Usaha Dakwah

Usaha dakwah adalah sarana tarbiya umat untuk mencapai kesempurnaan sifat umat di seluruh alam yang dikerjakan secara bertahap-tahap sehingga umat ini layak untuk meneruskan risalah kenabian.

Tarbiyah bagi umat untuk mencapai sifat-sifat :

  1. Iman dan yakin seperti iman dan yakinnya Rasulullah saw
  2. Fikir dan risau seperti fikir dan risau Rasulullah saw
  3. Maksud hidup seperti maksud hidup Rasulullah saw
  4. Kecintaan seperti kecintaan Rasulullah saw
  5. Tertib hidup seperti tertib hidup Rasulullah saw

Tahapan-tahapan dalam Usaha Dakwah :

  1. Tahap dasar ( 10% nishab umur )
  2. Tahap menengah ( 1/3 nishab umur)
  3. Tahap tinggi ( harta, diri, waktu siap dimusyawarahkan)

Fase-fase dalam dakwah :

  1. Fase jahiliyyah (sebelum kenal usaha dakwah)
  2. Fase Hidayah (dikenalkan dalam usaha dakwah)
  3. Fase Tarbiyah (dididik dan digembleng dalam usaha dakwah)
  4. Fase Nushroh (ditolong Allah dan manusia berbondong-bondong masuk Islam)

Usaha dakwah adalah usaha atas hati-hati manusia yang hasilnya berupa hidayah.

Niat Dakwah :

  1. Ishlah Diri
  2. Dakwah sebagai maksud hidup
  3. Siap dihantar ke seluruh alam
  4. Mengharap ridho Allah

Ghiroh Dalam Dakwah :

  1. Kalah untuk menang
  2. Lembut tapi tembus
  3. Keras tapi tidak kurang ajar

13 Asas Usaha Dakwah :

  1. Individu dan jamaah bukan pertemuan besar-besaran
  2. Kerisauan hati bukan fikir yang tinggi
  3. Musyawarah bukan perintah
  4. Diri bukan harta
  5. Tawadhu bukan sombong
  6. Senyap-senyap bukan propaganda
  7. Perdamaian bukan peperangan
  8. Kesatuan hati bukan perpecahan
  9. Amar makruf bukan nahi mungkar
  10. Gerak bukan bicara
  11. Ringkas bukan detail
  12. Ushul bukan furu’
  13. Berita gembira bukan menakutkan

Usaha Dakwah dibuat dengan 4 perkara :

  1. Hikmah
  2. Bashirah
  3. Husnul Tadbir
  4. Akhlaq

13 Sifat Da’i dalam buat Usaha Dakwah :

  1. Mahabbah kepada semua makhluk
  2. Rela berkorban untuk agama baik waktu, diri, dan harta
  3. Niat ishlah diri
  4. Mencari Ridho Allah
  5. Istighfar setelah beramal
  6. Tabah dalam menghadapi segala ujian
  7. Menisbatkan diri hanya kepada Allah
  8. Tidak putus asa terhadap segala kegagalan
  9. Sabar seperti onta
  10. Tawadhu seperti bumi
  11. Tegak kokoh seperti gunung
  12.  Berpandangan luas seperti langit
  13. Bergerak memberi manfaat seperti matahari

Cara mendapatkan sifat-sifat da’i :

  1. Tingkatkan pengorbanan
  2. Sambut Takaza
  3. Zuhud
  4. Ikhlash
  5. Akhlaq

4 Pengorbanan dalam usaha dakwah :

  1. Korban Nishob
  2. Korban Nishob ditambah Takaza
  3. Korban perasaan
  4. Korban menunda kesenangan dunia untuk akhirat

4 Halangan dalam Usaha Dakwah :

  1. Ilmu
  2. Keluarga
  3. Pekerjaan
  4. Dapat Ujian

4 Ujian dalan Usaha Dakwah :

  1. Dimuliakan
  2. Dihinakan
  3. Ditambah rezeki
  4. Dikurangi rezeki

4 Penyakit dalam Usaha Dakwah :

  1. Terlalu bersemangat
  2. Putus asa
  3. Niat tidak betul
  4. Melihat hasil

3 Perkaran yang menbuat maju Usaha Dakwah :

  1. Kesatuan hati
  2. Kesatuan fikir
  3. Kesatuan kerja

3 Perkara uang membuat mundur Usaha Dakwah, apbila mengandalkan :

  1. Bayan (Ceramah-ceramah)
  2. Tulisan
  3. Cara Sendiri dengan mengikuti hawa nafsu

2 Perkara ujung tombak Usaha Dakwah :

  1. Jemaah Jalan Kaki
  2. Jemaah Masturoh

5 Perkara supaya dikekalkan dalam Usaha Dakwah :

  1. Niat Ishlah
  2. Menjadikan dakwah sebagai maksud hidup
  3. Jangan lihat / membicarakan dan mencari-cari kesalahan orang lain
  4. Jangan lihat hasil
  5. Bersabar terhadap segala ujian yang datang

5 Perkara yang merusakkan Usaha Dakwah :

  1. Buruk Sangka
  2. Berdebat / berbantah-bantahan
  3. Menyalahi sunnah
  4. Ujub
  5. Takabbur
About these ads
Categories: Muzakarah Dakwah | Tags: , | 22 Komentar

Post navigation

22 thoughts on “Usaha Dakwah

  1. assalamualaikum…ana berminat dengan dengan usaha dakwah…tapi sahabat ana cakap bukan mudah nak jadi masturat…ana just tak jumpa lagi jemaah2 sedemikian di kawasan ana…ana sedih jugak tengok keadaan yang makin teruk di sini…hrmmm
    allahu’alamu..

    Admin :
    Wa alaikum salaam
    Alhamdulillah jika anti berminat dalam usaha dakwah, usaha dakwah atas wanita harus lebih digiatkan karena jumlah wanita lebih banyak dan wanita adalah pendidik langsung putra putri. Dakwah wanita (program masturat) memang di buat dalam GARIS TAQWA, namun jika anti mulai melangkah di jalan dakwah, maka Allah akan bimbing kita untuk menaiki tingkat demi tingkat dan menjaga kita supaya tidak jatuh. Jadi masturat mudah, karena ramai wanita yang dahulu jahil, bergelimang dosa bisa menjadi daiyah-daiyah. Agama dan Usaha Agama ini diberikan Allah kepada umat ini karena Allah pasti tahu kalau umat ini bisa melakukannya dengan selalu bersandar kepada ALLAH SWT.

    Untuk jemaah agar datang ketempat anti, anti shalat malam dan berdoa kepada ALLAH agar di kirim jemaah ke tempat anti…

    Atau ada kah kawan di Malaysia yang bisa beri tahu dimana kegiatan masturat terdekat dengan tempat tinggal anti agar anti bisa ikut. Dan KERISAUAN terhadap KEADAAN UMAT adalah AWAL dari USAHA DAKWAH

    ALLAHUMAHDINA WAHDI BINA WAJ’ALNA SABABAL LI MANIHTADAA

  2. lathifah

    Assalamu’alaikum
    Afwan akh…Alhamdulillah ana dah hampir 4 tahun ini aktif ikut ta’lim masturat di lampung. Kebetulan ana seorang mahasiswi di sebuah universitas negeri di lampung. Senang sekali ana akhirnya menemukan sebuah situs ttg masturat, karena jujur saja di komunitas mahasiswi di lampung ini jarang sekali ana menemukan saudari-saudari yang ikut aktif di ta’lim masturat..Mohon do’anya dari saudara-saudara muslim sekalian (baik karkun atau masturat) yang membaca comment ana ini agar ana tetap istiqomah menjaga hijab (alhamdulillah ana dah memakai cadar) & tetap berjuang di jalanNya walaupun kadang-kadang ana merasa berat mengamalkannya … Ana juga ingin mencari kawan2 masturat di dunia maya ini, mungkin akhi punya istri/saudari (adek/kakak), bisa hubungi ana di alamat email ana…
    Afwan…
    Wassalamu’alaikum wr wb

    • ukht ummi

      dakwah maksud hidup
      hadirkan sifat istikhlas dalam diri
      terhadap da’i

  3. Alhamdulillah…
    Semoga lebih berkembang lagi websitenya.

    Jazakallah katsiran

    Dari sdr antum di Pekanbaru
    Anwar Rusydi / Nanang Lesmana

  4. ukht ummi

    untuk ukht latifah
    ini email ana el_haqym79@yahoo.com.my

  5. anton

    teori ekonomi keluar sekecil2nya hasil sebesar2nya, teori dakwah keluar harta sebanyak-banyaknya baru datang nusrohtulloh, mari berdoa agar target jamaah Istima’ BSD terlampaui, dengan daftarkan diri kita 4 bulan….InsyaAllah….amin 3x

  6. Irwansyah

    Salamualaikum. Ana di malang. Setelah keluar 40hr terakhir rasanya banyak masalah dg teman.buat hati tak enak bila jumpa. Mohon nasehatnya.

    • Admin:
      Wa ‘alaikum salaam. Semakin tinggi suatu tiang semakin keras anginnya. Semua keadaan yang ada adalah ujian dari Allah SWT. Yang paling penting -gigit erat dengan geraham- adalah kita bisa istiqomah dalam amal dakwah. Sebisa mungkin kita doakan kebaikan kepada teman-teman atau datangi langsung dan minta maaf kalau ada kata2 dan perbuatan kita yang salah.

  7. Al-Hafiz

    Assalamualaikum wbt,
    ana pnh kuar 40hri,stlh ikt…alhamdulillah bnyak da prubahn dalm hdup ana,tp yng ana rsau..
    bgamna nak bw adik ikt skli..sdngkan ana da blik2 ajk tp downg anggp xda faedah…???

  8. Al-Hafiz

    mcm na nk hdupkan ta’lim dlm rumah..

  9. ukhti Habibah

    Assalamu’alaikum.wr.wb
    Alhamdulillah ana baru 2 bulan ini baru ikut usaha dakwah ta’lim Masturoh… doakan ya saudaraku agar ana bisa Istiqamah…syukron
    Wasalamu’alaikum.wr.wb

  10. Abu Sukur Manusia Lemah

    Mantap Gan….^_^

  11. akhi, 40hari jalan kaki full di halaqoh ana, ya

    full nusroh,

    sekarang
    dunia nyata, akhirat cerita

    nanti
    akhirat nyata, dunia tinggal cerita

    100tahun yang lalu kita belum ada di bumi ini
    dan 100tahun yang kan datang pasti kita sudah tidak ada dibumi ini

  12. 'aina

    Semoga kita bisa istiqamah dlm usha nubuwah ini… menjdikn dakwah maksud hidup….amin

  13. farhana

    salam,
    syukran jazilan. satu perkongsian ilmu yg menarik dan insyaAllah bermanfaat. cuma maaf, sy ingin bertny.. dlm artikel ni ada nytakan korban nishob ditambah takaza. boleh terangkn apa maksud nishob dan takaza tu?

    syukran

  14. burhan

    mohon do’anya ana niat 4 bulan setelah lulus (juni atau juli 2011). Jazakallahu khairan

  15. Mari meneladani Rasulullah & para sahabatnya

    Mencontoh pemahaman sahabat dalam memahami al-Qur’an dan as-Sunnah

    http://muslimsumbar.wordpress.com/

  16. M. Sholeh as-sulawesi

    Afwan, sy beri sran bagi yg udh d’knalkan dgn ush dakwah supaya istiqomah aja krna tdk ada lg ush yg lebih baik d’muka bumi ni kecuali hanya ush dakwah, pakai kaca mata kuda, jgn tengok2 lg yg lain bahwasannya ush yg akn mndatangkan keridhoan Allah hnya dgn dakwah, kata pak kiyai sy ush dakwah ne sprti suatu gerbong kereta api yg tdk ada lg t4 utk kt naik jd walaupun d’tonjok,d’kentuti atwpun d’bunuh sekalian ushkan kt ttp ada d’gerbong tersbt. Klo mw knlan hubungi sy dinmr ne 085643078166

  17. didin rohaedin

    semoga Allah Swt tetap memilih kita dalam usaha ini…… salam istiqomah!

  18. Mantap . Jadikan dakwah maksud hidup

  19. hamid dewa

    niat 4 bln tip tahun

  20. hamid alstiengi

    hanya usaha inilah manuia terperbaiki.” qul hadhihi sabili ad u ilallah…..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 62 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: