, dg ikhlas (berdo’a untuk dimudahkan Allah melihat kebenaran ) dijamin banyaaaak syubhat (alhamdulillah cara ini yang kami tempuh/juga khuruj yg katanya dg cara ini Allah fahamkan agama ?????? ber ulang kali kami khuruj kok makin ngak jelas !! )
    Dengan berharap dapat mengetahui bagaimana beribadah yang benar sesuai Sunnah Rasulullah, kami ikut JT.
    Suami tiap th khuruj 4 bln IPB (7 kali) ,hidmat di Nizamudin , 4 bln negri jauh (Amerika). Masturoh 2 bln ke IP , dibai’at di Nizamudin (oleh maulana Inamul Hasan). Makin banyak syubhat yg saya dapatkan ,saya tanya disurat apa atau dihadist mana perintah khuruj itu ? bukannya jawaban yg kami dapatkan tapi kemarahan (pasti tidak dapat menyebutkan dalil krn memang ini adl da’wah ala maulana Ilyas).
    Niat baik dan semangat saja tidaklah cukup, tapi harus dimulai dengan mencari ilmunya sebelum kita beramal.
    Seyogianya seorang mu’min itu tidak sekedar berbicara , berpendapat tanpa dasar , apalagi urusan AGAMA .
    Take time untuk membaca , belajar merenungi , ukur capasitas diri .Kalau tidak paham , lebih baik bertanya , lebih banyak lagi mengkaji kitab-kitab para ulama salaf (para sahabat Rasulullah ,tabi’in , tabi’ut tabi’in dan yang mengikuti mereka) menelaah bagaimana pemahaman mereka , bagaimana praktek mereka , sehingga kita tidak tergelicir dalam memberikan pandangan yang menyesatkan dan berlepas diri dari apa yang mereka amalkan.
    Allah berfirman :”…. Diantara hamba-hamba Allah yang paling takut kepada-Nya hanyalah para ulama…. (Al Fathir 28) .
    Semakin berilmu…mereka akan semakin takut pada Allah…..mereka akan semakin tawadhu…..mereka akan semakin berhati-hati dalam menggunakan lisannya….menjaga tangannya, menjaga hatinya…semoga Allah memasukkan kita menjadi seorang diantaranya , amin .

  67. ummi hanif

    Hendaklah kita bertaqwa kepada Allah, wahai saudaraku. Jangan mengkhianati Allah, Rasulullah, Al-Qur’an dan kaum muslimin. Jangan kita menipu orang awam. Jangan mengukur urusan apapun semata-mata hanya dengan perasaan kita, sebab dienullah sangat terang benderang, malamnya sebagaimana siangnya, tidak akan ada yang menyimpang darinya sepeninggal beliau shalallalahu ‘alaihi wa sallam melainkan orang yang pasti binasa.
    Allah telah menyempurnakan dien-Nya, termasuk dalam hal ini ialah jalan dakwah. Ini merupakan perkara tauqifi, harus atas petunjuk Al-Qur’an dan As-Sunnah berdasarkan pemahaman salafush shalih. Sedangkan apa yang tidak sesuai dengannya, maka ia adalah bid’ah dan kesesatan, sekalipun namanya dipoles dengan apa saja dan biarpun memamerkan berjuta dalih. Apakah kita tega untuk menyatakan sesat orang yg memang telah disesatkan oleh para ulama kaum muslimin ?? apakah kita tetap lebih mendahulukan “perasaan kita” dr pd “ilmu” yg menerangkan siapa mereka sebenarnya??.Apakah kita ragu untuk membela Agama Allah dari kerusakkan yg mereka lakukan??Ataukah kita malah menyalahkan orang yg menerangkan tentang kesesatan mereka??
    Yuuuu belajar masalah agama,masalah tauhid,syirik,sunnah ,bid’ah ,sirah nabawiyah yg shahih dst .
    semoga Allah memberikan hidayah kepada kita .semoga Allah mengampuni kita dan menuntun kita diatas Al-Haq
    Wallahi tidak ada niat kami selain mengingatkan kami dan juga anda sekalian jangan sampai sesat dan menyesatkan

  68. ummi hanif

    -Terkadang diri ini perlu berdiri di depan cermin dan merenungi diri, Apakah patut seorang hamba yang masih sangat lemah tidak menguasai ilmu ushool of deen, paham bahasa arab saja cuma satu dua … tapi merasa cukup pintar memberikan komentar terhadap para ulama kibar.. terhadap para tholabul ilmy…tanpa rasa sungkan dan malu.Melihat mereka yang berbicara tanpa ilmu di bandingkan mereka yang berbicara dengan ilmu seperti melihat jauhnya langit dan bumi, perbedaan yang sangat kontras
    Hawa nafsu telah membutakan sehingga menghalangi mereka (ahlul ahwa / ahlul bid’ah ) dari mengikuti jejak generasi yang telah dipuji oleh Rasulullah dan dijadikan sebagai barometer kebenaran dalam memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah. Sikap seperti itu menggiring mereka untuk terus lebih mengedepankan logika ,mereka memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah tidak dengan apa yang diajarkan dan diamalkan oleh generasi salaf ,menggunakan nash-nash Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai tameng untuk melindungi penyimpangan dan kesesatan mereka.
    Dengan cara meletakkannya tidak pada tempatnya, tidak sesuai dengan apa yang telah dipahami, disampaikan dan diamalkan oleh generasi as-salafush shalih.
    Orang yang melakukan perbuatan bid’ah, pada hakekatnya sedang menodai ajaran agama islam, merendahkan agama islam,.. dan ini bukan membawa kepada kebaikan, justru membawa kepada kehancuran islam, Maka para pembuat ajaran baru itu secara langsung atau tidak langsung telah mensejajarkan dirinya dengan pembuat syariat ini, yaitu Allah,.. sungguh nanti Allah akan mengadzab dengan adzab yang pedih terhadap orang yang melakukan perbuatan tersebut, jika pelakunya tidak taubat dari hal tersebut,
    Dan jika semakin banyak pelaku yang mengamalkan amalan tersebut, maka siksa pembuat amalan tersebut semakin bertumpuk-tumpuk,. sebagai balasan atas tindakannya,, na’udzubillahi min dzalik

    • hipesa

      Terimakasih atas nasihat dan pencerahannya,mudah2an Allah swt. memeberikan kefahaman kepada kita akan agama yang diridloi-Nya
      Bagi yang memberikan kritik yang cenderung menyalahkan karena ketidaktahuannya saya sangat maklum. Walaupun demikian saya menyarankan untuk tidak serta merta mengambil kesimpulan sebelum benar2 bertabayyun. Saya sering membaca bahwa kritikan mereka banyak yang salah alamat.
      Adapun bagi ukhti yang dengan suaminya sudah banyak menyibukkan diri dalam usaha dakwah/tabligh saya terus terang merasa agak sedikit heran dan bertolak belakang dengan cerita/kesan dari mereka yang sudah banyak berkorban dalam usaha dakwah baik dari kalangan awam maupun kalangan alim. Banyak orang alim yang saya jumpai mereka mengatakan melalui usaha dakwah ini banyak yang sebelumnya tidak faham akan maksud beberapa ayat qur’an dan hadits2 menjadi faham.
      Maka berdasarkan hal tersebut barangkali selama ukhti bersama suami aktif dalam usaha dakwah ada beberapa hal yang perlu dikoreksi antara lain :
      1. Apakah niatnya sudah lurus untuk mencari ridla Allah ?
      2. Apakah selama aktif dalam dakwah wat tabligh selalu mengikuti tertib yang sudah digariskan ?
      saya banyak bermudzakarah dengan orang alim yang aktif dalam usaha dakwah, bahwa banyak orang yang terhijab dari kebenaran amal dakwah wattabligh. Hijab tersebut akan terbuka sesuai dengan tingakt pengorbanan dan ketawajuhan dalam amal. Orang alim memiliki nur atas ilmunya, tetapi terkadang ‘nur’ tersebut menjadi hijab atas kebenaran itu sendiri karena berbagai sebab.

      Usaha nubuwah hanya akan difahami oleh orang2 yang Allah kehendaki saja, karena nabi/rasul itu sendiri adalah orang2 pilihan.
      Memang usaha dakwah wattabligh ini agak sulit difahami karena usaha ini akan membawa manusia memahami dan mengamalkan al-islam sebagaimana difahami dan diamalkan oleh Rasulullah dan para sahabatnya, sementara gerakan dakwah lain membawa Islam disesuaikan dengan zaman dan keadaan saat ini. pasti akan berseberangan
      Ada salah satu syarat suatu pergerakan dakwah itu ‘benar’ yakni adanya qabuliyat dari Allah swt, Semua kelompok boleh mengklaim bahwa kelompoknya paling benar, tapi adakah qobuliyat dari Allah didalamnya ? Adakah campur tangan (pertolongan) Allah dalam usaha dakwahnya.
      Mohon maaf menurut kacamata awam saya, saya melihat terdapat ‘campur tangan’ Allah dalam gerakan dakwah wattabligh yang kita kenal dengan sebutakn JT iitu. Wallahu a’lam. Muadh2an Allah memberikan kefahaman kepada kita akan agama-Nya. Aamiin.

  69. Yoga Pramono

    Untuk Ummi Hanif:Dalam 6 sifat para sahabat r.hum ada sifat Ilmu Maadzikir. Orang berilmu harus disertai dzikir kepada Allah, sehingga ilmunya tidak menjadikan dirinya sombong karena sombong adalah pakaian Allah. Sifat sombong Ummi Hanif ini telah menghancurkan kepahaman agama yang hakiki sehingga dalam setiap ilmu yang didapatinya justru menyesatkan si pemuja ilmu itu dari makna sesungguhnya seperti yang Allah SWT dan Rasulullah SAW kehendaki. Jadi ilmu agama yg Ummi Hanif pahami justru melenceng jauh dari apa yang dikehendaki olah Allah dan Rasulullah SAW karena sifat sombong dari Ummi Hanif sendiri. Bagaimana pula seorang yang katannya berilmu tinggi kok sombong…semakin tinggi ilmu seseorang justru semakin merunduk semakin takut kepada Allah semakin cinta kepada Rasulullah . Orang yang sombong yg saya thu justru yg ilmunya cetek dangkal…apa benar kebanyakan orang penganut madzab wahabi yg berubah nama menjadi salafi berubah nama lagi menjadi ahlussunah wal jamaah…ini hatinya keras dan sombong? Tidak heran jika di Indonesia saja penganut faham wahabi-salafi terpecah-pecah dan masing masing sempalan itu mengklaim sempalannya yg paling benar diantara semapalan wahabi lainnya…subhanallah…mohon ampun ya Allah. .Dakwah itu mengajak manusia untuk taat dan sambung kepada Allah dan Rasululullah (kepada masalah pokok) bukan diajak kepada fiqh (cabang-cabang agama) dan pemahaman golongan .. mau sampai kapan bisa bersatu umat Islam kalo masih dakwah kepada golongan?

  70. Jamaah tabligh sudah banyak berjasa untuk memakmurkan masjid di setiap tempat. Disaat manusia meninggalkan masjid, maka JT datang untuk menggelorakan kembali semangat untuk menjadi ahli masjid.

  71. Anonymous

    beramal masing masing sesuai dengan pengetahuan kita.. gak usah bikin akun akun aneh CC

  72. Triansyah

    hei SALAFI GILAK kalian raja fitnah di seluruh alam

    dari: jufri minang

  73. hamba Allah

    Mohon ijin posting di laman lain. Terima kasih

  74. klo dah habis duitnya baru nyesel….kembali ke habitat preman….sudahh banyak ko yang gitu

  75. Anonymous

    Alhamdulillah . . . Para jama’ah hrus wash0bri wash0lah krna stiap org yg brbwt baik pzti ada c0baan,dan penentang ny. Bgitu dahsyat lg c0baan nabi & sahabt ny.. Laa ilahaa illAllAH

    Dan mhon d0a ny agr Allah hantar saya 40h 4bln
    amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: