Masa Depan Jamaah Tabligh di Indonesia

Di situs islamlib.com. KH Mukhlas Syarkun, MA (Wakil Ketua Lembaga Takmirul Masajid Indonesia atau LTMI-NU) dan Ahmad Baso (pengurus Lajnatut Ta’lif wan Nasyr atau LTN-NU) yang diwawancarai islamib.com mengatakan: Dulu, gejala yang meresahkan orang adalah munculnya kelompok Jamaah Tabligh yang terkadang datang merebut masjid dan tinggal di situ.( http://islamlib.com/id/index….)

Dari tulisan tersebut terlihat mereka sangat ketakutan dengan gerakan jamaah tabligh sehingga mereka perlu membendung gerakan jamaah tabligh dengan tuduhan merebut masjid, menjadikan masjid sebagai basis politik bukan dakwah. Akankah jamaah tabligh akan suram masa depannya dengan tuduhan yang dilakukan oleh 2 orang tersebut? Tentu saja ucapan Mukhlas Syarkun dan Ahmad Baso ada yang mempercayai walaupun tidak banyak. Sebab gerakan jamaah tabligh adalah bukan organisasi masyarakat tetapi sebuah gerakan amalan yang menghidupkan/memakmurkan masjid dan silahturahmi. Gerakan jamaah tabligh tidak bersifat lokal tetapi untuk seluruh umat manusia . Yang kita pertanyakan adalah mengapa gerakan jamaah tabligh yang masuk ke indonesia baru beberapa tahun langsung bisa begitu besar di indonesia bahkan hampir diseluruh pelosok indonesia pasti kita temui aktivis jamaah tabligh/karkun bahkan di irian jaya dan timor timur ada. Kita perlu tahu mengapa dakwah jamaah tabligh banyak disambut oleh warga NU tradisional di indonesia. Hal yang paling mendasar dari gerakan jamaah tabligh adalah mereka selalu mengajak.

1. Memakmurkan masjid.

Gerakan ini tidak berambisi dalam masalah politik tetapi mengajak manusia untuk taat pada Alloh SWT dan menghidupkan sunnah Rasulullah SAW dengan menjadikan masjid sebagai basis dakwah. Tak heran di Indonesia yang banyak masjid tetapi sepi dari umat dengan kedatangan jamaah ini menjadi makmur dan banyak amalan sunnah yang hidup.

2. Menghidupkan amalan silahturahmi

Bukan hanya orang indonesia yang berdakwah melalui gerakan jamaah tabligh tetapi orang luarpun juga masuk ke indonesia karena persaudaraan islam tidak dibatasi kedaerahan. Jamaah tabligh selalu mengajak untuk membangun persaudaraan dan silahturahmi tanpa memandang ras dan kedaerahan/negara. Disaat ini orang bersilaturahmi didasarkan kepentingan tertentu saja. Dengan adanya gerakan jamaah tabligh yang mengajak untuk silaturahmi antar sesama muslim seluruh dunia. Gerakan ini disambut baik oleh masyarakat indonesia. Bahkan banyak kalangan tradisional yang ikut dalam gerakan jamaah tabligh. Dua hal diatas adalah landasan pokok gerakan jamaah tabligh. Dan di dalam mereka mengajak umat untuk taat pada Alloh dan Rasul Nya mereka lakukan dengan akhlak mulia dan santun. Mereka berdakwah tidak meminta bayaran tetapi malah berkorban sehingga punya militansi yang tinggi Sehingga Mukhlas Syarkun dan Ahmad Baso tidak akan mungkin menghentikan gerakan jamaah tabligh bahkan suatu saat kebencian dua orang ini terkuat sendiri. Ucapan2 mereka akan menjadi senjata makan tuan. Karena masyarakat lebih tahu realitas tentang gerakan jamaah tabligh. Kita bisa memprediksikan dengan dakwah silahturahmi yang santun ini gerakan jamaah tabligh akan cepat berkembang di indonesia terutama dikalangan NU tradisional. Gerakan jamaah tabligh ibaratnya sebuah aliran air yang tenang yang terus mengalir mengirimkan rombongan-rombongan dakwah ke seluruh pelosok nusantara sehigga gerakan ini semakin diterima oleh masyarakat.

About these ads
Categories: Jemaah Tabligh

Post navigation

102 thoughts on “Masa Depan Jamaah Tabligh di Indonesia

  1. LAA ILA HAA ILALLAH,ALLAH,ALLAH,ALLAH…ALLAH HU AKBAR..WAHAI SAUDARAKU …UMMAT MOSLIM DI SELURUH ALAM…UMMAT ISLAM JANGAN PERNAH TERBESIT DIHATI SALING MELEMAHKAN SESAMA MOSLEM .DAN JANGANLAH UMMAT ISLAM INI DIHATINYA MEMBELA SUKU ATAU BUDAYA ‘BANGSA DAN SEBAGAINYA .YANG TERPENTING ADALAH .BAGAIMANA UMMAT ISLAM DI SELURUH PENJURU DUNIA MENGALAMATKAN JIWA JIWANYA DI UKUNG TOMBAK DAN MATILAH YANG SEBENAR BENARNYA MATI ,,,LAA ILAA HAA ILLALLAH..DAN MANA KALA UMMAT ISLAM MEMPUNYAI CITA CITA SELAIN MATI DIJALAN ALLAH, MAKA ITU SANGATLAH KELIRUH.DAN COBA TANYAKAN KEPADA SELURUH UMMAT ISLAM DIDUNIA APA CITA CITA UMMAT ISLAM..DEMI ZAT YANG MENGGENGGAM JIWAKU ..CITA CITA UMMAT ISLAM YANG SANGAT MULIA ADALAH MATI DI JALAN ALLAH DENGAN RIDHO ALLAH DAN MENGUCAPKAN ..LAA ILA HAA ILLALLAH.

  2. KIRIM JAMAAH TERUS SAMPAI NAFAS TERAKHIR …WSLM

  3. ikhwan

    Alhamdulillah, saya niat 4 bulan IPB secepatnya, doakan .

  4. ASRUL HARAHAP

    MESJID ADALAH TEMPAT ATAU PUSAT KEGIATAN AGAMA ISLAM DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI. JADI SUDAH SEWAJARNYA JAMAAH TABLIGH MENJADIKAN MESJID SEBAGAI PUSAT KEGIATAN MEREKA KARNA MEREKA INGIN MEWUJUDKAN AGAMA DALAM KEHIDUPAN MEREKA DAN UMMAT SELURUH ALAM.

  5. Dakwah seperti air mengalir, dia akan selalu mengalir atau jebolkan bendunagn didepannya. Ayo bergerak ummat nabi…. keluar di jalan Allah dengan harta dan diri….kalu tidak kita akan tertinggal jauu..uuhh…

  6. Muhammad Joni

    Asalammualaikum W.W

    Sebentar lagi apa yang dikhawatirkan orang yahudi/israel akan terbukti Jemaah Solat Subuh akan sama banyaknya dengan Jemaah Solat Juma, at akan terbukti , dgn hadirnya saudara-saudara kita yang bergerak ke seluruh alam utk menegakkan kalimat Toyibbah Laillahhaillah Muhammaddarussullah

    Amiin.

  7. jangan lupa bulan juli 2009 datang ke ijtima .ada pertemuan umat islam ,insysa Allah ANA niat hadir n azam keluar 4bln ipb

  8. jangan lupa bulan juli 2009 datang ke ijtima .ada pertemuan umat islam ,insysa Allah ANA niat hadir n azam keluar 4bln ipb.

  9. sulthon

    amiin, Yaa Allah istiqomahkanlah

  10. nursobah

    assalamu’alaikum wr.wb..
    apbl dakwah di hidupkn akn dtng penentang2…tp pd dsrnya mereka blm paham…tp apbl qta istiqomah maka allah akn buktikan siapa yg skt..dan siapa yg jd dokternya…orang yg menentang usaha dakwah sptr orang yg membenturkan kepala ke karang yg besar..suatu saat akan hancur…mdh2an qta di istiqomahkan dlm usaha dakwah ini amin.!

  11. achield

    assalamu ‘alaikum wr. wb.
    perkenalkan saya harjunha chisty dr sorowako
    pesan bt ummat seluruh alam jadikanlah da’wah sebagai maksud hidup. n jangan lupa ijtima’i 2009 di jakarte btw ada g yg kepengen khuruj ketempatku di sorowako plizzz……^^

  12. iman akan kembali ke madinah sebagaimana ular kembali ke liang nya.
    dulu berkembangnya usaha Rosulullah yaitu da’wah di madinah.dan sekarang berkembangnya usaha da’wah di india ,pakistan, bangladesh,suatu saat tidak lama lagi akan kembali ke madinah.sekarang ini orang arab sudah banyak ambil bagian,bahkan ulama ulamanya pun sudah banyak yang ambil bagian.bagai mana dengan diri kita?untuk mendapat berkahnya da’wah,maka kita segera niat untuk ke india pakistan bangladesh .insya allah ana niat keluar 4 bln ipb ijtima bulan juli2009

  13. fadila rizki

    saya baru bergabung dengan jema’h tp saya masih bingung ……tlg bimbinganya………

  14. insya allah ana siap hadir ijtima indonesia bulan juli 2009 doakan insya allah ana niat 4 bulan…….

  15. istiqomah dalam da’wah pasti allah beri kepahaman masalah agama.banyak keluar banyak paham ,banyak korban nanti banyak paham ,kurang korban maka kurang paham ,salah korban maka akan salah paham.keluar dengan tertib dan arahan masyeih akan menambah pengalaman iman.dan akan semakin yakin terhadap iman?insya allah?

  16. ALLAHU AKBAR SAYA NIAT 1 TAHUN. DOAKAN

  17. air akan bermanfaat apa bila mengalir.bila menggenang walaupun bersih lama kelamaan akan menimbulkan bau.bahkan akan menimbulkan penyakit.begitu juga manusia bila diam saja tidak gerak maka akan menimbulkan penyakit,.maka bergeraklah sampaikan agama ke saudara2kita.yang ad di pelosok2 negara.insya allah ana doakan seluruh karkun agar bergerak ke seluruh alam amin .

  18. aries

    Insya Allah, sy jg mw hdr

  19. muhammad rofiq

    ya alloh pilihlah aq kembali

  20. muhammad rofiq

    aq kartun parkir doain aq temen2

  21. muhammad rofiq

    ALLOHUAKBAR

  22. allah tidak akan merubah suatu kaum sebelum kaum itu merubahnya sendiri ,iman perlu di usahakan ,tidak bisa datang sendiri,.maka usaha atas iman dengan mengorbankan ,harta ,diri ,waktu,yang dikehendaki allah swt,dan khuruj dengan niat islah diri ,dan belajar menghidupkan agama agar agama wujud pada diri kita keluarga kita dan umat seluruh alam.marilah kita saling mendoakan agar kita selalu di pilih allah swt, dan ana niat ke india pakistan bangladesh.bagaimana dengan tuan 2 insyaaaaAllah NIAT YAH……….

  23. ONGAN

    Aslm.wr.wb
    Saudara2ku anggota JT,teruskan perjuangan anda.jgn hiraukan cemoohan musuh2 Islam.walaupun kita berbeda organisasi dakwah tapi sy sgt mendukung gerakan jamaah tablig.yg kita butuhkan skrg adlh persatuan dari sluruh gerakan dkwah n sluruh umat Islam demi kebangkitan Islam kembali.mari kita bersatu mnghadapi usaha2 memecah belah umat.smoga rahmat ISLAM bisa tersebar luas.Amin
    Wslm

  24. Anonymous

    A

  25. yunus

    siapa yg mau korban,ALLOH berikan kepahaman
    siapa yg tambah korban,ALLOH tambah kepahaman
    siapa yg kurang korban, maka akan kurang faham
    siapa yg ngga mau korban, ALLOH tak akan berikan kefahaman

  26. mujiburrahman

    asalam alaikum wr wb
    minta doa nya biar bs 4 bln,ijtima ini.

  27. saya buka rahasia sedikit yang sangat penting untuk di ketahui umat islam:
    imam mahdi akan turun apabila iman umat ini sebagai mana iman sahabat di waktu perang badar,apa bila313 umat akhir zaman seluruh dunia ini mempunyai maqom iman yang tinggi maka imam mahdi akan turun maka kita sebagai umat akhir zaman istiqomahlah dalam kerjanya rosulullah saw yaitu da’wah agar menjadi pengikutnya.syeih maulana muhlisun katakan”jamaah 4bulan jalan kaki adalah sarana latihan untuk menjadi tentaranya imam mahdi.dan 4 bulan 13 kali adalah untuk mencapai iman yang sempurna sebagai mana imanya para sahabat,maka yang belum pernah 4 bulan jalan kaki segeralah daftarkan diri.”dan jamaah jalan kaki adalah termasuk da’wah yang sesuai dengan apa yang di kerjakan oleh para sahabat.sahabat di hantarkan ke seluruh dunia kebanyakan menggunakan jalan kaki .insyaaaaaaallah yah kita niat semua dan iangat target indonesia tahun ini adalah 13.000 lebih jamaah,kalau bukan diri kita yang berangkat maka siapa lagi.

  28. enchex

    assalamu’alaikum..
    saudara2ku..
    jangan pernah menulis kita itu JT..dan jangan mau dikatakan kita itu JT,takut kita berdiri diatas ashobiyyah..kita itu ummat muslim,ummat Nabi Muhammad SAW..
    kita dicemooh orang karena diri kita sendiri,,

    waALLAHu’alam bisshhowab..

    hamba ALLAH yang dhoif..
    Wassalam WR WB..

  29. ade abdullah

    yaa alloh, tolong pilih hamba ini kembali kejalanMU

  30. dikdik

    keluar 40 hari sebelum Ijtima dan keluar 4 bln setelah ijtima insya Allloh ,,,Mohon do’a dari antum sekalian Amiin

  31. abahAzka

    Ya Alloh…Berilah Pertolonganmu pada PejuangMu…..

  32. Asady

    Ya Allah Ya Rabb…bimbing hambaMU yg doif ini agar mendapatkan kesempatkan lagi u ambil bagian dari usaha yg Mulia ini…

  33. abdul kholiq

    usaha da’wah punya umat manusia maka jangan mengkotak2 kan dengan berbagai sebutan.

  34. MS Hanafie

    Usha qurban harta dan diri jihad di jalan Allah
    Banyak qorban, Allah tambah banyak kefahaman
    Sedikit qorban, Allah beri sedikit kefahaman.
    Tidak mau qorban, jadinya salah faham……????

  35. Edward

    subhanallah

  36. Hasyim

    Assalamu’alaikum Warohmatullahi wabarokatuh…
    Saudara2ku dimanapun antum berada…

    Tolong doakan ana yang dhoif ini sekeluarga agar dilibatkan dan diistiqomahkan dalam usaha da’wah ini…

    Semoga Allah Subhanahu wata’ala meridhoi kita semua dan mensukseskan jord bulan juli 2009… Amiin…

  37. Assalamu’alikum
    Wahai antum sekalian ana mau tanya: jemaah tabligh banyak mengamalkan sunah tapi kenapa dasar yang antum paki banyak yang dhoif dan kitab yang antum kaji kaji (Fadhilah amal ) begitu banyak hadist2 dhoif dan maudhu dan membuat nishab untuk khuruj yang tidak ada dasarnya dan tidak dibuat oleh nabi dan para sahabat dan ulama ulama terdahulu dan kenapa antum buat buat kaidah2 baru dalam agama. sprti ungkapan yang sering antum pegang bahwasanya tak mengapa ilmu dhoif asal amal shoheh.

    • yusuf

      ya Allah beri petunjuk saudaraku ini,niat kami bukan merubah orang lain namun hanya untuk memperbaiki diri.aq lebih senang membicarakan kebaikan saudara sesama muslim.yaa Allah semua kembali padamu jadikan hati kami iklas only for u

    • Anonymous

      wslm,
      kalau ada salahsatu jemaah tabligh yg blm faham & blm mengerti bagaimana cr berbicara yg baik dan di sesuaikan dgn kpd siapa berbicara, jgn dipukul rata smua jemaah tbligh bos, mungkin dia dsrnya anak jalanan yg br dpt hidayah, ajarin jgn di caci maki, nt jgn cr klemahan org lain trus, bicara 4 mata, tuker fikir, oke bos, ane roy , hidup dlm da’wah-mati dalm da’wah

  38. Mudah-mudahan Allah SWT membuka mata hati mereka agar mereka bisa melihat mana yang hak. Yang hak pasti akan tegak dan yang bathil pasti akan binasa. Jzklh

  39. eq

    bid’ah terbesar umat adalah ketika umat muslim tidak risau melihat saudaranya meninggalkan shalat…hilang rasa kasih sayang sesama muslim…
    tidak memuliakan tamunya…

    • Anonymous

      Ass.wr.wb, saya lebih risau lagi melihat anda di JT yang menda’wahkan masyarakat tanpa ilmu, dan jika masyarakat tersesat maka antum semua yang menjadi tanggung jawab masyarakat yang tersesat tersebut. Perlu diketahui bahwa Syaiton paling senang dengan ahlul bid’ah daripada dengan ahlu maksiat, ahlul bid’ah tidak pernah tahu kalau dia sedang melakukan kesalahan dalam ibadah dan tidak akan pernah bertobat, sedangkan ahlul maksiat dia tahu persis apa yang dilakukannya dan sewaktu-waktu bisa bertobat. Jadi sadarlah buat antum sekalian bahwa apa yang antum lakukan semua adalah kesesatan yang nyata.

      Mantan JT

      • Edward

        semoga suatu saat kita bisa2 sharing ilmu
        dan sama2 bisa berdakwah

      • atha illah

        LOE YANG BANYAK ISTIFAR NGAKU-NAGKU JT( JURAGAN TERONG LOE)

      • Edward

        ane udah bertahun2 ikut usaha ini dan gapernah mengklaim diri sebagai JT
        – mantan JT = salah fikir salah niat

      • abu dzikra al ghifari

        Akhi antum segera bertobat banyak-banyak istigfar membidahkan saudara musli sendiri ,ingat surga milik Alloh ukan milik antum ayo sama-sama da,wah memerangi kedjoliman Alloh Akbar

    • Anonymous

      Antum ngerti gak sih kata BID’AH

  40. endang kamojang

    yaa Allah pilihlah aku menjadi umat Mu yang taat

  41. Ridho N Dadan Jepang

    Alhamdulillah di Jepang hampir di setiap kota ada masjid berkat usaha tabligh. Jadi mari kita tingkatkan pengorbanan jangan terkesan lisan dan tulisan orang. yang penting segera 4 bulan apapun yang terjadi.

  42. karkun tegal di jepang

    Jadikan dakwah tujuan hidup ,hidup untuk dakwah .dakwah sampai mati.mati untuk dakwah,

    Inilah kerja kita. kerja dakwah yg akan menyelamatkan manusia dari adzab nya Allah swt.

    karte karte marnahe .marte marte karnahe…………..

  43. abdul.kh -- tegal in Jepang

    J t teruskan perjuangan mu ………….ALLAHUAKBAR. gambatte kudasai

    • atha illah

      jika umat ini ingin menjadi baik hanya 1 cara, DAKWAH ILLALAH TIDAK ADA CARA LAIN

    • atha illah

      lanjutkan perjuangan dakwah teruslah. dakwah sampai mati, mati dalam dakwah, INSYA ALLAH!!!!, INSYA ALLAH. AMIN….. barang siapa yang tidak mau berbuat dakwah maka akan menyesallah dia karna ALLAH SWT pun berdakwah. barang siapa yang menentang dakwah maka ALLAH SWT yang akan menjadi lawannya. karna ALLAH SWT pun berdakwah. maka lawanlah ALLAH SWT

  44. edhy

    Allahuakbar hidup dakwah

  45. hafizhah

    Assalamu’alaikum
    Wahai antum sekalian, antum banyak beribadah antum banyak berdakwah tapi dasar pijakan agama antum lemah, maka seperti membangun gedung yang megah diatas fondasi yang lemah maka akan membinasakan antum sekalian, maka bertobatlah kembali kepada cara beragama nabi SAW, sahabat, tabiin dan pengikutnya yang telah mendapat petunjuk dan keridloan Allah SWT,tidak ghuluw dalam berdakwah menjadikan 3 hari 40 hari 4 bln maka ini adalah perkara baru dalam berdakwah yang tidak ada dalil yang shoheh tentang perkara itu. meskipun antum katakan dengan jalan tersebut menjadi asbab hidayah, Tidakah sampai kepada antum perkataan sofyan ats-tsauri yang mengatakan amalan yang paling dicintai syaitan adalah bid’ah meskipun ia banyak beribadah, meskipun ia banyak berdakwah dan meskipun ia banyak mengamalkan sunnah. Tidakah sampai perkataan salafus sholihin bahwa sederhana didalam sunah lebih baik daripada sungguh2 didalam bid’ah, antum katakan ini dan itu sunah padahal bid’ah. Karena apa ? karena antum terus terus mengkaji kaji fadhoil amal yang banyak meriwayatkan tentang amalan2yang derajatnya dhoif bahkan maudhu. Ingatlah antum kebanyakan hadits dhoif yang ada dalam fadhail amal tidak bisa dipakai dalam rujukan beribadah meskipun untuk menggairahkan amal. Simaklah baik2 dan renungkan perkataan ulama kita jangan keras hati antum dan gunakan akal yang telah dianugrahkan Allah kepada kita, karena dengan taklid buta maka antum kufur dengan karunianya:

    Fatwa Para Ulama Tentang Jamaah Tabligh

    1. Asy-Syaikh Al-Allamah Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata: “Siapa saja yang berdakwah di jalan Allah bisa disebut “muballigh” artinya: (Sampaikan apa yang datang dariku (Rasulullah), walaupun hanya satu ayat), akan tetapi Jamaah Tabligh India yang ma’ruf dewasa ini mempunyai sekian banyak khurafat, bid’ah dan kesyirikan. Maka dari itu, tidak boleh khuruj bersama mereka kecuali bagi seorang yang berilmu, yang keluar (khuruj) bersama mereka dalam rangka mengingkari (kebatilan mereka) dan mengajarkan ilmu kepada mereka. Adapun khuruj, semata ikut dengan mereka maka tidak boleh”.
    2. Asy Syaikh Dr. Rabi’ bin Hadi Al-Madkhali berkata: “Semoga Allah merahmati Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Baz (atas pengecualian beliau tentang bolehnya khuruj bersama Jamaah Tabligh untuk mengingkari kebatilan mereka dan mengajarkan ilmu kepada mereka, pen), karena jika mereka mau menerima nasehat dan bimbingan dari ahlul ilmi maka tidak akan ada rasa keberatan untuk khuruj bersama mereka. Namun kenyataannya, mereka tidak mau menerima nasehat dan tidak mau rujuk dari kebatilan mereka, dikarenakan kuatnya fanatisme mereka dan kuatnya mereka dalam mengikuti hawa nafsu. Jika mereka benar-benar menerima nasehat dari ulama, niscaya mereka telah tinggalkan manhaj mereka yang batil itu dan akan menempuh jalan ahlut tauhid dan ahlus sunnah. Nah, jika demikian permasalahannya, maka tidak boleh keluar (khuruj) bersama mereka sebagaimana manhaj as-salafush shalih yang berdiri di atas Al Qur’an dan As Sunnah dalam hal tahdzir (peringatan) terhadap ahlul bid’ah dan peringatan untuk tidak bergaul serta duduk bersama mereka. Yang demikian itu (tidak bolehnya khuruj bersama mereka secara mutlak, pen), dikarenakan termasuk memperbanyak jumlah mereka dan membantu mereka dalam menyebarkan kesesatan. Ini termasuk perbuatan penipuan terhadap Islam dan kaum muslimin, serta sebagai bentuk partisipasi bersama mereka dalam hal dosa dan kekejian. Terlebih lagi mereka saling berbai’at di atas empat tarekat sufi yang padanya terdapat keyakinan hulul, wihdatul wujud, kesyirikan dan kebid’ahan”.
    3. Asy-Syaikh Al-Allamah Muhammad bin Ibrahim Alusy Syaikh rahimahullah berkata: “Bahwasanya organisasi ini (Jamaah Tabligh, pen) tidak ada kebaikan padanya. Dan sungguh ia sebagai organisasi bid’ah dan sesat. Dengan membaca buku-buku mereka, maka benar-benar kami dapati kesesatan, bid’ah, ajakan kepada peribadatan terhadap kubur-kubur dan kesyirikan, sesuatu yang tidak bisa dibiarkan. Oleh karena itu -insya Allah- kami akan membantah dan membongkar kesesatan dan kebatilannya”.
    4. Asy-Syaikh Al-Muhaddits Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah berkata: “Jamaah Tabligh tidaklah berdiri di atas manhaj Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam serta pemahaman as-salafus shalih.” Beliau juga berkata: “Dakwah Jamaah Tabligh adalah dakwah sufi modern yang semata-mata berorientasi kepada akhlak. Adapun pembenahan terhadap aqidah masyarakat, maka sedikit pun tidak mereka lakukan, karena -menurut mereka- bisa menyebabkan perpecahan”. Beliau juga berkata: “Maka Jamaah Tabligh tidaklah mempunyai prinsip keilmuan, yang mana mereka adalah orang-orang yang selalu berubah-ubah dengan perubahan yang luar biasa, sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada”.
    5. Asy-Syaikh Al-Allamah Abdurrazzaq ‘Afifi berkata: “Kenyataannya mereka adalah ahlul bid’ah yang menyimpang dan orang-orang tarekat Qadiriyyah dan yang lainnya. Khuruj mereka bukanlah di jalan Allah, akan tetapi di jalan Muhammad Ilyas. Mereka tidaklah berdakwah kepada Al Qur’an dan As Sunnah, akan tetapi kepada Muhammad Ilyas, syaikh mereka di Bangladesh (maksudnya India, pen)”.
    Demikianlah selayang pandang tentang hakikat Jamaah Tabligh, semoga sebagai nasehat dan peringatan bagi pencari kebenaran. Wallahul Muwaffiq wal Hadi Ila Aqwamith Thariq. Ini yang saya ingin tausyiah diantara kita sesama muslim. saya Insya Allah bukan menyalah nyalahkan tapi ingin memperlihatkan kesalahan antum. Wallahu ta’ala a’lam

    • Abdullah

      Kalau niat Antum memberikan nasehat, sudahkah itu antum lakukan ketika ketemu person to person dengan orang ahli da’wah (JT) ?

      Atau beraninya cuma lewat blog doank?

    • galih

      ga usah lah membidah2 kan orang lain..antum solat aja dl yang bnr,sukur2 jamaah di masjid,punya ilmu kok cm buat masukin neraka orang lain

    • wahyu

      antum kebanyakan ilmu,jd semua dianggap bid”ah,bukan JT aj,yg lain2 jg.jadix salah fikir..

  46. hafizhah

    Saling mengingatkan adalah perintah Allah dan nabi SAW, baik secara langsung maupun tak langsung. Dan nabipun mengingatkan akan bahaya bid’ah, kullu bid’atin dholalah wakulu dholalatin finnaar, jadi tak ada bid’ah hasanah dalam perkara agama (kullu bid’atin dholalah). Jadi atas perkara ini Allah SWT telah memberi akal untuk berfikir maka gunakanlah sehingga kita tidak taklid dengan ulama apalagi ulama yang tidak sejalan dengan pemahaman para salafush sholihin.taklidlah dengan ilmu agama. Alhamdulillah antum da’i maka alangkah baiknya mengkaji lagi dan lagi ilmu perkara agama untuk diamalkan dan disampaikan. Insya Allah? Insya Allah Saya niat dakwah seumur hidup saya tidak 3hari, 40 h,atau 4 bulan karena ini tak ada dalam agama. Bagaimana dengan tuan tuan? Wallahu Ta’ala a’lam.

  47. zaid_karqun

    mohon doa nya saudara ku .moga target ijtima th nie tercapai & tasykeel seluruh klrga Qta. amien! mga Allah SWT kekalkan dlm da’wah

  48. ciri-ciri thaifah Manshurah1.menjadikan Qur’an&Hadizh sebagai pedoman hidup.2.Mengutamakan naql atau teks daripada akal atau konteks. 3 .Setia kepada Rasulullahsaw dan menghindari bid’ah. 4 .Berusaha menghidupkan sunnah dalam aqidah, akhlaq,Ibadah,terutama mengenai akadah. 5.Bersemangat dalam pemurnian akidah. 6Menghindari perdebatan yang tidak kunjung selesai tentang qodho’ danqadar

  49. Asady

    asslkm..mhn bantuan do’a antum2 semua .. iman ana lemah..kurang mujahadah..ana tetap ingin istiqomah di usaha dakwah ini sampai ajal menjemput ana..beri kekuatan ana agar istiqomah u/ bs hadir di Ijtima’ BSD ( 18,19,20 July 2009 )…jazakallah atas sgl do’a antum2 semua..

  50. ass.hadir kan istimag bulan juli 2009.bawa umat islam sebanyak banyaknya.niatkan keluar dalam istimaq.semua karkun harus datang,termasuk saya, insya allah. doakan saya keluar 4 bulan.

  51. jangan kyk pulut yang ngaku salafy

    Assalamu’alaykum…

    Insya Allah niat istiqomah dalam usaha atas iman , semakin banyak mesjid hidup amal, semakin banyak orang yang keluar di jalan Allah , walopun ada saudara yang ngaku salafy membid’ahkan… Anjing menggonggong kafilah berlalu……untung sahabat yang kyk salafy ini , kerjanya mengkritik , tapi gak ada silaturahmi, dengan penuh kerisauan ..cuman nyalahin

    Untung sahabat tidak seperti mereka , tapi terus berjaulah ke seluruh alam…ngaca ente yang sekarang ngaku slafy……gak ada sahabat kyk ente, buat kajian doang, hujat sana hujat sini, tebarkan selebaran……liat usaha dahwah ini tebarkan rombongan dimana2x…di seluruh dunia, berjalan kaki , maupun naik kendaraan……..korban harta dan diri…..enggak kyk yang ngaku salafy sekarang….hidung anda banyak kotoran,.jadi liat orang bau semua….padahal banyak kotoran di hidung anda…semoga Allah memberi hidayah….

  52. jangan kyk pulut yang ngaku salafy

    Assalamu’alaykum…

    Insya Allah niat istiqomah dalam usaha atas iman , semakin banyak mesjid hidup amal, semakin banyak orang yang keluar di jalan Allah , walopun ada saudara yang ngaku salafy membid’ahkan… Anjing menggonggong kafilah berlalu……untung sahabat gak kyk salafy ini , kerjanya mengkritik , tapi gak ada silaturahmi, dengan penuh kerisauan ..cuman nyalahin

    Untung sahabat tidak seperti mereka , tapi terus berjaulah ke seluruh alam…ngaca ente yang sekarang ngaku slafy……gak ada sahabat kyk ente, buat kajian doang, hujat sana hujat sini, tebarkan selebaran……liat usaha dahwah ini tebarkan rombongan dimana2x…di seluruh dunia, berjalan kaki , maupun naik kendaraan……..korban harta dan diri…..enggak kyk yang ngaku salafy sekarang….hidung anda banyak kotoran,.jadi liat orang bau semua….padahal banyak kotoran di hidung anda…semoga Allah memberi hidayah….

  53. hafizhah

    Assalamu’alaikum
    Sederhana dalam sunnah lebih baik daripada bersungguh sungguh di dalam bid’ah. Racun dalam amal adalah kebid’ahan. Nabi SAW melaknat orang yang membantu ahli bid’ah.Perkara ini yang harus sama2 berwasiat. Sama sama kita belajar mana yang sunnah mana yang bid’ah. Wallahu ‘alam

    • tamu

      Saudari Salafy ..coba anda renungkan lagi, dari pada anda berdebat mengenai satu hal yg anda sendiri tidak tahu akar masalahnya.

      Pertama mengenai jamaah tabligh. Karena anda lebih suka mendengar berita tentang jamaah tabligh tanpa pernah mau duduk dengan mereka untuk mengenal lebih jauh.
      saran : Ikutlah 3 hari dengan mereka keluar dan anda akan nilai sendiri, apa dan bagaimana aktivitas mereka. Kemudian baru anda boleh bercerita dan berfdialog dengan mereka dan tanya apa saja yg anda ingin tahu setelah itu, jika ada keganjilan dalam usaha dakwah mereka.

      Kedua mengenai bid’ah. Apakah ada dicontohkan Rasulullah saw mengenai ucapan ini, dan apakah pernah Rasulullah saw menunjuk nunjuk sahabat mengkritisi dengan cara yg anda lakukan.
      saran : Belajarlah cara berdakwah Rasulullah saw dengan hikmah dan budi pekerti yg baik

      Ketiga mengenai Salaf sendiri. Apakah anda sudah membaca atau mempelajari sejarah kehidupan para penggerak atau pencetus salafy.
      Saran : Cari tahu sejelas jelasnya, siap mereka dan apa ikutan atau dasar ilmu yg mereka peroleh dan dari mana sumbernya.

      Keempat mengenai hasil dakwah anda salafy. sudah berapa banyak jamaah yg memenuhi mesjid dimana anda tinggal atau di daerah tetangga anda.
      saran : Kunjungi mereka yg belum lagi sholat di mesjid, dan ajak utk memenuhi masjid lima waktunya. Setelah mereka sholat mulai sholat, ajarkan cara sholat Rasulullah saw dengan hikmah utk kesempurnaan sholatnya.

      Kelima : Mohon kepada Allah swt utk memberi kefahaman agama ini jauh dari fitnah dunia dan mendoakan saudara saudara kita yg lain agar Allah swt membwri hidayah dan juga kepada org org di luar Islam.
      saran : Perbanyak zikir dan sholat tahajud..

      InsyaAllah usaha kita menegakkan sunnah Rasulullah saw akan terwujud.

    • wahyu

      saudara salafy,kentut JT aj anda tidak paham,apa lg dng JT nya,..

  54. jangan kyk pulut yang ngaku salafy

    Wa’alaykumsalam…

    Lebih berbahaya lagi yang menuduh orang berbuat bid’ah membabi buta , Syetan biasa begitu , dengan dalih bid’ah hanya bisa mencemooh tanpa usaha sungguh seperti rasulullah berda’wah…gak ada silaturahmi dengan penuh kelembutan , doa tengah malam dengan penuh tangisan

    jadi kalian yang mengaku kaum salaf ….telah tertipu syetan …..untung sahabat tidak seperti kalian , kalau lah seperti kalianlah generasi terdahulu, islam tak akan tersebar…memalukan , mengaku mengikuti salaf , tapi tindakan sangat jauh dari para sahabat….mengacalah….dan banyak menangis tengah malam

  55. Anak sibolga ganteng

    4 bulan …..

  56. hamba allah

    apakah yg semua kita lalukan di terima oleh allah

  57. hafizhah

    Assalamu’alaikum
    Ibarat kita berada ditempat yang sangat gelap, maka tentu kita membutuhkan cahaya, maka begitulah keadaan saya, setelah mendapatkan cahaya, namun takala melihat cahaya yang jauh lebih terang dan menjadikan segala sesuatunya sangat jelas maka saya berpaling dari cahaya yang telah didapat. Artinya demi Allah saya telah bertahun tahun aktif dalam jemaah tabligh, sering khuruj bahkan saya pernah 4bulan. namun setelah belajar manhaj salaf maka Alhamdulillah memperoleh perkara2 yang jelas dalam beragama. Maka kepada Akhi Tamu atau antum sekalian dengan ini saya balik bertanya sudahkah antum belajar manhaj salaf? Insya Allah tak ada kerugian denganya, sehingga tidak terprovokasi dari sumber2 yang tidak bertanggung jawab. Bahkan saya khawatir antum akan mendapatkan kerugian bilamana tidak mempelajarinya.

    • Asri

      aslamu’alaikum
      sbnrny saya g mau ikut campur dlm perdebatan ini, saya jg seorang yang aktif keluar 3 hari n saya jg pernah 4 bln. saya pgn nanya sm hafidzah apa arti bid’ah dan arti sunnah? anda mengatakan hal itu hrs tahu maknanya. sepengetahuan saya yg bodoh ini, setahu saya org2 salaf itu mengartikan yg namanya bid’ah itu segala perbuatan yg tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah. skrg timbul pertanyaan adzan panggilan utk sholat apakah Rasulullah itu pernah melakukan perbuatan itu? so kalo emg gitu berarti adzan itu bid’ah. pertanyaan yg kedua, di zaman umar sholat tarawaih itu bkn sebelas tp 23 raka’at sedangkan Rasulullah sholat tarawih bersama sahabat hanya 3 hari awal romadhon? apakah umar jg ahli bid’ah? berarti bilal dan umar itu jg masuk neraka berarti. Saudaraku Hafidzh, anda jgn merasa benarkarena yg benar itu hanyalah Allah dan RAsulullah. Kalo kita merasa benar apa bedanya kita dengan Iblis? merasa lbh benar dan mengkafirkan yang lainnya. mudah2an anda berpikir. wallahua’lam bissowab.. wass

    • wahyu

      antum dulu keluar salah niat,hasilx jd kaya gini..

  58. Imam Darussalam

    Wahai manusia sekalian, yang mengakui dan meyakini Kalimat Laailaha Ilalloh Muhammadarosululloh..berjuanglah kalian dijalan ALLAH A’zzawajalla..tingkatkan usaha pengorbanan kalian untuk ALLAH SWT. Jangan kalian dengarkan bisikan syaiton laknatulloh. Risaukan umat untuk kembali kepada ALLAH SWT, sesungguhnya kami adalah milik ALLAH dan akan kembali kepada ALLAH..lihatlah disekeliling kita, tidak ubahnya seperti jaman Jahiliyah..Semoga ALLAH SWT selalu melindungi orang2 yg mengikuti ajaran Rosululloh. Karena diakhir jaman ini siapapun yang memegang sunnah Rosul bagaikan memegang bara api ditangannya. Kuatlah, Yakinlah wahai saudaraku bahwa ALLAH SWT akan selalu memperkokoh keimanan dan ketakwaan kita. ALLAHUAKBAR..ALLAHUAKBAR..LAAILAHAILALLOH..

  59. salafy pulut

    Akhi hafizah….

    Apakah antum banyak membaca tentang kehidupan para sahabat ? apakah antum tau bagaimana hari demi hari rasulullah SAW mendakwahkan agama ? apakah antum telah menthola’ah bagaimana cara , sifat para sahabat menyebarkan agama ini ?

    terus ngacalah dengan cara manhaj yang antum bilang dapat cahaya tadi? jauh panggang dari api , ustadz antum berjaulah dari rumah ke rumah , mendatangin orang di pasar , berbicara agama , ke tetangga, silaturahmi sambil mendoakan mereka tengah malam

    Bukan begitukan rasulullah ? bicara dengan penuh kelembutan , dihujat tapi dibalas dengan kebaikan?

    Klo cara dakwah ustdaz antum ? coba ngaca , cuman buat kajian , berani mengajak pada orang yang suka pada agama , kalau begini sahabat , seperti kalian , islam tak akan tersebar….

    jadi saya berdoa , untuk diri saya dan kita semua , dan antum juga

    semoga tidak terjerumus pada cara antum dalam mengamalkan agama

    karena syetan akan senang…

  60. ass.klau salafi meresa benar,,tunjukanlah kebenenaran itu,,,,apabilah kita bid”ah tunjukan lah lah,kesesatan kami,,klau salafi ber ilmu tolong ajarin kami,,,,,,pantas di sulsel tdk berkembang SALAFI….dan UST selalu di kejar masyarakat karena selalu nyalain orang lain,,,,,daerah kami aliran SALAFI Biar satu orang tidak ada ….berkah jamaah masuk…masjid,musollah,hidup 5 waktu,,preman jadi DAI alhamdulillah…..insya ALLAH KELUAR KE Masamba 4 bulan jalan kaki/wsl

  61. edward

    biarkan salafi palsu ngoceh… dakwah jalan terus
    buktinya para salafi2 palsu tsb dakwahnya mandek di komplek rumah gue

  62. abu hilmy

    assalamua’alaikum. saudaraku JT, sampaikanlah dakwah di masjid2 dan pasar2, tdk hanya mengajak sholat berjamaah saja, tp sampaikanlah jg al-ilmu berdasar Al-quran & hadits shohih, tanpa anda harus khawatir ajakan anda nggak laku krn tegas dlm hal sunnah dan bid’ah, anda bs belajar al-ilmu pd sdr salafy. saudaraku salafy, sampaikanlah dakwahkanlah al-ilmu yg telah antum dptkan, sampaikan dgn akhlak yg mulia sbgmn Rasulullah SAW, ikuti dakwah saudara2 JT, sambil memperbaiki inti dakwah mrk untuk tdk hny sekedar ajakan sholat berjamaah, tp jg secara tegas menympaikn pd sdr2 JT & masyarakat perkara2 yg sunnah dan hal2 yg bidah. SAUDARA2KU MARI KT KUATKAN BANGUNAN ISLAM DGN SALING TOLONG MENOLONG DLM KETAQWAAN BERDASAR ALQURAN & SUNNAH RASULULLAH SAW

    • asri

      wa’alikumslam, anna tanya dengan antum apa itu bid’ah. apakah dakwah dengan majalah itu ada contoh dari nabi? apakah dakwah di radio itu ada contoh dari nabi? apakah pesantren itu ada contoh dari nabi? antum hrs tanyakan pada diri antum. antum faham dl apa itu bid’ah dan sunnah, jgn cmn mengatakan bid’ah dan sunnah tanpa mengerti mksdny. antum cb buka al qur’an surat al hujurat ayat 13- 14 spy pikiran antum terbuka.

  63. ex karkun

    dikitab fadhoil amal ada dinukilkan bagaimana nabi berdakwah yang pada waktu itu ada teknologi yang namanya surat, seperti dakwah nabi keraja heraklius dengan mengirim surat, begitupun keraja najasi. wallahu a’lam.

    • Mungkin yang anda maksud kitab hayatush shohabah karangan maulana yusuf rah..Kitab hayatush shohabah berbeda dengan kitab fadhoil amal..Kitab fadhoil amal dikarang oleh maulana zakariya rah..saya kira anda kurang tepat menyebutkan sumbernya..Mungkin yang benar adalah ada di kitab hayatush shohabah..wallahu alam…syukron..

  64. ex karkun

    jadi yang penting dengan teknologi apapun bagaimana dakwah sampai kepada manusia , tidak hanya dari lorong kelorong saja, kaum kekaum saja, wallahu a’lam

    • asri

      sekarang anna tanya dengan antum brp bnyk org yg masuk islam dengan teknologi ? dengan teknologi yg sdh begitu canggih semestinya org sdh bnyk yg masuk islam tp buktiny tidak ada org2 kafir msk islam.

    • Ini ada berbagi pandangan tentang metode khuruj/silaturohim yang menggunakan metode aslinya para nabi dan rasul, baginda rasulullah saw, para shohabat rhum..Face to face, bertemu langsung…Apabila ada yang menggunakan metode buletin, majalah, internet silahkan saja sepanjang bermanfaat bagi umat ..Namun, jangan sampai meninggalkan/melupakan aslinya…

      http://usahadawah.com/2009/08/30/menurut-jamaah-tabligh-khuruj-itu-kewajiban-bukan-kalau-dakwah-oke-lah-kewajiban-setiap-mukmin-tapi-metode-khuruj-ini-kewajiban-bukan/

    • Untuk usaha agama ini Allah perintahkan mujahadah, walaupun dalam usaha da’wah ini tidak menafikan teknologi, lha masih saleh (suka nge-blog kan pake teknologi juga, tapi Allah pandang mujahadahnya, karena teknologi pun sudah ada di jaman dulu bahkan lebih canggih, misal

      1. nabi sulaiman perintahkan untuk memindahkan istana ratu balqis ke samping istana nabi sulaiman, yang mengacungkan tangan waktu itu jin ifrit yang sanggup memindahkan sebelum nabi sulaiman selesai bicara, dan orang saleh(lupa aku namanya) yang sanggup memindahkan istana sekejap mata. akhirnya nabi sulaiman pilih orang sholeh itu. Pertanyaannya adalah kenapa nabi tidak perintahkan untuk mengirim surat ke ratu balqis sebelumnya dengan cara tersebut, kan lebih seru tuh ada jin atau orang yang langsung tiba-tiba muncul di hadapan ratu balqis terus ngasih surat, hebatkan kayak di tipi2 hehehe, tapi tidak nabi sulaiman kirim burung hud-hud yang harus menenmpuh perjalanan jauh sekitar 2 x 3000 km (kalau nggak salah) dengan membawa surat da’wah

      2. nabi muhammad hijrah dari makkah ke madinah dengan unta biasa dengan abu bakar, pertanyaannya kenapa harus susah2 dikejar kaum kafir sembunyi2 segala, bukankah ada buroq yang bisa pergi secepat kilat.

      ya itu sebagian contoh bahwa untuk usaha agama itu butuh mujahadah dan pengorbanan

  65. sahabat ra membatasi waktu

    Narrated Abu Wail:

    ‘Abdullah used to give a religious talk to the people on every Thursday. Once a man said, “O Aba ‘Abdur-Rahman! (By Allah) I wish if you could preach us daily.” He replied, “The only thing which prevents me from doing so, is that I hate to bore you, and no doubt I take care of you in preaching by selecting a suitable time just as the Prophet used to do with us, for fear of making us bored.”

    hal ini hampir sama dengan pertanyaan orang wahai orang tabligh kenapa 3 hari, 40 hari, 4 bulan.
    sumber cari sendiri, bocoran dikit lihat sahih bukhari, buku 1 bab 3 hadits no. 70.

  66. Anonymous

    JANGAN DILAYAN KOMENTAR2 SEBEGITU! TEPUK SEBELAH TANGAN, TIDAK BISA BERBUNYI.

  67. tanggung jawab setiap muslim yang mempunyai kalimat laailaahaillallaah muhammadurrasulullah
    1. tanggung jawab diri sendiri.
    “jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka”
    ( At Tahrim (66) ayat 6)
    2. tanggung jawab keluarga
    “jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka”
    ( At Tahrim (66) ayat 6)
    3. tanggung jawab kaum kerabat dan sahabat dekat
    “dan peringatilah keluarga dan kaum kerabatmu”
    (asyu’ara ayat 214)
    4.tanggung jawab sesama muslim di daerah lain
    “dan agar kamu memberi peringatan kepada (penduduk)’ibu negeri’(makkkah) dan (orang-orang) yang ada diluar lingkungannya”
    (al an’aam ayat 92)
    5. tanggung jawab seluruh manusia.
    “kalian sebaik-baik umat yang dikeluarkan untuk manusia, menyuruh kebaikan dan mencegah kemungkaran dan beriman kepada Allah”
    (ali imron ayat 110)

    sekarang siapa yang memegang amanah ini dan harus menyampaikan
    “Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar.”
    (Faathir ayat 32)

    maka bagaimana mengamalkan ayat-ayat tersebut ?
    maka dibuatlah ketentuan sebagaimana hadits yaitu

    sahabat ra membatasi waktu
    Narrated Abu Wail:

    ‘Abdullah used to give a religious talk to the people on every Thursday. Once a man said, “O Aba ‘Abdur-Rahman! (By Allah) I wish if you could preach us daily.” He replied, “The only thing which prevents me from doing so, is that I hate to bore you, and no doubt I take care of you in preaching by selecting a suitable time just as the Prophet used to do with us, for fear of making us bored.”
    (bukhari buku1 bab 3 nomor 70)

    sehingga untuk diri sendiri dan keluarga salah satu usahanya yaitu kita buat ta’lim dirumah dan silahturahmi ke ulama ataupun ikut pengajian para ulama, insya Allah dengan ta’lim dirumah dan datang ke ulama akan menyelesaikan tanggung jawab diri sendiri dan keluarga,
    lalu bagaimana dengan kaum kerabat dan tetangga dekat, maka alim ulama memberikan waktu minimal 2,5 jam setiap hari untuk silahturahmi ke kaum kerabat dan tetangga dekat, dan dalam prakteknya memang kelemahan kami belum bisa sampai 2,5 jam padahal sekarang sudah diarahkan kepada 8 jam setiap hari (membagi waktu menjadi 3 bagian, untuk diri sendiri, untuk keluarga dan untuk umat, 24jam/3=8jam),
    kemudian bagaimana dengan kampung sekitar atau kota sekitar maka untuk waktunya kami sediakan minimal 3 hari setiap bulan, dan insya Allah sekarang dihimbau untuk berusaha menuju 10 hari setiap bulan, sehingga silahturahmi dengan kampung sekitar tetap terjaga.
    kemudian yang terakhir yaitu seluruh manusia ini tentunya sangat berat karena jumlah manusia lebih dari 5 milliar, maka dengan kelemahan kami alim ulama telah ajak keluar dalam waktu yang agak lama yaitu 40 hari, 4 bulan baik di dalam negeri maupun ke luar negeri, memang seumur hidup belum tentu bisa mendatangi semua tapi insya Allah dengan niat untuk mendatangi seluruh manusia kemudian mengajak orang yang lain buat usaha yang sama maka Allah akan terima niat kita, sebagaimana Rasulullah SAW diutus untuk seluruh umat sampai hari terakhir yang Allah kehendaki namun umur beliau hanya 63 tahun, tapi Allah terima usaha yang dilakukan Rasulullah SAW sehingga usaha ini masih akan berlanjut sampai hari terakhir yang Allah kehendaki. Jadi usaha da’wah rasulullah yang kami lakukan ini bukan hanya 3 hari, 40 hari atau 4 bulan saja, tapi setiap hari lihat keterangan mulai dari atas.

    memang dalam usaha da’wah rasulullah (jangan bilang lagi jamaah tabligh lagi ya, karena kami tidak pernah menamakannya, dan usaha ini untuk semua umat muslim) ada sebagian yang masih menganiaya (mendzolimi) diri sendiri seperti dijelaskan dalam ayat di atas yaitu masih ada kemaksiatan dalam diri sendiri, kurang ilmulah, mantan preman, mantan narkoba, mantan koruptor dan sebagainya. Sedangkan batasan untuk berilmu kemudian buat da’wah coba anda lihat di syarah muslim oleh imam nawawi di hadits tentang “barang siapa melihat kemungkaran dihadapannya hendaknya ia ubah dengan tangannya kalau tidak mampu dengan lidahnya, kalau tidak mampu hendaklah ia benci dalam hati dan inilah selemah-lemah iman”. (saya harap yang membaca ini mau mencari sendiri bukunya ya, sekaligus biar menambah ilmu).
    Terus satu hal yang paling berbahaya jangan sampai merasa “saya sudah berilmu” baru mulai da’wah. bisa-bisa sifat iblis yang masuk yaitu sombong, dan alim ulama sepakat hal ini bisa terjadi pada siapapun termasuk ulama ahli ilmu sendiri, sebagaimana nabi musa yang mengatakan dirinya paling berilmu kemudian Allah perintahkan untuk keluar dari kampung halamannya untuk jumpa orang sholih yang lain. Dan memang kita harus menuntut ilmu karena ini kewajiban setiap muslim.
    jazakallah kepada kritikan dan nasihat semoga Allah pandang pengorbanan yang dilakukan oleh para blogger, namun tinta pena memang tidak bisa menggantikan tapak kaki untuk buat usaha da’wah Rasulullah SAW.

  68. M. Fachmy Al-Padangy

    Asm….
    Masya Allah…
    Sudahkah kt Salafykan iman, ‘amal, mu’amalah, mu’asyaroh, ‘ibadah, akhlaq kt???
    Nabi menangis melihat keadaan kita hari ini. Kenapa kita sesama Islam harus slg menyalahi?? Cukuplah Allah yg BERHAK menilai baik/buruk ‘amal seseorang.
    Ya Allah beri kami kepahaman atas agama ini, hidup dan matikan kami dalam iman&’amal
    Bantu jamaah gerak slurrrrrrrh alam…..1jazbah, 1fikr, 1risau, 1maksud, 1gerak. Nusrohtulloh Allah ada dalam jama’ah.
    Wlllhulm

  69. M. Abu 'Izzah

    benr ya Allah…..

  70. anti yahudi wahabia

    saudaraku hati2 terhadap fitnah yg dilancarkar oleh golongan wahabi penyokong thagut

    merek gemar membidah-bidahkan kaum muslim ,
    semoga kita terhindar dari fitnahan mereka

    • abu husna

      kalau diadu antara kijang dan anjing dlm lomba lari,maka kijang akan slalu menang,tetapi mengapa orang sering menggunakan anjing untuk berburu kijang, dan biasanya slalu berhasil????? karna sebenarnya kijang sdh jauh didepan anjing,tapi ia slalu menoleh kebelakang untuk melihat anjing,maka setiap kali ia melihat anjing kecepatannya berkurang dan akhirnya ia dapat dikejar anjing tadi. Wahai saudara2ku,slalulah bergerak n tingkatkan kecepatan dlm pengorbanan dan jangan pernah menoleh kepada anjing2 yg menggonggong,karna ia tdk akan membahayakan,kecuali kalau kita sibuk menjawab gonggongan mereka.

  71. meizar amaliano

    Ya alloh hidayah utk sluruh umat nabi muhammad saw,hidayah utk org2 yg melihat kami,membicarakan kami,bahkan yg benci dgn kami…..Amiin ya rabbal’alamiin

  72. ABDULLOH

    ASS. MasyaAlloh ,MasyAlloh Wahai saudaraku seiman dan se islam jaga diri 2 kita dari asbab di hinakanya Umat islam karena perbuatan yang berakibat perpecahan di antara kita .Semoga Alloh SWT. mengampuni kita semuanya Amiinn

  73. yockie rahmaan

    gerakan seluruh jamaah ke seluruh dunia!!datangi setiap tempat yg msh ada kehidupan manusia,dan makmur kan masjid!!

  74. yosinirmolo

    wahai para muslimin tolong menahan diri. dan untuk yg jt kalau dibidha’in diam sj nggak usah dibalas. senyum. ndak usah marah atau kesal. anggap itu nasehat meski agak pedas. sekali lagi nggak USAH DIBALAS. yg penting kita niat perbaiki diri kita bukan siapa2, bukan ulama, bukn alim, bukan org sholeh.
    kalau dibilangin sesat, benarkan, ya.. kita memang sesat. kalau diblinagan ahlunnar benarkan ya kita memang ahlunnar.. selesai perkara. ikuti arusnya, jgn ditentang. hasilnya pasti baik.

  75. Budi

    Assalamualaikum
    Mas hukum dakwah wajib opo sunah ?
    kenapa sunah? kenapa wajib
    ( Sorry mas hari gene nanya hukum dakwah, abis ora ngerti )

  76. Ping-balik: DKI Jakarta 3 (Jakarta Utara, Jakarta Barat, Kep Seribu) | Litsus Caleg DPR 2014

Buat website atau blog gratis di WordPress,com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 60 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: